Apa itu E-Commerce dan Perannya di Era Digital?

Uncategorized22 March 2022
apa-itu-e-commerce-dan-perannya-di-era-digital

Menurut survei baru-baru ini, 56 persen bisnis mengharapkan e-commerce untuk menjadi sebagian besar penjualan mereka dalam tiga tahun ke depan. Ini membuka banyak kemungkinan bagi pengusaha yang ingin membawa bisnis mereka secara online dan menjual barang menggunakan e-niaga.

“Apa itu bisnis e-commerce?” adalah pertanyaan yang kompleks dengan banyak jawaban. E-commerce mencakup berbagai perusahaan dan dapat melibatkan penjualan di berbagai saluran selain hanya menjual secara online. 

Transaksi bisnis-ke-bisnis (B2B), bisnis-ke-konsumen (B2C), konsumen-ke-konsumen, dan konsumen-ke-bisnis dapat dilakukan dalam lingkup ini. E-commerce dan e-business adalah istilah yang sering digunakan secara bergantian. 

Pemilik bisnis yang cerdas menyadari nilai menempatkan barang-barang mereka di depan konsumen mereka di mana mereka berada, yaitu online. Bisnis e-commerce mengubah cara kuno menjual produk, memproses pesanan, dan menyediakan layanan pelanggan. 

Dalam dekade terakhir, meluasnya penggunaan platform e-commerce seperti Amazon dan eBay telah berkontribusi pada pertumbuhan substansial dalam ritel online.

Dalam artikel ini, Shipper akan mendefinisikan apa itu e-commerce, fungsinya, dan manfaat cara jualan di e-commerce.

Apa Itu E-Commerce?

E-commerce (atau e-niaga) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan semua aktivitas online termasuk pembelian dan penjualan barang dan jasa. Dengan kata lain, e-commerce adalah proses melakukan transaksi bisnis melalui internet.

Sobat Shipper terlibat dalam e-commerce saat berbelanja di toko online favorit untuk membeli sepasang sepatu baru. Atau saat Sobat Shipper memasarkan hasil kerajinan tangan di aplikasi marketplace. E-commerce mencakup hal-hal seperti berjualan di Instagram atau membeli tiket pesawat di situs web maskapai penerbangan.

Faktanya, belanja melalui gadget menyumbang sebagian besar lalu lintas e-commerce. Penjualan mobile commerce diperkirakan mencapai lebih dari setengah dari semua bisnis e-commerce pada tahun 2021, karena pengaruh smartphone dan kenyamanan jual-beli online.

Bagaimana E-Commerce Berfungsi?

Sobat Shipper dapat membuka toko online untuk memasarkan dan menjual produk atau layanan menggunakan gadget sendiri, yang didukung oleh internet. Saat pelanggan memesan produk dari etalase toko, aplikasi pelanggan akan berkomunikasi dengan server yang menghosting situs web toko online saat pesanan dilakukan. 

Data pesanan kemudian akan diteruskan ke komputer pusat yang dikenal sebagai manajer pesanan, yang kemudian akan diteruskan ke database yang mengelola tingkat persediaan, sistem pedagang yang mengelola informasi pembayaran, dan komputer bank sebelum kembali kepada manajer pesanan. 

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa persediaan toko dan uang tunai pelanggan cukup untuk menyelesaikan pesanan. Manajer pesanan akan memberi tahu server web toko setelah pesanan divalidasi, dan server web kemudian akan menampilkan pesan yang memberi tahu pelanggan bahwa pesanan mereka telah diproses dengan benar. 

Agar produk atau layanan dikirim secara efektif ke pelanggan, manajer pesanan akan mengirimkan data pesanan ke gudang atau departemen pemenuhan. Pada saat ini, pelanggan dapat menerima barang aktual dan/atau digital, atau akses ke layanan yang Sobat Shipper tawarkan.

Platform yang menampung transaksi e-commerce dapat mencakup marketplace online di mana Sobat Shipper bisa mendaftar dengan mudah, seperti Tokopedia dan Shopee; perangkat lunak sebagai layanan (SaaS) yang memungkinkan Sobat Shipper untuk menyewa infrastruktur toko online; atau open-source tool yang dapat digunakan perusahaan untuk mengelola pengembangan internal.

Apa Saja Manfaat E-Commerce untuk Bisnis?

Meskipun ada banyak alasan untuk membangun bisnis e-commerce, ada beberapa manfaat luar biasa yang dinanti-nantikan begitu Sobat Shipper memulai. Tips jualan online laris bagi pemula ini bukan hanya kenyamanan melakukan bisnis online. Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat Sobat Shipper harapkan setelah bisnis online-mu aktif dan fungsional:

1. Kenyamanan 

E-commerce adalah cara berbelanja yang paling nyaman dan mudah diakses. Pelanggan dapat memperoleh apa yang mereka butuhkan dari PC atau perangkat seluler mereka kapan saja dan dari mana saja. Lebih banyak kemudahan bagi pelanggan berarti lebih banyak pendapatan untuk bisnis Sobat Shipper.

2. Transaksi yang tidak memiliki batasan

Operasi toko fisik terbatas pada area geografis tertentu. Di sisi lain, aplikasi integrasi market place terbaik memungkinkan bisnis Sobat Shipper menjangkau lebih banyak pelanggan di seluruh dunia, meningkatkan potensi penjualan secara signifikan.

3. Menghasilkan uang saat tidur

Jika Sobat Shipper memiliki toko fisik, kemungkinan besar kamu memiliki jam kerja normal. Sedangkan, Internet bekerja 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Oleh karena itu, produk yang ditawarkan tersedia untuk dibeli kapan saja oleh orang-orang di seluruh dunia melalui e-commerce.

4. Skalabilitas

Sobat Shipper dapat memperluas bisnis e-commerce untuk mengakomodasi penjualan tambahan seiring pertumbuhan basis pelanggan. Alih-alih merelokasi atau membangun kembali toko fisik yang mungkin akan menghabiskan biaya, Sobat Shipper cukup menaikkan bandwidth pada platform e-commerce untuk mengakomodasi peningkatan lalu lintas dan pesanan. Sobat Shipper juga dapat menggunakan data penjualan sebelumnya untuk memperkirakan penjualan di masa mendatang dan menyesuaikan skala platform.

5. Pengalaman yang Dipersonalisasi 

Sobat Shipper dapat menggunakan kecerdasan buatan (AI) dalam e-commerce untuk memberikan pengalaman pembelian yang disesuaikan bagi setiap pelanggan. Dengan memberi pelanggan hal-hal yang paling mungkin mereka minati, Sobat Shipper dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis.

6. Akses ke teknologi inovatif

Sobat Shipper akan menemukan metode tambahan untuk merampingkan prosedur bisnis seiring dengan kemajuan teknologi, sehingga menghemat waktu dan modal. Ada batasan untuk apa yang dapat dilakukan teknologi di toko fisik. Sobat Shipper akan menemukan berbagai alat dan integrasi untuk e-commerce yang akan membantu menjual produk, meningkatkan kolaborasi tim, dan memberikan dukungan pelanggan yang lebih baik.

7. Pemasaran yang terjangkau dan efektif

Kamu akan memiliki berbagai saluran pemasaran ekonomis untuk membawa orang ke bisnis e-commerce Sobat Shipper alih-alih mengandalkan strategi pemasaran tradisional seperti iklan cetak untuk menghasilkan lalu lintas ke toko fisik. Sobat Shipper dapat menjangkau pasar yang tersegmentasi dengan biaya lebih rendah dengan menggunakan SEO, iklan media sosial organik dan berbayar, dan pemasaran email.

E-commerce adalah model bisnis yang terbukti membantu beberapa perusahaan paling terkenal di dunia meningkatkan pendapatan mereka. Sobat Shipper dapat menjangkau lebih banyak pelanggan secara online dan meningkatkan penghasilan bisnis online secara signifikan dengan memulai e-commerce.

Cari tahu bagaimana Sobat Shipper mengintegrasikan e-commerce ke seluruh pengalaman pelanggan dengan menjelajahi sumber daya e-commerce terbaru Shipper, Atoor. Tool ini memungkinkan Sobat Shipper melakukan pengiriman yang cepat dan mudah, status pesanan yang transparan, dan pengembalian tanpa kerumitan dalam skala besar. Platform e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee, bekerja sama dengan Atoor untuk menjembatani kesenjangan digital dan fisik. Dengan sistem manajemen pesanan, Atoor terintegrasi ke dalam solusi omnichannel untuk mengembangkan bisnis e-commerce Sobat Shipper. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana bekerja sama dapat membantu Sobat Shipper berkembang dan sukses, hubungi Atoor sekarang juga untuk mendapatkan informasi dengan lebih detail.

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.