Skip to content
5 Strategi Last-Mile Delivery yang Efektif dalam Logistik

Sebagai pemilik bisnis e-commerce berpengalaman, Anda menyadari bahwa pengiriman logistik jarak jauh adalah tahap penting dalam perjalanan paket Anda. Oleh karena itu, dengan semakin banyaknya pembeli online, terdapat tekanan bagi penyedia pengiriman untuk memenuhi ekspektasi yang meningkat.

Dan jujur saja, kita sering merasakannya, cemas memperbarui halaman pelacakan atau melihat truk pengiriman dari jendela. Dengan begitu banyak tugas, tak heran last-mile delivery menjadi topik utama dalam logistik e-commerce.

Apa itu Last-Mile Delivery?

Sesuai dengan namanya, pengiriman last-mile merupakan tahap terakhir dalam proses pengiriman, mengantar barang dari hub lokal ke konsumen. Sungguh, ini sering kali menjadi bagian paling mahal dan memakan waktu dalam rantai logistik.

Dan dengan tuntutan pelanggan akan pengiriman cepat dan nyaman, penjual merasa tertekan untuk meningkatkan upaya pengirimannya. Bagaimanapun, pengalaman pelanggan yang baik adalah kunci untuk mempertahankan loyalitas dan keunggulan bersaing.

Strategi untuk Mengoptimalkan Pengiriman Logistik Last-Mile

1. Perhatikan dan jaga kualitas barang selama pengiriman

Dalam proses pengiriman barang, terdapat kemungkinan terjadinya hal-hal buruk yang tak bisa dihindari, seperti kerusakan atau kehilangan barang. Sebagai contoh, barang yang rusak atau hilang adalah kendala yang sering terjadi dalam pengiriman.

Oleh karena itu, menjaga kualitas barang selama pengiriman adalah langkah pertama untuk kesuksesan last mile delivery. Sebab, hal tersebut berpengaruh langsung pada kepuasan konsumen terhadap layanan.

2. Menjaga ketepatan dan kecepatan waktu pengiriman

Produk yang dikirim dalam last mile delivery bervariasi, sehingga waktu pengiriman pun berbeda-beda, terutama untuk makanan segar atau FMCG. Kecepatan dan ketepatan waktu pengiriman penting, mengingat umur produk yang singkat dan tidak bisa ditunda.

Selain itu, permintaan tinggi terhadap kedua produk tersebut membutuhkan distribusi dan pemenuhan yang cepat dan tepat waktu. Inilah salah satu kunci keberhasilan pengiriman logistik jarak jauh.

3. Melakukan optimasi rute yang tepat

Untuk mencapai kecepatan dan ketepatan waktu, penting untuk mengoptimalkan rute pengiriman dengan tepat sesuai tujuan. Pemilihan rute yang tepat membantu pengemudi menghindari kesulitan dalam pengantaran barang, terutama ke lokasi yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Maka dari itu, langkah selanjutnya menuju kesuksesan last mile delivery adalah memperhatikan dan mengoptimalkan pemilihan rute.

4. Rutin melakukan update terkait proses pengiriman

Seperti yang telah disebutkan, kendala di jalan seperti kecelakaan, kemacetan, atau cuaca buruk dapat menghambat proses pengiriman logistik. Oleh karena itu, perencanaan alternatif diperlukan untuk mengatasi situasi di luar kendali tersebut.

Salah satu langkah adalah melakukan update mengenai proses pengiriman untuk memantau keberadaan barang secara real-time. Dengan demikian, masalah di lapangan dapat diatasi atau minimal diantisipasi dengan baik untuk kelancaran proses.

5. Melakukan cash collection tepat waktu

Tips terakhir untuk kesuksesan last mile delivery adalah melakukan penagihan tunai tepat waktu, memengaruhi pengelolaan arus kas bisnis. Keterlambatan pembayaran dapat mengganggu kelancaran operasional bisnis yang dilakukan.

Jadi, jika seluruh aspek penting pengiriman logistik jarak jauh dilakukan dengan baik, tapi penagihan tunai terlambat, akan terjadi ketidakseimbangan dalam bisnis. Oleh karena itu, semua langkah harus dilakukan secara serempak untuk kesuksesan last mile delivery.

Strategi pengiriman last-mile yang efektif membutuhkan keselarasan antara menjaga kualitas barang, ketepatan waktu, optimasi rute, dan penagihan tunai tepat waktu. Semua ini membentuk fondasi pengiriman yang lancar dan berkelanjutan.

Namun, untuk mencapai kesuksesan, diperlukan lebih dari sekadar strategi; Anda membutuhkan mitra logistik yang andal. Shipper adalah solusi yang tepat. Dengan layanan 3PL yang terintegrasi dan dashboard pintar, Shipper membantu Anda mengelola pengiriman ke berbagai tujuan dengan efisien.

Kunjungi shipper.id segera dan optimalkan proses pengiriman Anda sambil mengurangi biaya operasional. Lihat dan unduh data pengiriman Anda dengan mudah melalui dashboard Shipper, untuk mengambil keputusan yang lebih tepat dan cerdas.

Blog banner general

Shipper Indonesia

Shipper is Indonesia's leading digital logistics company. Specializing in end-to-end supply chain solutions for e-commerce businesses and enterprises, established in 2017, with the mission to democratize top-tier logistics across Indonesia. Shipper has rapidly become one of the nation's fastest-growing tech companies.

Our comprehensive services support thousands of customers in over 30 cities nationwide, with a robust infrastructure that includes the management of more than 200 warehouse spaces. Shipper is supported by a dedicated team of more than 1,000 workers and collaboratively aggregates with over 40 esteemed logistics partners.

As an industry expert in digital logistics, Shipper is committed to being a reliable partner in supply chain management, ensuring efficient, scalable, and innovative logistics solutions tailored to the needs of our diverse clientele.

Discover more from Shipper

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading

Kontak Sales