Apa kompensasi yang akan Shipper berikan ke pelanggan jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang selama proses pengiriman?

Kompensasi kepada pelanggan Shipper jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang selama proses pengiriman

Berikut merupakan kompensasi yang diberikan oleh Shipper jika terjadi kehilangan atau kerusakan barang:

  1. Jika pelanggan menggunakan asuransi, kerusakan atau kehilangan barang akan diganti seharga nilai barang yang tertera saat membuat order. 
  2. Jika pelanggan tidak menggunakan asuransi, Shipper akan memberi ganti rugi sebesar 10 kali dari ongkir atau harga paket (harga yang terendah akan dipilih).
  3. Contoh: jika ongkir Rp10.000 dan harga paket Rp20.000, maka biaya ganti rugi adalah Rp100.000 (Rp10.000 sebagai nominal terkecil x 10).

Berikut daftar lengkap ketentuan kompensasi dari tiap kurir:  

KurirPremiBiaya AdminKetentuan (What is Threshold?)Kompensasi (Tanpa Asuransi)Kompensasi (Dengan Asuransi)
JNE0.25%GratisWajib asuransi untuk barang berharga atau jika nilai barang lebih dari 10 kali ongkir.Harga terendah dari 10 kali dari ongkir atau nilai barang. Maksimal Rp1.000.000 per nomor resi.
Maksimal Rp2.000.000.000
JNT0.25%GratisTidak ada minimal asuransi.Harga terendah dari 10 kali dari ongkir atau nilai barang. Maksimal Rp1.000.000 per nomor resi.Maksimal Rp20.000.000
NINJA0.25%GratisTidak ada minimal asuransi.Harga terendah dari 10 kali dari ongkir atau nilai barang. Maksimal Rp1.000.000 per nomor resi.Maksimal Rp30.000.000
INDAH0.20%GratisWajib asuransi jika nilai barang lebih dari Rp1.000.000.Sebesar 10 kali dari ongkir (maksimal Rp1.000.000 per nomor resi). Sebesar nilai barang yang tertera saat order dibuat.
LION0.25%GratisWajib asuransi jika nilai barang lebih dari Rp2.000.000 atau 10 kali ongkir.Harga terendah dari 10 kali dari ongkir atau nilai barang per nomor resi.Maksimal Rp100.000.000
SAP0.3 %Rp2.000Wajib asuransi jika nilai barang lebih dari Rp1.000.000.Harga terendah dari 10 kali dari ongkir atau nilai barang. Maksimal Rp1.000.000 per nomor resi.Sebesar 90% dari nilai barang yang tertera saat order dibuat.
SICEPAT0.25%GratisWajib asuransi jika nilai barang lebih dari Rp1.000.000.REG dan BEST: Sebesar Rp500.000 untuk 1kg pertama, berlaku hingga maksimal 5kg atau maksimal Rp2.500.000.
GOKIL:Sebesar Rp200.000 untuk 1kg pertama, berlaku hingga maksimal 5kg atau maksimal Rp1.000.000.
Maksimal Rp100.000.000
RPX0.5 %GratisTidak ada minimal asuransi.Harga terendah dari 10 kali dari ongkir atau nilai barang. Maksimal Rp2.000.000 per nomor resi.Maksimal Rp100.000.000
TIKI0.20%GratisWajib asuransi jika nilai barang lebih dari 10 kali ongkir.Sebesar 10 kali dari ongkir. Maksimal Rp2.500.000.Maksimal Rp500.000.000
JANIO2.50%Rp5.000Tidak ada minimal asuransi.Pengiriman internasional: Harga terendah dari US$ 100 atau nilai barang. 
Pengiriman domestik: Harga terendah dari 10 kali ongkir atau nilai barang. Maksimal Rp1.000.000 per nomor resi.
Maksimal US$ 7,500
ARAMEX1.50%GratisTidak ada minimal asuransi.Maksimal US$ 100Maksimal US$ 10,000
GOSENDTBAGratisOtomatis dilindungi asuransi.Otomatis dilindungi asuransi.Maksimal Rp10.000.000
PAXEL0.2 %GratisTidak ada minimal asuransi.Sebesar 10 kali dari ongkir. Maksimal Rp1.000.000 per nomor resi.Maksimal Rp30.000.000 
GRAB EXPRESS0GratisOtomatis dilindungi asuransiHarga terendah dari besarnya 10 kali ongkir atau nilai barang. INSTANMaksimal Rp10.000.000SAMEDAY
Maksimal 10 kali ongkir.
Dakota Cargo0.20%GratisWajib asuransi jika nilai barang melebihi besarnya 10 kali ongkir.Barang hilang akan diganti sebesar 10 kali dari ongkir. Sebesar 90% dari nilai barang yang tertera saat order dibuat.
ANTERAJA0.20%GratisHarga terendah dari 10 kali dari ongkir atau nilai barang. Maksimal Rp1.000.000 per nomor resi.Maksimal Rp1.000.000
WAHANAGratis
SHOPEXGratis
DPEXGratisUS$ 100
DHL2.00%GratisUS$ 100Sebesar nilai barang yang tertera saat order dibuat.
J&T Cargo0.20%GratisWajib asuransi Rp5.000 per nomor resi. Maksimal Rp2.500.000 per nomor resi.Maksimal Rp200.000.000

Catatan Penting:

  • Saat membuat order, pastikan Anda mengisi nilai barang sesuai dengan harga yang sebenarnya. 
  • Wajib gunakan asuransi jika Anda mengirimkan barang mudah rusak/pecah (fragile) dan dokumen penting.
Apakah artikel ini membantu?
Kirimkan Pertanyaan Anda
Pertanyaan Terkait

Apa kompensasi yang akan Shipper berikan ke pelanggan jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang selama proses pengiriman?

Ganti

Apakah Anda memiliki pesanan terkait?