Tingkatkan Profit Usaha dengan Menggunakan OCMS

Uncategorized22 March 2022
tingkatkan-profit-usaha-dengan-menggunakan-ocms

Dalam berbisnis selalu ada tujuan yang ingin diraih. Entah itu tujuan mulia atau tujuan profit. Keduanya sama-sama membutuhkan sebuah strategi yang tepat, sehingga bisa meraih keuntungan yang sebesar-besarnya dengan kinerja yang kecil.

Apalagi di era digital saat ini, kini persaingan di dunia bisnis semakin ketat. Semua jadi lebih mudah sejak berkembangnya teknologi. Ya, kehadiran teknologi nyatanya membantu kita untuk berkembang dan bergerak lebih cepat, salah satunya dalam dunia bisnis.

Salah satu teknologi yang sangat membantu bisnis di era digital ini adalah platform dngan sistem  OCMS. OCMS mungkin sudah tak asing dikenal oleh para pebisnis. Banyak para pebisnis yang sudah merasakan manfaat penggunaan OCMS itu sendiri. Namun, apa sebenarnya OCMS itu? Bagaimana OCMS bisa bekerja untuk meningkatkan profit bisnis Anda?

1. Apa itu OCMS

Lekat kaitannya dengan Omnichanne, OCMS yang memiliki kepanjangan Omnichannel Management System adalah sebuah sistem yang memberikan pengelolaan terhadap pembentukan strategi omnichannel. Dengan menggunakan OCMS, Sobat Shipper bisa bekerja dengan lebih efektif dan efisien.  Jika Sobat Shipper menggunakan sistem OCMS, maka sistem dari satu toko ke toko lainnya tersambungkan sehingga memudahkan sobat dalam pengerjaan. Baik pengerjaan eksekusi pesanan, maupun membalas pesan-pesan dari pelanggan yang masuk ke toko online. 

OCM hadir sebagai solusi omnichannel. Dimana dengan melakukan pengelolaan terhadap strategi omnichannel ini, OCMS dapat hadir untuk mengintegrasikan berbagai bentuk operasional bisnis dalam satu satu platform saja. 

Setelah mengetahui artinya, kini pertanyaanya adalah, apakah Sobat Shipper harus memiliki OCMS dalam bisnis sobat? Seberapa penting ya… OCMS dibutuhkan dalam bisnis yang sedang sobat jalani? Tentu ini cukup penting dan bermanfaat bagi Sobat Shipper yang sudah mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar sehingga memiliki banyak sekali toko online di beragam marketplace. OCMS ini dapat menjadi pilihan karena pemilik bisnis bisa secara otomatis melacak dan menerima pesan yang masuk dari berbagai marketplace, lewat satu platform saja. 

Ya! Hanya dengan satu platform saja. Artinya hanya dengan menggunakan satu sistem omnichannel strategi, yakni OCMS, kinerja Sobat Shipper dapat dijalankan hanya dengan menggunakan satu platform. Ini adalah salah satu teknologi yang sangat menguntungkan Sobat Shipper.  

2. Manfaat OCMS

OCMS memiliki beragam fitur yang dapat membantu operasional bisnismu, berperan untuk mengelola pesanan yang masuk pada berbagai toko online. Dengan OCMS, kamu dapat mengelola semua data jadi lebih rapi, sehingga mudah dicari. Hal tersebut, dapat meminimalisir risiko error dalam pemesanan maupun pengecekan stok barang. Tak hanya itu, permasalahan tenggat waktu juga bisa OCMS selesaikan dengan baik.

OCMS dapat meningkatkan profit usaha Anda di berbagai sektor. Ini dia kelebihan dan keuntungan omnichannel Management System:

A. Meningkatkan Profit Bisnis

OCMS penting dalam dunia bisnis – itu fakta. Pebisnis yang sudah melebarkan usahanya di berbagai tempat mengalami manfaat dari penggunaan OCMS. Sobat shipper perlu tahu kenapa OCMS bisa meningkatkan profit bisnis sobat dengan cara yang tidak disadari.

Dengan menggunakan OCMS, Sobat Shipper bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, karena pergerakan bisnis Sobat Shipper jadi lebih cepat. Ini memberi peluang bagi para pelanggan berdatangan. Pelanggan akan puas dengan sistem kerja yang cepat dari toko Sobat Shipper, kemudian seiring berjalannya waktu pelanggan terus berdatangan karena kinerja toko yang memuaskan.

Nah dari sini, Sobat Shipper bisa membayangkan alur kerja jika menggunakan OCMS bukan? Segalanya akan lebih cepat sehingga bisa meraih banyak pembeli, yang pada akhirnya akan menguntungkan profit Sobat Shipper. 

Menerapkan manajemen inventori yang baik adalah kunci peningkatan potensi profit sebuah usaha. Jadi, dengan menggunakan OCMS yang secara garis besar bekerja untuk memanajemen data dan sistem ritel bisnis, Sobat Shipper akan diuntungkan dan dimudahkan dalam mengatur baik dari pesanan yang masuk, data stok produk terbaru, sampai cetak label pemesanan. 

B. Mempermudah Arus Kas

Jika pengelolaan data inventory Anda tidak baik, kemungkinan terbesar anda bisa rugi besar. Ya, karena aset terbesar dan termahal dalam sebuah bisnis adalah manajemen inventori. Manajemen inventori yang berantakan bisa membuat arus kas Sobat Shipper membengkak, hasilnya bukan untung, malah bunting.

Untuk itu, arus kas harus dioptimalkan dengan baik. Dengan menggunakan OCMS, arus kan bisa aman terkendali karena manajemen inventori sudah diatur oleh sistem dengan baik dan tersusun rapi. Ini akan meningkatkan sumber daya dalam bisnis Sobat Shipper.

Omnichannel dalam OCMS ini dapat memberikan data yang lebih akurat sehingga meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi. Misalnya kesalahan dalam data jumlah stok. Bahayanya jika Sobat Shipper memiliki sedikit stok tapi data masih sangat banyak, dan bagaimana jika ternyata ada pelanggan yang membeli dalam jumlah banyak. Tentu sebagai pebisnis, sobat akan merasa tidak profesional jika meminta untuk meng-cancel pesanan tersebut. Tapi di satu sisi, sobat juga tidak mungkin menambah stok dalam jangka waktu cepat. 

Dengan manajemen inventori yang baik, maka Sobat Shipper tak perlu khawatir kalau akan ada kesalahan dalam toko online Anda. Akan ada fitur pelaporan yang masuk jika produk kehabisan stok, atau ketika pesanan masuk. Sistem komunikasinya jadi lebih baik, sehingga Sobat Shipper bisa meminimalisir kesalahan dan membuat arus kan jadi lebih efektif. Tentunya ini akan meningkatkan profit Sobat Shipper. 

C. Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

Dengan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat, pelanggan pasti akan merasa sangat senang dan puas. Ya, dengan bantuan OCMS, Sobat Shipper bisa meningkatkan rasa puas pelanggan dalam berbelanja di toko online sobat. 

Biarkan OCMS bekerja mengatur manajemen inventori bisnis Sobat Shipper. Dengan salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh OCMS, yakini OMS atau Order Management System, keineramu dapat dilakukan jauh lebih cepat. Dalam alur pembelian misalnya. Ada 1000 orang pembeli di berbagai marketplace pada waktu yang sama. Bagaimana Sobat Shipper menangani pesanan yang masuk secara bersamaan itu? Dengan fitur OMS, semua bisa diatasi pada waktu yang sama juga. Walaupun pesanan yang masuk dari berbeda-beda marketplace.

Dari analogi tersebut, Sobat Shipper bisa membayangkan betapa cepatnya kinerja bisnis dengan menerapkan fitur unggulan OCMS, yakni OMS. Dan dengan kecepatan itulah, pelanggan jadi puas. Pesanan cepat di proses dan cepat sampai. Terlebih lagi banyak pesanan yang masuk akan meningkatkan rasa percaya pada produk yang sobat jual. Semakin banyak jumlah pembelian, semakin besar juga rasa percaya pelanggan. 

D. Perkembangan Bisnis Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan

Teknologi ini bisa membantu Sobat Shipper mengembangkan bisnis. Mencari solusi, omnichannel jawabannya. Selain kepuasan pelanggan, penggunaan OCMS juga bisa meningkatkan kesetiaan pelanggan.Pelanggan yang puas pasti akan membawa mereka untuk memesan Kembali pada toko Sobat Shipper. Artinya, Sobat Shipper berhasil membangun loyalitas pelanggan. 

OCMS memang menghadirkan berbagai kemudahan dan keringanan kepada para pebisnis. Tapi ingat, kamu tidak boleh abai begitu saja dalam memilih platform OCMS yang tepat. Pilihlah OCMS yang mudah untuk diaplikasikan, sehingga sobat tidak perlu susah beradaptasi dengan teknologi baru. Seperti halnya Atoor, yang hadir sebagai platform OCMS yang mudah diaplikasikan, terpercaya, dan berkualitas. Tertarik untuk menggunakan Atoor? Yuk, tinjau informasi mengenai Atoor sekarang!

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.