7 Alasan Bisnis Online Harus Punya Website

Uncategorized22 September 2021
website-bisnis-online

Sobat Shipper sebagai pemilik toko online sudah tahukah pentingnya sebuah website? Website yang dimaksud di sini bukan marketplace, tapi web khusus untuk bisnis kamu. Web tersebut berisi informasi tentang profil toko online dan produk yang kamu jual. Kamu juga bisa membuat website toko online yang menyediakan layanan transaksi pembelian di dalam website. Jadi, mengapa bisnis online harus punya website? Yuk, simak penjelasannya!

1. Menunjukan Profesionalitas Bisnis

Sebagai penjual kamu perlu meyakinkan konsumen bahwa bisnis online yang kamu jalankan adalah bisnis yang kredibel dan profesional. Hal ini penting untuk menarik minat calon pelanggan agar yakin dan merasa aman melakukan transaksi pembelian di toko online kamu. Website menunjukkan keseriusan sebuah bisnis yang dikelola oleh pemiliknya. 

Website bisnis bisa memuat semua informasi yang dibutuhkan calon pelanggan kamu. Mulai dari identitas atau profil toko online, layanan yang diberikan, produk yang dijual, promo yang tersedia, lokasi toko dan lain-lain. Konsumen akan merasa lebih mudah untuk diyakinkan dengan hadirnya website bisnis yang dikelola dengan baik. 

2. Memperluas Jangkauan Target Konsumen

Pemasaran bisnis online harus bisa memanfaatkan semua media online yang ada untuk meningkatkan brand awareness, berpromosi dan meningkatkan penjualan. Website adalah media yang tepat untuk menarik lebih banyak target konsumen. Website mampu menjangkau target konsumen seluas-luasnya dan bisa diakses kapan saja. Bahkan, tidak mustahil kamu bisa mendapat pelanggan dari luar negeri. 

Untuk mencapai tujuan ini kamu perlu mengelola website dengan baik. Hadirkan konten-konten web yang relevan dan berguna sesuai dengan target konsumen. Tampilan website harus memudahkan calon pelanggan menemukan informasi yang dibutuhkan dan bisa diakses melalui berbagai perangkat digital dengan baik. Dengan begitu, kamu mendatangkan lebih banyak pengunjung web untuk menjadi pelangganmu.

3. Memudahkan Pengumpulan Data untuk Analisis Bisnis

Perkembangan pasar harus dipantau dengan baik untuk kebutuhan analisis bisnis supaya bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat. Website adalah media yang tepat untuk pelaku bisnis online melakukan pengumpulan data pelanggan dan transaksi. Data tersebut sangat berguna dalam analisis dan evaluasi bisnis. 

Website memberi kemudahan bagi penjual online untuk melihat tren pasar yang sesuai dengan target konsumen. Kamu bisa tahu produk apa yang paling laris, promosi mana yang paling efektif, karakter konsumen seperti apa yang paling cocok dengan produkmu dan sebagainya. Masih banyak hal lain yang bisa dianalisis dari data yang kamu dapat dari website bisnis. 

Google Analytics merupakan salah satu tools yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan analisis data dari website. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah menyusun konsep promosi yang lebih efektif dan tepat sasaran. Kamu juga akan sangat terbantu dalam menghadirkan inovasi produk yang lebih baik lagi kedepannya. 

4. Membantu Proses Branding dan Promosi

Strategi digital marketing memanfaatkan media promosi digital dan online. Website akan sangat membantu kesuksesan strategi digital marketing dalam proses branding dan promosi bisnis online kamu. Banyak strategi promosi online yang bisa dilakukan dengan memaksimalkan pengelolaan website

Strategi marketing menggunakan website di antaranya:

a. Kata Kunci SEO

Memaksimalkan penggunaan kata kunci untuk optimasi SEO atau Search Engine Optimization. Tujuannya adalah untuk meningkatkan traffic website. Traffic website yang tinggi membantu kamu mendapat lebih banyak calon pelanggan potensial untuk meningkatkan penjualan. 

b. Landing Page 

Website bisa menjadi media promosi yang efektif salah satunya dengan membuat landing page. Landing page bisa berisi info promo, event, launching produk dan lain-lain. Landing page lebih mudah dilihat sehingga lebih efektif mencapai tujuan promosi di website bisnis kamu. 

c. Iklan Online

Iklan online menggunakan Google Ads akan lebih efektif jika kamu telah mempunyai website bisnis yang aktif dan dikelola dengan baik. Iklan online bisa menjangkau lebih banyak target konsumen berdasarkan kriteria atau kata kunci tertentu. 

5. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Pelanggan merasa lebih nyaman dan aman berbelanja di toko online yang jelas profil bisnisnya. Kamu bisa melengkapi website dengan menu FAQ (Frequently Asked Questions) yang mudah diakses pelanggan. Kamu bisa menampilkan testimoni pelanggan untuk menarik minat calon pelanggan baru.

Sosial media memang cukup baik untuk media promosi, tapi ada keterbatasan bagi penjual untuk memberi informasi lengkap ke pelanggan. Salah satunya karena keterbatasan jumlah kata dalam kolom caption. Informasi profil bisnis dan deskripsi produk yang ada pada website tersedia dengan sangat jelas, hal ini menjadi faktor untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. 

6. Mengoptimalkan Pelayanan Pelanggan

Website bisnis online tidak hanya berfungsi sebagai tempat promosi dan transaksi jual beli tapi juga untuk mendekatkan penjual dan pembeli. Tambahkan fitur chat pada website untuk mengoptimalkan pelayanan pelanggan. Kamu bisa memberikan informasi produk terbaru di website agar lebih mudah diakses pelanggan. 

Kamu bisa membuat konten berisi informasi di luar produk yang kamu jual tapi masih relevan dengan kebutuhan pelanggan. Contohnya, jika kamu menjual produk kecantikan kamu bisa membuat konten artikel yang memberikan solusi dalam merawat wajah dan sebagainya. Hal ini akan sangat berguna bagi pelanggan dan menjadi salah satu bentuk pelayanan pelanggan. 

7. Informasi Bisnis Lebih Mudah Ditemukan di Internet

Di era digital seperti sekarang, sebagian besar orang informasi produk yang dibutuhkan melalui internet sebelum memutuskan membelinya. Sayang sekali kalau kamu belum punya website untuk memperkenalkan produk kamu kepada pelanggan. Website membantu bisnis online kamu supaya lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan. 

Jika seseorang memasukkan sebuah kata kunci ke kolom mesin pencari, maka halaman website yang mempunyai informasi tersebut akan muncul di halaman awal. Jika website kamu berhasil muncul dalam hasil pencarian Google hal ini dapat meningkatkan penjualan dan menambah keuntungan bisnis online kamu. Untuk bisa mencapai hal ini tentu kamu harus mulai membuat website dan mengelolanya dengan baik. 

Sobat Shipper, setelah membaca penjelasan ini mungkin kamu mulai mempertimbangkan untuk membuat website untuk bisnis online kamu. Pastikan setelah membuat website untuk toko online, kamu mengelolanya dengan serius. Dengan begitu, kamu bisa merasakan begitu banyak manfaat website untuk bisnis kamu. Website juga menunjang promosi di media online lain seperti media sosial, iklan online, e-mail marketing dan lain-lain

Kamu yang berkecimpung di dunia bisnis online juga akan membutuhkan layanan pengiriman. Layanan pengiriman untuk kebutuhan bisnis maupun untuk mengirim barang ke pelanggan. Apa pun layanan pengiriman yang kamu butuhkan percayakan pada Shipper! Shipper menyediakan layanan pengiriman terbaik yang menjangkau dalam dan luar negeri. Kunjungi websitenya di shipper.id untuk tahu semua layanan Shipper yang mengutamakan kepuasan pelanggan!

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.