Skip to content

Case Study

Strategi Digitalisasi Aset Logistik Sebagai Faktor Penentu Kesuksesan Transformasi Digital Perusahaan

Tujuan utama dari transformasi digital adalah meningkatkan efisiensi, memperkuat daya saing, dan mewujudkan inovasi. Proses ini melibatkan perubahan pada infrastruktur teknologi, model bisnis, dan budaya kerja, serta pemanfaatan data untuk mendukung pengambilan keputusan. Strategi ini dipraktekkan melalui adopsi teknologi canggih, budaya organisasi yang siap berubah, peningkatan keterampilan digital dan penggunaan analisis data yang berbasis teknologi.

Oleh karena itu, Bata berkolaborasi dengan Shipper untuk melakukan transformasi digital dalam pengelolaan operasional gudangnya, sehingga mampu mengadaptasi perubahan perilaku belanja online yang terus berkembang. Sinergi antara Bata dan Shipper telah menghasilkan pertumbuhan bisnis yang signifikan pada tahun 2022, mencapai peningkatan sebesar 60% YoY. Pelajari selengkapnya kiat-kiat sukses Bata dalam melakukan transformasi digital.

Case Study

Strategi Digitalisasi Aset Logistik Sebagai Faktor Penentu Kesuksesan Transformasi Digital Perusahaan

Summary

Tujuan utama dari transformasi digital adalah meningkatkan efisiensi, memperkuat daya saing, dan mewujudkan inovasi. Proses ini melibatkan perubahan pada infrastruktur teknologi, model bisnis, dan budaya kerja, serta pemanfaatan data untuk mendukung pengambilan keputusan. Strategi ini dipraktekkan melalui adopsi teknologi canggih, budaya organisasi yang siap berubah, peningkatan keterampilan digital dan penggunaan analisis data yang berbasis teknologi.

Sayangnya, banyak perusahaan yang terlalu berfokus pada aspek teknologi dan mengabaikan aspek penting lainnya: peningkatan kemampuan digital dari SDM. Data menunjukkan bahwa 39% kegagalan dalam pelaksanaan transformasi digital disebabkan oleh skill gap dari SDM, sementara hanya 4% yang disebabkan oleh pemilihan teknologi yang tidak tepat. Hal ini pun menjadi tantangan utama bagi perusahaan dalam mensukseskan transformasi digital.

Bata, sebuah perusahaan multinasional yang berfokus pada produksi dan penjualan sepatu, telah menyadari hal ini dan menjadikan kompetensi digital SDM-nya sebagai fokus utama dalam merespons peningkatan permintaan pasar online yang melonjak pasca-pandemi, khususnya dari segi aspek pengelolaan supply chain. Sebelumnya, Bata telah mengoperasikan gudang miliknya sendiri, namun belum sepenuhnya dilengkapi dengan teknologi canggih dan tenaga kerja yang memiliki kualifikasi memadai untuk menjalankan operasionalnya.

Oleh karena itu, Bata berkolaborasi dengan Shipper untuk mengelola operasional gudangnya, sehingga mampu mengadaptasi perubahan perilaku belanja online yang terus berkembang. Sinergi antara Bata dan Shipper telah menghasilkan pertumbuhan bisnis yang signifikan pada tahun 2022, mencapai peningkatan sebesar 60% YoY.

Kontak Sales

Kontak Sales

Student Webinar Class

Seller Webinar Class

Shipper Bootcamp Freshgraduate & Undergraduate

Seller Knowledge

×