Secara garis besar, fulfillment center mengelola seluruh proses logistik, mulai dari pengambilan pesanan hingga pengiriman produk kepada pelanggan. Mereka bertanggung jawab atas pengemasan serta pemrosesan pesanan sebelum produk dikirimkan.
Meskipun fulfillment center sering dikaitkan dengan perusahaan multinasional besar seperti Amazon, perusahaan kecil juga dapat memanfaatkannya. Mengalihdayakan fulfillment dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dengan mengirimkan pesanan tepat waktu, serta meringankan perusahaan e-commerce dalam mengelola proses yang penting ini.
Cara Kerja Fulfillment Center
Jadi, mari kita lihat lebih dekat cara kerja pusat pemenuhan, langkah demi langkah, untuk memahami prosesnya secara menyeluruh.
1. Layanan fulfillment center menerima produk Anda
Setelah Anda membuat atau membeli produk untuk dijual dan didistribusikan, fulfillment center perlu menerima barang tersebut, bergantung pada strategi bisnis Anda. Ini bisa melibatkan pengiriman langsung dari lini produksi atau melibatkan pemasok dari berbagai lokasi.
Faktanya, variasi yang ada dapat memengaruhi cara kerja fulfillment center sesuai kebutuhan Anda. Meskipun demikian, apakah sistem ini menerima pengiriman internasional atau inventory B2B, mereka harus melacak setiap item dan SKU.
Setelah inventory diterima, dicatat, dan diperiksa kualitasnya, fulfillment center menyimpan produk sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati sebelumnya.
2. Pesanan diterima dari pelanggan
Setelah produk tersedia di situs web, pesanan akan mulai masuk, yang harus diproses dengan baik. Fulfillment center harus memberikan komunikasi akurat kepada pelanggan, termasuk email konfirmasi dan pembaruan pengiriman.
Sebagian besar fulfillment center yang baik menggunakan teknologi pengambilan dan pengemasan canggih, memastikan setiap pesanan akurat dan sesuai keinginan. Perangkat lunak ini juga mempercepat proses untuk memenuhi pesanan pengiriman hari berikutnya yang diandalkan.
Setelah itu, fulfillment center akan mengupdate software inventory management Anda dengan stok yang telah dikeluarkan untuk transparansi alur produk. Sehingga Anda dapat langsung melacak pergerakan barang Anda.
3. Pengiriman diatur
Salah satu alasan utama adanya fulfillment center adalah kemampuannya mengirimkan pesanan secara efisien dan hemat biaya. Fulfillment center terbaik akan bekerja sama dengan beberapa kurir terbesar, memiliki jaringan nasional dan global. Saat mereka mengirimkan pesanan dalam jumlah besar setiap hari, mereka dapat membagi biaya dan menegosiasikan kontrak tarif pengiriman yang lebih rendah.
Ini juga berarti lebih banyak opsi pengiriman yang tersedia bagi Anda, yang mungkin tidak dapat Anda tawarkan jika hanya menyewa ruang pergudangan. Dengan kerja sama fulfillment center, Anda bisa menawarkan berbagai opsi pengiriman kepada pelanggan Anda.
Saat mengirimkan pesanan, fulfillment center yang baik akan memastikan kepatuhan dengan semua pedoman yang diperlukan. Semua label dan dokumen akan disediakan di fulfillment center, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan penolakan pengiriman.
4. Perusahaan Anda mendapatkan tampilan lengkap melalui software inventory management
Inventory management adalah faktor kunci dalam operasi fulfillment center karena stok masuk dan keluar ditangani mitra fulfillment. Oleh karena itu, penting bagi Anda memiliki gambaran mendetail tentang persediaan di gudang Anda.
Fulfillment center harus memberikan informasi waktu nyata dan peringatan stok, memastikan Anda selalu memiliki produk yang dibutuhkan. Stok yang bergerak lambat tidak akan disimpan terlalu lama di rak, penting untuk memastikan perkiraan permintaan sesuai rencana.
Software ini terintegrasi dengan toko e-commerce Anda, memberikan akses mudah dan nyaman tanpa mengganggu bisnis Anda. Dengan integrasi ini, Anda dapat mengelola inventory secara efisien dan efektif.
Fulfillment center memainkan peran penting dalam efisiensi bisnis dengan mengelola pesanan, inventory, dan pengiriman. Mereka menawarkan solusi terintegrasi yang membantu bisnis memenuhi permintaan pelanggan dengan cepat dan efisien.
Dengan berbagai layanan e-fulfillment yang tersedia, Shipper memberikan solusi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis saat ini dan masa mendatang. Memanfaatkan layanan ini, bisnis Anda dapat berkembang dengan lebih percaya diri, memperluas jangkauan mereka, dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.












