Terms and Conditions | Shipper - Paket Aman, Hidup Pun Tenang
Daftar Sekarang hamburgerIcon
Syarat dan Ketentuan
Penggunaan Layanan dan Website Shipper tunduk pada Kebijakan Privasi dan Syarat dan Ketentuan yang tertulis di bawah ini.

Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak pada hak dan kewajiban Pengguna secara hukum. Dengan mendaftar dan/atau menggunakan Layanan dan Website Shipper, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan ini.

Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Shippindo Teknologi Logistik. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan Layanan dan Website Shipper.
  1. DEFINISI

    Shipper mengumpulkan data Pengguna dengan tujuan untuk memproses transaksi Pengguna, mengelola dan memperlancar proses penggunaan Website, serta tujuan lainnya selama diizinkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selama tidak diartikan lain dalam Syarat dan Ketentuan ini, yang dimaksud dengan:

    1. Shipper adalah PT Shipper Teknologi Logistik dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha di bidang logistik termasuk namun tidak terbatas pada pengelolaan gudang dan pengiriman barang baik melalui jalur darat maupun udara dan usaha web portal www.shipper.id beserta segala Website turunan milik PT Shipper Teknologi Logistik.
    2. Website adalah Website www.shipper.id beserta segala Website turunan milik Shipper, termasuk namun tidak terbatas pada Website www.shipper.id yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau mobile web.
    3. Layanan adalah jasa pelayanan yang disediakan oleh Shipper kepada Pengguna berupa pengiriman barang yang dapat dilakukan oleh Shipper dan/atau Partner Shipper yang dipilih oleh Pengguna pada saat melakukan Order Pengiriman.
    4. Order Pengiriman adalah data yang diterima oleh Shipper melalui Website berdasarkan informasi yang diberikan oleh Pengguna yang tercatat di dalam sistem, terdiri atas informasi mengenai identitas Pengguna, Barang dan informasi lainnya mengenai Pengiriman.
    5. Pengiriman adalah kegiatan penjemputan, pendistribusian dan pengantaran Barang yang dilakukan oleh kurir Shipper dan/atau Partner Shipper yang dipilih oleh Pengguna pada saat memasukkan Order Pengiriman di dalam Website.
    6. Pengguna adalah pihak yang menggunakan Layanan dan Website Shipper dan telah menyatakan patuh dan tunduk terhadap seluruh Syarat dan Ketentuan ini.
    7. Merchant Shipper adalah Pengguna yang telah mendaftarkan diri melalui Website dan telah diverifikasi secara sah oleh Shipper serta memenuhi syarat untuk menjadi Merchant Shipper.
    8. Partner Shipper adalah rekanan yang telah bekerjasama dengan Shipper untuk mengadakan Layanan yang dapat dipilih oleh Pelanggan pada saat melakukan Order Pengiriman.
    9. Barang adalah segala jenis benda baik bersifat padat, cair maupun gas milik Pelanggan atau pihak ketiga lainnya yang dititipkan dan diterima oleh Shipper untuk selanjutnya dikemas (apabila perlu), disimpan dan diberikan kepada pihak penerima secara langsung atau melalui Partner Shipper yang dipilih oleh Pengguna.
    10. Kebijakan Privasi adalah ketentuan lain di dalam Website yang berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Website dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
    11. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk menggunakan Website.
  2. UMUM

    1. Layanan hanya dapat digunakan oleh Pengguna yang telah menyetujui Syarat dan Ketentuan ini serta sudah diverifikasi sesuai kebijakan dari Shipper.
    2. Shipper dengan ini menyatakan bahwa Pengguna dan Merchant Shipper adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.
    3. Shipper tidak memungut biaya pendaftaran dalam jumlah dan bentuk apapun kepada Pengguna untuk menjadi Merchant Shipper.
    4. Shipper berhak untuk menggunakan data Pengguna dan Merchant Shipper untuk penelusuran indikasi manipulasi, pelanggaran maupun pemanfaatan fitur Shipper, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, Kebijakan Privasi, dan/atau ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Republik Indonesia.
    5. Shipper berhak tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada penghentian penggunaan Website, membatalkan Layanan, menahan dana (apabila ada), menurunkan reputasi, menutup akun, serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi, pelanggaran maupun pemanfaatan untuk keuntungan pribadi Pengguna dan Merchant Shipper, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, Kebijakan Privasi, dan/atau ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Republik Indonesia.
    6. Shipper berhak melakukan perubahan atas Syarat dan Ketentuan ini sewaktu-waktu tanpa harus melakukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna dan Merchant.
  3. ORDER PENGIRIMAN

    1. Pengguna wajib melakukan Order Pengiriman hanya melalui Website yang dapat diakses melalui dekstop site dan/atau mobile web.
    2. Pengguna wajib mengisi informasi mengenai Order Pengiriman yang paling sedikit memuat informasi mengenai identitas Pengguna dan penerima seperti nama, nomor telepon, e-mail, alamat lengkap penjemputan Barang dan pengiriman Barang, dan identitas mengenai Barang yang dikirimkan seperti jumlah, tipe, volume, dan tanggal serta waktu penjemputan Barang.
    3. Pengguna wajib menginformasikan secara tertulis kepada kurir Shipper mengenai Barang memerlukan penanganan khusus seperti Barang mudah pecah atau rusak. Pengguna melepaskan tanggung jawab kepada Shipper atas pembungkusan atau pengemasan yang aman dan layak yang dilakukan oleh Pengguna.
    4. Pengguna wajib menginformasikan secara tertulis kepada Shipper apabila terdapat perubahan alamat Pengiriman, sebelum kurir datang melakukan penjemputan Barang. Pengiriman ke alamat penerima yang baru akan dikenakan biaya Layanan baru.
    5. Pengguna dapat memilih menggunakan Layanan baik yang disediakan oleh Shipper sendiri maupun yang disediakan oleh Shipper yang bekerja sama dengan Partner Shipper.
    6. Pengguna dengan ini setuju bahwa apabila Pengguna menggunakan Layanan dengan ketentuan jumlah Barang yang dikirim mencapai lebih dari 10 (sepuluh) Barang dalam 1 (satu) kali Order Pengiriman, maka secara otomatis Pengguna bersedia menjadi Merchant Shipper.
  4. KETENTUAN LAYANAN

    1. Apabila Pengguna memilih menggunakan Layanan yang disediakan oleh Shipper yang bekerja sama dengan Partner Shipper maka Pengguna memastikan akan selalu, dalam kondisi apapun juga, patuh dan tunduk terhadap syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh masing-masing Partner Shipper, sehingga pada saat itu juga Pengguna membebaskan Shipper dari tuntutan apapun yang menyebabkan kerugian yang mungkin dapat diderita oleh Pengguna atas Layanan yang dipilih.
    2. Shipper berupaya untuk memberikan Layanan yang menjangkau ke seluruh wilayah di Indonesia, namun ada kalanya terdapat lokasi yang belum dapat dijangkau oleh Layanan, sehingga Shipper akan memberitahu apabila lokasi Pengguna tidak dapat dijangkau oleh Layanan.
    3. Layanan hanya akan dilakukan oleh Shipper pada hari yang sama jika Order Pengiriman dilakukan dalam batas waktu Layanan dengan waktu sebagai berikut:
      Hari : Senin s/d Sabtu (kecuali hari libur nasional)
      Jam : 06.00 s/d 14.59 WIB
    4. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa permintaan yang dilakukan di luar batas waktu Layanan akan dilakukan diproses di hari berikutnya.
    5. Shipper tidak dapat dibebani dengan kewajiban apapun selain yang dimaksud pada tujuan Layanan standar yang diberikan.
    6. Pengguna setuju bahwa Shipper dan Partner Shipper akan dibebaskan dari segala bentuk tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan, baik seluruh maupun sebagian, dikarenakan tidak sempurnanya pembungkus Barang yang disediakan oleh Pengguna.
    7. Pengguna setuju bahwa Shipper dan Partner Shipper akan dibebaskan dari segala bentuk tanggung jawab atas spesifikasi Barang yang dikirimkan, termasuk namun tidak terbatas pada nama, jenis, jumlah, volume, tipe, warna maupun sifat lain yang melekat pada Barang, yang tidak sesuai dengan yang dicantumkan dalam Order Pengiriman pada saat Pengguna memasukkan informasi Barang.
    8. Pengguna setuju bahwa Shipper dan Partner Shipper berhak untuk sewaktu-waktu menolak Barang yang dikirimkan menggunakan Layanan apabila ditemukan adanya indikasi mengenai Barang berbahaya yang mudah terbakar atau meledak, tergolong sebagai suatu jenis narkotika dan/atau obat-obatan terlarang, merupakan golongan dari senjata api atau tajam, merupakan hasil tindakan pencurian atau penggelapan, dan barang lain yang dilarang menurut ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai barang yang dapat didistribusikan kepada pihak lain.
  5. PENDAFTARAN MERCHANT SHIPPER

    1. Untuk dapat menjadi Merchant Shipper, Pengguna dapat mengajukan permohonan melalui formulir daring khusus pendaftaran yang telah disediakan oleh Shipper melalui Website, atau Pengguna harus menggunakan Layanan dengan jumlah Barang yang dikirimkan adalah setidaknya lebih dari 10 (sepuluh) Barang dalam 1 (satu) kali Order Pengiriman.
    2. Shipper berhak menggunakan alamat e-mail yang telah dimasukkan Pengguna pada saat menggunakan Layanan untuk mengirimkan penawaran pendaftaran Merchant Shipper.
    3. Setiap Pengguna yang memenuhi kriteria angka 1 di atas maka secara otomatis akan diberikan 1 (satu) akun dengan username dan password yang dapat digunakan untuk Login di dalam Website pada saat verifikasi telah berhasil dilakukan.
    4. Proses verifikasi akan dilakukan oleh Shipper dalam jangka waktu 2x24 (dua kali duapuluh empat) jam atau jangka waktu lain sesuai dengan kebijakan Shipper.
    5. Pengguna menjamin dan bertanggung jawab atas keabsahan informasi dan dokumen yang diberikan dalam mengajukan permohonan untuk mendaftar sebagai Merchant Shipper.
    6. Pengguna menyetujui bahwa informasi dan dokumen yang diberikan pada saat melakukan pendaftaran dapat dibagikan atau disampaikan Shipper kepada pihak ketiga untuk proses pelaksanaan verifikasi atau kegiatan lainnya sehubungan dengan pendaftaran Merchant Shipper.
    7. Shipper berhak untuk senantiasa memberikan informasi mengenai Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada promo maupun penawaran lainnya kepada Merchant Shipper melalui e-mail yang digunakan pada saat melakukan pendaftaran.
  6. AKUN, PASSWORD DAN KEAMANAN

    1. Shipper tanpa melakukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna dan Merchant Shipper, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini dan/atau hukum yang berlaku, yakni berupa tindakan suspensi akun, dan/atau penghapusan akun.
    2. Pengguna dan Merchant Shipper dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem Shipper, termasuk namun tidak terbatas pada: (i) manipulasi data; (ii) kegiatan perambanan (crawling/scraping); (iii) kegiatan otomatisasi dalam Transaksi; dan/atau (iv) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem.
    3. Shipper memiliki kewenangan  untuk melakukan tindakan yang diperlukan yang mengakibatkan Pengguna dan Merchant Shipper tidak dapat menggunakan akun apabila ditemukan/diduga adanya tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini dan/atau Kebijakan Privasi.
    4. Merchant Shipper bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Merchant Shipper.
    5. Shipper tidak akan meminta username, password maupun kode SMS verifikasi atau atau kode email atau kode One Time Password (OTP) milik akun Merchant Shipper untuk alasan apapun, oleh karena itu, Shipper menghimbau baik Pengguna maupun Merchant Shipper agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan Shipper atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.
    6. Merchant Shipper setuju untuk memastikan bahwa Merchant Shipper keluar dan akun di akhir setiap sesi dan memberitahu Shipper jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Merchant Shipper.
    7. Merchant Shipper dengan ini menyatakan bahwa Shipper tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Merchant Shipper yang diakibatkan oleh kelalaian Merchant Shipper, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi OTP, password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Merchant Shipper lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala Merchant Shipper.
    8. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa dalam hal digunakannya fasilitas keamanan OTP maka penyedia jasa telekomunikasi terkait dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya kepada Pengguna dengan nominal sebagai berikut: (i) Rp.500,- (lima ratus Rupiah) ditambah pajak 10% (sepuluh persen) untuk Indosat, Tri, XL, Smartfren, dan Esia; dan (ii) Rp.200,- (dua ratus Rupiah) ditambah pajak 10% (sepuluh persen) untuk Telkomsel.
  7. TRANSAKSI

    1. Pengguna wajib bertransaksi melalui prosedur Transaksi yang telah ditetapkan oleh Shipper.
    2. Pengguna melakukan pembayaran dengan menggunakan uang secara tunai yang diberikan kepada kurir Shipper yang melakukan penjemputan Barang di lokasi sebagaimana tertera di dalam Order Pengiriman yang ada dalam Website.
    3. Saat melakukan Transaksi, Pengguna menyetujui bahwa:
      1. Pengguna bertanggung jawab terhadap kualitas dan kuantitas serta spesifikasi Barang, termasuk namun tidak terbatas pada jenis, jumlah, volume dan sifat alamiah Barang yang dikemas oleh Pengguna; dan
      2. Shipper tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas Barang dari Pengguna kepada kurir Shipper atau Partner Shipper yang ditunjuk oleh Pengguna.
    4. Pengguna memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala Transaksi yang dilakukan antara Pengguna dan Shipper selain melalui Website dan/atau tanpa sepengetahuan Shipper (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus di luar Website atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pengguna.
    5. Shipper memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
    6. Pengguna menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain Shipper, kecuali apabila berdasarkan pemberitahuan dan izin yang diberikan secara tertulis oleh Shipper. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Pengguna kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pengguna secara pribadi.
    7. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pengiriman Barang yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Pengguna.
    8. Pengembalian dana dari Shipper kepada Pengguna, baik sebagian maupun seluruhnya, hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan tertentu berikut ini:
      1. Kelebihan pembayaran dari Pengguna atas biaya Layanan; dan
      2. Penyelesaian permasalahan melalui Customer Service berupa keputusan untuk pengembalian dana kepada Pengguna atau hasil keputusan dari Shipper.
    9. Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka pengembalian akan dilakukan melalui transfer yang akan dilakukan oleh Shipper sesuai dengan jumlah pengembalian dana.
    10. Shipper berwenang memfasilitasi dan menentukan solusi atas permasalahan-permasalahan Transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, dengan melihat bukti yang ada. Keputusan Shipper adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat Pengguna untuk mematuhinya.
  8. KETENTUAN PELAKSANAAN

    1. Pengguna wajib untuk mematuhi seluruh prosedur pelaksanaan Transaksi sebagaimana diberitahukan oleh Shipper.
    2. Pengguna dilarang untuk melakukan Penyalahgunaan Transaksi dan/atau bekerjasama dengan pihak lain untuk melakukan Penyalahgunaan Transaksi.
    3. Pengguna dilarang untuk menyediakan, menawarkan, dan/atau menjual barang-barang dan/atau jasa yang dilarang untuk diperjualbelikan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    4. Pengguna dilarang untuk mengalihkan hak dan kewajibannya kepada pihak ketiga manapun tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Shipper.
    5. Shipper berhak, sewaktu-waktu, untuk meminta dokumen-dokumen mengenai Pengguna, baik asli maupun salinan, jika diperlukan, dan Pengguna wajib untuk menyerahkan dokumen-dokumen dimaksud kepada Shipper dengan segera setelah dimintakan oleh Shipper. Dokumen sebagaimana dimaksud mencakup, termasuk namun tidak terbatas pada, kartu tanda penduduk.
  9. LARANGAN

    Pengguna dilarang untuk:
    1. Memberikan informasi dan/atau pernyataan yang salah dan/atau menyesatkan baik identitas Pengguna dan penerima, termasuk namun tidak terbatas pada nama lengkap, inisial, nomor telepon, alamat, e-mail, dan informasi detail mengenai Barang yang akan dikirimkan.
    2. Membuat perjanjian dalam bentuk apapun baik secara lisan maupun tulisan dengan Pengguna lain mengatasnamakan Shipper, terlebih tanpa memberikan konfirmasi tertulis dan atau tanpa sepengetahuan, izin dari Shipper sebelumnya.
    3. Baik secara sadar maupun tidak sadar, memberikan informasi yang salah mengenai identitas dan Barang sehingga mengakibatkan Shipper mengalami kerugian baik material maupun immaterial.
    4. Melakukan kegiatan yang membawa nama Shipper maupun Brand/Merk Shipper tanpa melakukan konfirmasi secara tertulis dan atau tanpa sepengetahuan, izin dari Shipper sebelumnya.
  10. BIAYA

    1. Shipper akan mengenakan biaya kepada Pengguna sesuai dengan jenis Layanan yang dipilih oleh Pengguna.
    2. Pengguna memahami bahwa biaya yang tertera atas Layanan yang dipilih menggunakan jasa Partner Shipper bergantung pada Partner Shipper yang dipilih oleh Pengguna.
    3. Pengguna memahami bahwa terdapat kemungkinan perubahan harga sewaktu-waktu menyesuaikan dengan biaya yang ditetapkan oleh Partner Shipper yang dipilih oleh Pengguna.
  11. KEAMANAN DATA

    1. Shipper menjamin keamanan data yang diberikan oleh Pengguna, sepanjang Shipper tidak memiliki kewajiban apapun untuk mengungkapkan, memberikan dan mentransmisikan kepada pihak ketiga lainnya, baik untuk keperluan Layanan atau kepentingan hukum yang berlaku.
    2. Shipper menjamin tidak ada penjualan, pengalihan, distribusi atau meminjamkan data pribadi kepada pihak ketiga lainnya, tanpa seizin Pengguna, kecuali dalam hal-hal yang telah dijelaskan di dalam Kebijakan Privasi.
    3. Bahwa Pengguna dengan ini sekaligus memahami dan mematuhi segala hal yang telah tertera di laman Kebijakan Privasi.
  12. KETERLAMBATAN DAN KETIDAKSESUAIAN LAYANAN

    1. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi waktu Layanan dan terjadinya ketidaksesuaian Layanan yang diberikan sehingga Pengguna dapat memaklumi selama terdapat upaya yang wajar dilakukan oleh Shipper dan/atau Partner Shipper untuk melakukan kewajibannya.
    2. Pengguna pada saat kapanpun dapat melaporkan terkait adanya keterlambatan maupun ketidaksesuaian Layanan yang terjadi ke Customer Service Line yang disediakan oleh Shipper.
  13. CUSTOMER SERVICE LINE

    Shipper menyediakan layanan Customer Service Line untuk Pengguna guna mewujudkan pelayanan yang memuaskan dan maksimal sehingga Pengguna dapat memanfaatkan fasilitas layanan Customer Service Line. Seluruh pemberitahuan, pelaporan dan penyelesaian masalah hanya akan dilakukan melalui alamat e-mail: support@shipper.id.

  14. PENOLAKAN, JAMINAN DAN BATASAN TANGGUNG JAWAB

    Shipper adalah suatu perusahaan logistik yang menggunakan portal web yang menyediakan platform dalam menyediakan Layanan kepada Pengguna untuk dapat mengirimkan barang dan sekaligus menjadi Merchant Shipper melalui mekanisme pendaftaran di dalam Website. Shipper selalu berupaya untuk menjaga Website aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, namun Shipper tidak dapat menjamin operasi secara terus-menerus atau akses ke Website dapat selalu sempurna. Informasi dari data dalam Website memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time. Pengguna setuju bahwa dengan memanfaatkan Website atas risiko Pengguna sendiri, dan Website diberikan kepada Pengguna “SEBAGAIMANA ADANYA” dan “SEBAGAIMANA TERSEDIA”. Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Shipper (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) adalah tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:

    • Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Website.
    • Harga, pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia dalam Website.
    • Keterlambatan atau gangguan dalam Website.
    • Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh Pengguna.
    • Kualitas Barang.
    • Perselisihan antara Pengguna dengan Partner Shipper.
    • Pencemaran nama baik oleh pihak lain.
    • Setiap penyalahgunaan Barang yang sudah diterima oleh Partner Shipper.
    • Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool, backing tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke Website.
    • Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Website.
    • Kerusakan pada perangkat keras Pengguna dari penggunaan Website.
    • Tindakan penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.
    • Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Pengguna.

    Dalam hal Pengguna telah memilih menggunakan jasa Layanan yang disediakan oleh Partner Shipper melalui Website maka Pengguna dianggap telah mempercayai dan meyakini sepenuhnya terhadap pilihannya tersebut sehingga Pengguna patuh dan tunduk terhadap aturan yang diterapkan oleh Partner Shipper yang dipilih untuk memenuhi kewajiban Layanan. Pengguna tidak dapat menuntut atau meminta ganti rugi dalam bentuk apapun atas kegagalan Layanan yang diberikan oleh Partner Shipper kepada Shipper sepanjang Shipper sendiri telah menyelesaikan kewajibannya dalam memberikan Layanan kepada Pengguna, termasuk apabila dalam kondisi keterlambatan dan/atau ketidaksesuaian Layanan yang telah Shipper jelaskan dan diterima oleh Pengguna.

  15. GANTI RUGI

    Pengguna akan melepaskan Shipper dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Shipper (termasuk Induk Perusahaan, Anak Perusahaan, Direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Pengguna melanggar Syarat dan Ketentuan ini, penggunaan Website yang tidak semestinya dan/atau pelanggaran Pengguna Layanan Website Shipper terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.

  16. PILIHAN HUKUM

    Syarat dan Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan hukum negara Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Pengguna setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun sehubungan dengan Website dan atau Syarat dan Ketentuan ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam wilayah hukum yang termasuk dalam yurisdiksi Shipper.

  17. PEMBAHARUAN

    Syarat dan Ketentuan ini mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Shipper menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan Website, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat dan Ketentuan ini.