Yuk, Kenali Kiat Memahami Insight Sebagai Dasar Strategi Jualan Online

Uncategorized11 March 2022
yuk-kenali-kiat-memahami-insight-sebagai-dasar-strategi-jualan-online

Sobat Shipper, sebagai seorang pebisnis kamu perlu menentukan tindakan sistematis yang nantinya kamu terapkan kepada pelanggan. Khususnya, untuk kamu yang tengah menggeluti dunia bisnis online, dimana hal ini perlu untuk diterapkan agar Sobat Shipper mampu memberikan pelayanan secara optimal, dan pemasaran yang dibentuk dengan maksimal.

Nah, pengambilan tindakan sistematis ini menjadi salah satu bentuk strategi jualan online yang penting untuk kamu terapkan, dan konsep insightful pun tersaji untuk menghadirkan informasi tentang problematika kompleks yang dihadapi oleh suatu objek. Terus apa hubungannya konsep ini dengan kegiatan berbisnis?

Nah, untuk kamu yang belum memahami, atau baru mengenal istilah insight. Pada artikel kali ini, Sobat Shipper akan disajikan berbagai informasi mengenai serba-serbi konsep insight sebagai sebuah strategi dasar yang dapat diterapkan  dalam berjualan online. Apa korelasinya dengan dunia bisnis? Seperti apa peranannya? Dan seberapa penting konsep insight ini dipahami? Yuk, langsung saja kita tinjau pembahasan konsep insight berikut ini!

1. Apa Itu Konsep Insight dalam Bisnis?

Sobat Shipper, secara umum istilah insight ini dapat kamu artikan sebagai sebuah wawasan atau  pengetahuan brilian yang timbul secara spontan.

Jika dikorelasikan dengan kegiatan berbisnis, insight ini dapat dihubungkan dengan pelanggan yang merupakan objek sebuah bisnis. Nah, insight yang memiliki korelasi dengan pelanggan ini dapat disebut sebagai consumer insight, dimana consumer insight merupakan prosedur untuk mengetahui, pemikiran, atau tingkah laku pelanggan secara intens.

Penting nggak sih, memahami pemikiran dan tingkah laku pelanggan? Jelas penting dong, terlebih di era digital seperti saat ini, Untuk mewujudkan strategi jualan online cepat laris, kamu perlu memahami betul apa yang relevan atau sesuai bagi pelanggan.

Oleh karenanya, pemahaman yang dibentuk terhadap konsep insight ini penting untuk kamu pahami ya. Dimana tingkah laku pelanggan yang dapat dihubungkan dengan produk dan tindakan promosi, menjadi sebuah dasar diterapkannya konsep ini. Karena dengan hadirnya konsep insight, Sobat Shipper dapat menerapkan peninjauan terhadap hasil pengembangan online shop, produk yang dijajakan,  sampai layanan yang sebelumnya telah dibentuk. 

Lantas, kira-kira apa saja ya… Berbagai cara yang dapat dilakukan untuk membentuk pemahaman mengenai konsep insight? Yuk, langsung saja kita bahas cara merealisasikan konsep insight pada poin selanjutnya.

2. Yuk, Realisasikan Konsep Insight

Sobat Shipper, kamu tentu pernah bukan melakukan sejumlah interaksi di dalam marketplace? Entah itu, untuk membeli produk, hanya ingin sekedar melakukan peninjauan terhadap produk yang dijajakan, atau bahkan mulai melakukan jualan online di marketplace itu sendiri? 

Nah, bagi Sobat Shipper yang telah atau baru saja  memiliki keinginan untuk jualan online di  marketplace, hal tersebut sangat tepat untuk kamu lakukan. Terlebih lagi, eksistensi jualan online marketplace saat ini terus meningkat, dan menjadi peluang besar dalam mendulang keuntungan.

Dengan merealisasikan konsep insight sebagai strategi bisnis online, Sobat Shipper dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi bisnis online, lho!  Wah, kira-kira bagaimana caranya ya? Yuk, langsung saja kita tinjau cara merealisasikan konsep insight yang dapat menjadi strategi jualan online yang jitu.

A. Memberlakukan Riset

Sebagai seorang pebisnis, lagi-lagi riset menjadi langkah penting yang harus Sobat Shipper terapkan. Memangnya riset seperti apa sih, yang harus dilakukan? Untuk mengembangkan strategi bisnis online melalui konsep insight, Sobat Shipper perlu melakukan riset terhadap apa yang pelanggan ingin dapatkan dari sebuah produk atau layanan yang dilakukan.

Hal ini penting untuk Sobat Shipper terapkan, karena setiap pelaku usaha yang ingin melakukan pendekatan komunikasi dengan pelanggannya, harus merealisasikan riset terhadap keinginan pelanggan untuk melihat insightnya

Riset ini nantinya akan dikumpulkan menjadi sebuah data, kemudian dihadirkan sebagai bekal pendekatan komunikasi. Untuk melakukan riset, Sobat Shipper dapat memanfaatkan platform media sosial layaknya Instagram, atau menggunakan tools riset, seperti Google Analytics.

B. Memberlakukan Analisis Data

Hal berikutnya yang penting untuk kamu lakukan agar dapat merealisasikan konsep insight adalah dengan memberlakukan analisis data. Data yang sebelumnya telah di riset dan dikumpulkan, selanjutnya akan dianalisis. 

Dimana analisis data yang diberlakukan terhadap minat dan kemauan pelanggan dilakukan dengan tujuan untuk meninjau produk dan bentuk layanan seperti apa yang paling diinginkan dan diperlukan oleh pelanggan, sehingga nantinya Sobat Shipper dapat dengan mudah mengambil langkah yang sesuai dan tepat.

C. Melakukan Optimalisasi

Usai memantapkan analisis terhadap data yang sebelumnya telah diterapkan,  Sobat Shipper perlu menerapkan optimalisasi terhadap data yang sebelumnya dianalisis. Dimana optimalisasi ini dilakukan dengan tujuan agar dapat menyesuai bentuk treatment atau tindakan, yang selanjutnya akan diambil untuk menyajikan keperluan pelanggan. 

D. Mengatur Tindak Periklanan

Selangkah lebih maju untuk merealisasikan konsep insight dalam berbisnis. Proses yang selanjutnya perlu Sobat Shipper lalui adalah Proses pengaturan terhadap tindak periklanan. Hadir sebagai media promosi perusahaan untuk menjawab keinginan pelanggan. Periklanan yang berlaku disini, memiliki peranan penting yang berkorelasi terhadap insight pelanggan pada suatu layanan atau produk yang diberikan.

Ada berbagai tindak periklanan yang dapat Sobat Shipper lakukan, diantaranya adalah dengan membentuk website, menggunakan Google Ads, atau mengkampanyekan iklan melalui media sosial.

E. Membentuk Branding

Branding merupakan tahap terakhir untuk merealisasikan konsep insight, dengan hadirnya pembentukan branding ini Sobat Shipper dapat membuat suatu ciri atau keunikan tersendiri dari online shop milik Sobat Shipper. ini artinya Sobat Shipper dapat menyusun bentuk layanan dan produk berdasarkan kemauan pelanggan tanpa mengubah  identitas yang telah dibangun.

3. Menerapkan Metode Ethnography

Memahami konsep insight merupakan salah satu strategi jualan online yang tepat untuk diterapkan. Sebelumnya, Sobat Shipper telah meninjau pengertian, peranan, sampai cara merealisasikan konsep insight. Nah, salah satu metode yang dapat diterapkan dalam konsep insight adalah metode Ethnography, dimana metode ini adalah metode yang dibentuk untuk mengenali keperluan pelanggan dari proses telusur secara mendalam. 

Karena hadirnya metode ini, membuat Sobat Shipper memperoleh insight lebih yang ditinjau  dari perspektif pelanggan. Sehingga kamu pun juga mampu mengungguli kompetitor secara sehat dan adil.

Nah Sobat Shipper, itu dia pemaparan mengenai konsep insight sebagai strategi dasar dalam penjualan online. Bagaimana? Sangat menarik untuk diterapkan bukan? Untuk kamu yang telah menerapkan konsep insight sebagai strategi jualan online. Dan ingin mengoptimalkan operasional bisnis, Sobat Shipper dapat mengandalkan Atoor sebagai platform yang mampu mengintegrasikan bentuk pelayanan lho… Menawarkan fitur data dan insight, serta mengatur inventory, dan stok barang dengan otomatis. Yuk, kenali Atoor lebih lanjut!

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.