5 Strategi Manajemen Gudang Agar Bisnis Lebih Efektif dan Produktif

Warehouse15 December 2022
5-strategi-manajemen-gudang-shipper

Setiap kegiatan bisnis pastinya membutuhkan strategi tertentu untuk mencapai tujuan, termasuk dalam hal strategi manajemen gudang ini. Dengan manajemen gudang yang baik, bisnis yang dijalani Sobat Shipper akan berjalan dengan lebih efektif dan produktif.

Apa itu Gudang? Gudang adalah tempat yang berfungsi untuk mengatur penyimpanan barang, dan perannya akan jauh lebih maksimal jika menerapkan strategi manajemen gudang. Ada banyak manfaat apabila pengelolaan gudang dapat dijalankan dengan baik.

Seperti yang Sobat Shipper tahu, gudang tidak hanya dijadikan sebagai tempat penyimpanan barang. Dari segi bisnis, gudang difungsikan juga sebagai tempat produksi, pengemasan, quality control hingga perawatan produk. Karena itulah, dibutuhkan strategi manajemen gudang yang baik agar semua kegiatan tersebut berlangsung dengan lancar.

Strategi Manajemen Gudang Agar Bisnis Lebih Efektif dan Produktif

Lantai, bagaimana strategi manajemen gudang yang baik? Berikut ini tips bisnis berupa strategi gudang yang dapat dilakukan agar proses distribusi logistik berjalan dengan lancar.

Menyusun Data Secara Akurat

Strategi pertama yang bisa Sobat Shipper lakukan adalah menyusun data secara akurat. Hal ini dilakukan agar dapat menjadi patokan dalam usaha Anda. Di antara data tersebut dapat berupa jumlah stok barang, data pembelian dan juga penjualan.

Pastikan Sobat Shipper menyusunnya secara tepat dan real time. Sebab data ini juga nantinya akan dijadikan sebagai penentu forecast penjualan. Bahkan dapat digunakan untuk menyusun rencana pemasaran dan target selanjutnya.

Forecast Penyediaan Stok Barang

Selanjutnya yakni membuat forecast penyediaan stok barang. Tentunya Sobat Shipper akan kerepotan jika memiliki ribuan barang yang berada di gudang. Karena itulah, sangat penting membuat forecast persediaan stok ini.

Menyusun forecast harus dilakukan secara cermat, karena jika terjadi kesalahan tentunya akan menjadikan kinerja manajemen pergudangan terganggu. Bahkan memiliki risiko kehilangan baik dalam jumlah besar maupun kecil.

Melakukan Pengecekan Ulang

Strategi berikutnya yaitu rutin melakukan pengecekan. Hal ini akan memudahkan Sobat Shipper untuk memeriksa secara langsung ketersediaan stok barang. Tak hanya itu, pengecekan juga dilakukan untuk melihat apakah kualitas barang masih layak atau tidak.

Jika terjadi kerusakan pada barang seperti cacat produksi atau kesalahan lainnya, Anda bisa dengan cepat menangani hal tersebut.

Mengatur Lokasi Gudang

Proses pergudangan akan jauh lebih mudah jika Sobat Shipper dapat mengatur lokasi gudang. Hal ini tentunya akan memaksimalkan proses keluar dan masuknya barang. Karena itulah, strategi ini juga penting untuk dilakukan.

Selain itu, mengatur tata letak penyimpanan barang juga perlu menjadi perhatian. Seperti yang Sobat Shipper ketahui, setiap barang memiliki jenis dan karakteristik yang berbeda-beda. Agar tidak terjadi kerusakan atau sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, ada baiknya melakukan tata letak penyimpanan ini. 

Memisahkan Stok Barang

Strategi terakhir yang dapat Sobat Shipper lakukan adalah memisahkan stok barang. Terutama memisahkan antara barang baru dan lama. Pastikan Anda menyediakan ruang untuk barang yang baru masuk.

Hal ini dilakukan agar tidak mengganggu data stok barang lama yang telah diinput lebih dulu sehingga nantinya akan merepotkan Anda saat melakukan pengecekan ulang.

Baca Juga: Proses Warehouse Management System (WMS) Apa Saja? Cek di Sini!

Manfaat Strategi Manajemen Gudang

Manfaat penerapan strategi manajemen gudang ini telah disinggung di atas. Selain itu, terdapat beberapa nilai positif lainnya yang dapat dirasakan ketika penerapan strategi tersebut dilaksanakan sebaik mungkin. Di antaranya bisa Sobat Shipper simak di bawah ini.

  • Dapat menjaga kualitas dan kuantitas logistik. Manfaat ini dapat diperoleh ketika manajemen gudang dapat berjalan secara efektif dan efisien. Dampaknya tentu saja akan meningkatkan kualitas dan kuantitas logistik serta peralatan.
  • Keamanan dan keberadaan barang terjaga dengan baik. Hal ini pastinya merupakan dampak lain dari penerapan strategi manajemen gudang yang dilakukan secara optimal. Keamanan dan keberadaan barang selama proses distribusi dapat terjaga dengan baik serta terhindar dari berbagai kerusakan.
  • Peningkatan pelayanan. Setiap strategi bisnis yang dijalankan dengan maksimal pastinya akan berdampak pada peningkatan pelayanan. Termasuk penerapan strategi mengelola pergudangan yang dapat meningkatkan pelayanan distribusi logistik.
  • Memiliki data yang lengkap. Proses pemasukan data menjadi salah satu strategi yang penting untuk dilakukan. Dengan begitu, seluruh informasi terkait berbagai barang yang masuk dan keluar dari gudang dapat dilacak dengan baik. Selain itu, dengan memiliki data yang lengkap, laporan akhir juga bisa disusun secara sempurna dan akurat.

Sistem administrasi yang tertib. Manfaat terakhir tentu saja berdampak pada sistem administrasi yang tertib dan rapi. Hal ini akan berguna jika terjadi kemungkinan terjadinya penyelewengan terkait proses transaksi.

Alasan Mengapa Strategi Manajemen Gudang Penting Dilakukan

Strategi manajemen gudang ini tentunya sangatlah penting, terutama bagi pelaku bisnis maupun perusahaan. Ada beberapa alasan mengapa strategi manajemen gudang harus dijalani dengan baik.

Dapat mengurangi biaya transportasi dan produksi

Alasan pertama pentingnya penerapan strategi gudang yakni karena dapat mengurangi biaya transportasi dan produksi. Gudang memang selalu dikaitkan dengan proses penyediaan barang sehingga menimbulkan banyak tambahan biaya distribusi. Akan tetapi, jika strategi pergudangan dapat diterapkan dengan baik, hal tersebut justru akan menghemat pengeluaran.

Dapat melakukan koordinasi permintaan dan penawaran

Alasan selanjutnya yakni dapat melakukan koordinasi dan penawaran. Dengan menyusun strategi yang tepat, proses ini dapat berlangsung lancar. Seperti yang Sobat Shipper tahu, jumlah permintaan tidak selalu bisa diproyeksikan secara akurat. Sedangkan produksi harus tetap berjalan sesuai target output tertentu.

Pertimbangan produksi barang

Strategi gudang dapat membuat klasifikasi dan karakteristik tertentu terhadap proses produksi barang. Karena itulah, manajemen gudang dapat menekan biaya produksi serta melengkapinya hingga proses akhir produksi barang.

Dapat menjadi pertimbangan pemasaran

Penerapan strategi gudang juga dapat menghasilkan pertimbangan pemasaran. Hal ini disesuaikan dengan jenis barang, pengelompokan serta karakteristik barang tertentu yang harus selalu tersedia di pasaran. Pasokan barang harus tetap ada menyesuaikan kebutuhan permintaan pasar.

Demikian ulasan singkat mengenai strategi manajemen gudang agar bisnis lebih efektif dan produktif. Penerapan strategi ini sejalan dengan strategi bisnis, harus dilakukan secara optimal sehingga dapat meningkatkan kemajuan dan kepercayaan konsumen terhadap pelaku bisnis. Dengan begitu, seluruh proses dan alur kerja distribusi logistik akan berjalan secara maksimal.

Untuk memudahkan dalam menerapkan strategi ini, Shipper dapat membantu Sobat Shipper untuk meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan mengembangkan bisnis Anda dengan berbagai solusi dan teknologi logistik terkini. Shipper memberikan solusi menyeluruh dalam satu platform. Mulai dari pengiriman, pergudangan, hingga manajemen pergudangan. Semua layanan ini dapat Anda manfaatkan untuk kemudahan operasional dan bisnis Anda sehingga dapat berkembang lebih pesat.

Nikmati layanan manajemen gudang berteknologi online dengan biaya murah dan terjangkau. Shipper akan membantu Anda mengurus stok, pengemasan, hingga pengiriman dengan harga terjangkau. Sistem manajemen gudang oleh Shipper akan membantu Sobat Shipper mentransformasi gudang menjadi fasilitas berkinerja tinggi.

Baca Juga: Wajib Tahu! Tips Memilih Aplikasi Sewa Gudang

Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.