Yuk, Ketahui Strategi Tepat dalam Menetapkan Harga dan Promo Secara Baik dan Benar

Uncategorized31 March 2022
yuk-ketahui-strategi-tepat-dalam-menetapkan-harga-dan-promo-secara-baik-dan-benar

Ketika memposisikan diri sebagai customer tentu berbagai bentuk promo diskon, menjadi hal menarik untuk Sobat Shipper cari dan temui bukan? Diskon ini seringkali dihadirkan dan umum untuk dijumpai, ketika kita tengah melakukan perbelanjaan pada berbagai tempat, seperti misalnya di supermarket, restoran, dan market place tertentu.

Menjadi salah satu strategi pemasaran yang masih eksis untuk diberlakukan, adanya promo diskon ini amat berperan besar pula dalam realisasi strategi jualan online. Ya, di masa pandemi seperti sekarang ini  jualan online telah menjadi sebuah aktivitas lumrah  dan umum dijumpai oleh berbagai kalangan. Hadirnya metode penjualan online ini, telah terbukti membawa dampak positif, berupa hadirnya berbagai bentuk kemudahan baik untuk penjual maupun pembeli.

Nah, meskipun menempatkan beragam promo diskon menjadi sebuah strategi yang efektif. Kamu tidak bisa lho, secara asal dan sembarang menetapkan harga jual ataupun menentukan diskon suatu produk guna menarik perhatian customer. Perlu adanya peninjauan, pertimbangan, dan pembentukan strategi yang baik dan benar.

Maka dari itu, pada artikel kali ini. Sobat Shipper akan disajikan dengan berbagai strategi penjualan online menarik, mengenai kiat menetapkan harga jual terhadap produk, dan serba-serbi diskon yang efektif. 

Menentukan Harga Jual dengan Baik, Sebagai Strategi Jualan Online

Sobat Shipper, sebelum melakukan promosi jualan online. Sobat Shipper perlu menentukan harga jual dengan baik, agar kamu dapat mematangkan strategi jualan online secara baik dan benar. Karena, untuk mewujudkan tindak promosi yang tepat, perlu direalisasikan pula harga jual yang tepat.

Lantas, apa saja sih, strategi penetapan harga jual yang dapat kamu terapkan? Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Metode Biaya Harga Plus

Memiliki nama lain Cost-Plus Pricing Method. Metode biaya harga plus ini menjadi salah satu metode penetapan harga jual yang umum untuk ditemui dan digunakan. Menjadi salah satu strategi penatapan harga jual yang cukup populer, dengan adanya metode atau cara yang satu ini, harga jual dapat ditetapkan dengan berlandaskan kepada hitungan terhadap jumlah keseluruhan dana yang sebelumnya telah digunakan. Setelahnya, hal tersebut dapat ditambah dengan satuan jumlah tertentu guna menutupi keuntungan atau kerap disebut dengan margin.

Nantinya, dalam melakukan penetapan terhadap harga jual dengan metode ini, pelaku usaha dapat selalu berpegangan pada dana keseluruhan dalam proses produksi. Tentunya, peranan utama yang dapat dibentuk dengan mewujudkan metode biaya harga plus ini, Sobat Shipper dapat merealisasikan hal ini sebagai langkah untuk memperoleh laba atau keuntungan sebesar-besarnya.

2. Metode Mark Up

Selanjutnya adalah Metode Mark up. Nah, seperti yang kita ketahui, bahwa harga jual merupakan salah satu variabel terpenting yang harus ditetapkan dan dipertimbangkan dengan baik. Dan salah satu metode yang dihadirkan untuk mematangkan variabel yang satu ini adalah metode mark up. 

Dimana metode ini, dapat direalisasikan cukup praktis dan sederhana, yakni dengan menetapkan  harga jual suatu produk dengan berlandaskan pada harga pokok yang memang sudah ada di awal pembelian, dimana setelahnya variabel tersebut akan diperhitungkan dengan berbagai  jumlah tertentu, dan kegiatan tersebut nantinya dapat disebut dengan mark-up.

Dengan hadirnya metode mark up, para pelaku usaha terkait, dapat melakukan peninjauan terhadap harga awal yang dimiliki oleh suatu produk, dan dari situ sebuah langkah pasti pun dapat diambil, untuk menetapkan harga selanjutnya. Dimana langkah yang diambil adalah dengan  menaikkan selaras dengan beberapa persen dari harga awal.

Nah, adanya penentuan harga tersebut, dilandaskan pula dengan adanya biaya-biaya tambahan lainnya, dan dari situ kondisi yang dimiliki oleh suatu harga, akan tetap konstan tanpa adanya suatu kenaikan harga secara berlebihan.

3. Metode Penentuan Harga BEP

Metode berikutnya adalah BEP, atau yang dapat disebut sebagai Break Even Point. Apa itu BEP? Merupakan sebuah metode yang dibentuk, dalam menetapkan harga jual, yang didasarkan kepada total dana yang dikeluarkan, serta  hasil yang nantinya dapat diterima secara keseluruhan. Nah, dengan menerapkan metode penentuan harga BEP ini, pelaku usaha tidak akan mendapatkan laba atau keuntungan, namun juga tidak mendapatkan kerugian. Yang pada akhirnya pelaku usaha pun dapat bertemu dengan keseimbangan pasar. 

4. Metode Meninjau Kompetitor

Metode berikutnya dapat diterapkan dengan melakukan peninjauan terhadap kompetitor. Sebagai seorang pebisnis Sobat Shipper, tentu tidak dapat  hanya berpegangan dengan lingkup personal, dalam menetapkan harga jual yang baik dan benar, Sobat Shipper juga perlu menetapkan harga jual dengan melakukan peninjauan terhadap kompetitor atau pesaing. 

Dimana dalam menentukan atau menetapkan  harga jual sesuai dengan peninjauan terhadap kompetitor, bukan berarti, pelaku usaha menjadi pesaing yang ambisius untuk menjatuhkan saingannya ya. Dimana nyatanya, peninjauan ini perlu dilakukan untuk membentuk penetapan harga dengan melakukan pengawasan harga jual kepada para pesaing atau kompetitor.

Eits, tapi perlu diingat. Sebelum melakukan penjualan, Kamu tetap harus membentuk perhatian terhadap harga jual yang kamu patok ya. Jangan sampai, kamu terlalu mematok harga terlalu rendah, karena hal tersebut nantinya dapat merusak harga pasar, dan menghantarkan pelaku usaha pada kerugian.

Serba-serbi Mengenai Strategi Harga Diskon

 Sobat Shipper, jika sebelumnya kita telah mengenali berbagai metode penetapan harga jual, berikutnya kita akan membahas serba-serbi mengenai penetapan harga diskon yang baik dan efektif. Kira-kira apa saja hal yang perlu diperhatikan? Berikut ini penjelasannya.

1. Waktu Ditetapkannya Diskon

Sebenarnya kapan sih, waktu yang tepat untuk menentukan diskon? Nah, untuk mewujudkan tindak promosi yang baik dan benar terhadap penjualan online. Sobat Shipper perlu menetapkan waktu-waktu tertentu saat memberikan diskon.

Karena, dengan adanya batasan waktu saat memberikan diskon. Minat customer untuk membeli produkmu semakin besar. Seperti contohnya menghadirkan diskon 50% yang berakhir sampai jam 00.00.

2. Memberikan Diskon-diskon Menarik

Bagi Sobat Shipper yang telah lama menyelami dunia perniagaan online di berbagai marketplace, terutama untuk kamu memiliki online shop. Sobat Shipper tentu tidak asing, dengan berbagai diskon menarik yang diberikan oleh online shop tertentu.

Misalnya saja seperti strategi post and discount, diskon sesuai nama, dan diskon ulang tahun. Nah, ada kalanya Sobat Shipper juga perlu menerapkan berbagai bentuk diskon ini. Tentunya, hal ini perlu dilakukan agar kamu dapat menarik atensi dan minat yang lebih dari para customer.

Bahkan, dengan menerapkan strategi diskon ini, Sobat Shipper juga dapat mengoptimalkan keberlangsungan promosi toko, lho! Karena adanya strategi post and discount. Dimana kamu dapat menarik minat customer, terutama para generasi muda yang aktif bersosial media. Untuk melakukan promosi di berbagai media sosial, terhadap produk yang nantinya akan dibeli. 

3. Diskon Beli Satu Gratis Satu

Berikutnya adalah melangsungkan strategi diskon yang umum untuk kamu jumpai. Ya, apalagi kalau bukan diskon beli satu gratis satu. Nah, untuk menerapkan strategi diskon yang satu ini, Sobat Shipper perlu melakukan peninjauan terlebih dahulu, terhadap harga yang ingin ditetapkan. Dan memperhatikan tata kelola yang dibentuk terhadap inventory produk

Nah, salah satu media tepat yang dapat membantumu dalam melakukan tata kelola inventory produk, adalah dengan menggunakan Atoor. Ya, layanan bisnis omnichannel yang menyediakan fitur tata kelola inventory, dan berbagai fitur unggulan lainnya. Dapat kamu andalkan untuk mengoptimalkan operasional bisnismu, lho. Jadi, pastikan kamu memilih Atoor sebagai layanan omnichannel terpercaya ya.

Nah, Sobat Shipper… Itu dia berbagai macam strategi yang dapat kamu terapkan untuk mengoptimalkan promosi penjualan, khususnya pada promosi jualan online. Jadi, apakah kamu tertarik untuk menerapkan berbagai strategi di atas? Atau… Juga tertarik untuk menggunakan Atoor? Yuk, cek informasi lengkap mengenai Atoor!

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.