Warehousing: Definisi, Fungsi, dan Manfaatnya untuk Bisnismu

Uncategorized21 June 2021
warehousing-definisi-fungsi-dan-manfaatnya-untuk-bisnismu

Warehousing alias pergudangan punya peran vital, baik itu dalam bisnis perdagangan, manufaktur, maupun distribusi. Akan tetapi, apa itu warehousing? Untuk mengenal soal warehousing dengan lebih jelas, yuk simak ulasannya berikut ini! 

Definisi Warehousing

Definisi warehousing bisa dijelaskan sebagai proses penyimpanan barang sebelum didistribusikan, digunakan untuk produksi, atau dijual. Meskipun warehousing dan warehouse saling berkaitan, definisi keduanya sebenarnya berbeda.

Kalau definisi warehousing berkaitan dengan proses atau aktivitas penyimpanan barang di dalam warehouse, maka warehouse adalah gudang tempat penyimpanan itu. Bagaimana, sekarang Sobat Shipper sudah bisa bedakan apa itu warehouse dan warehousing, kan?

Apa Fungsi Warehousing?

Fungsi utama dari warehousing adalah penyimpanan barang di dalam warehouse. Dengan demikian, apa maksud warehousing secara fungsi berkaitan erat dengan gudang. Meski begitu, ada beberapa fungsi sekunder dari warehousing yang meningkatkan kegunaan dari gudang itu sendiri, yaitu:

  • Hub pengiriman. Fungsi ini paling bisa kamu rasakan kalau lokasi gudangmu berada di titik yang sangat strategis. Dengan begitu, gudang yang kamu kelola bisa menjadi hub pengiriman untuk menerima barang, yang nantinya akan didistribusikan atau dikirim ke lokasi-lokasi lain.
  • Lini perakitan. Apabila produk diantarkan ke produsen manufaktur dalam beberapa bagian atau potongan, sebuah bisnis bisa menetapkan area-area di dalam gudang di mana produk tersebut akan dirakit atau disusun sebelum akhirnya dijual.
  • Ruang penyimpanan untuk disewakan
  • Jika kamu memiliki gudang dengan kapasitas ekstra yang tak terpakai, kamu bisa pertimbangkan untuk menyewakan ruang lebih tersebut. Jadi, kamu bisa dapatkan penghasilan tambahan di luar pendapatan utama dan meminimalisir biaya overhead untuk operasional gudang yang dibebankan ke aktivitas bisnismu.

Manfaat Warehousing

Dari definisi warehousing sendiri, kamu tentu sudah bisa simpulkan dengan jelas bahwa manfaat warehousing adalah untuk penyimpanan produk. Tapi, sebenarnya proses ini masih memiliki berbagai manfaat lainnya, seperti berikut ini:

  • Meningkatkan akurasi data persediaan.
  • Mengurangi biaya overhead gudang yang dibebankan ke operasional utama bisnis.
  • Membantu merencanakan alokasi tenaga kerja dengan efektif dan efisien dari waktu ke waktu.
  • Melindungi barang dari berbagai risiko kerusakan, sehingga dapat melindungi kualitasnya.
  • Distribusi barang yang lebih efisien dari segi waktu, biaya, dan tenaga, terutama untuk lokasi warehouse yang aksesnya sangat mudah dari pelanggan atau hub manufaktur.
  • Alur barang dari penjual hingga pengguna akhir yang jauh lebih baik dengan pemahaman yang mendalam mengenai tata letak warehouse untuk alur pergerakan barang yang optimal.

Dengan begitu, bisa kamu simpulkan pula bahwa apa itu warehouse maupun warehousing ternyata memiliki fungsi dan manfaat yang sangat luas, serta jauh melampaui proses penyimpanan barang saja. Oleh karena itu, kamu perlu rencanakan, desain, dan kelola warehouse dengan sangat cermat agar keberadaan warehouse ini akan benar-benar bisa menunjang aktivitas bisnismu secara optimal.

Tapi, kamu tak perlu khawatir kamu menemui ganjalan dalam mengelola gudang untuk bisnismu, termasuk bisnis online sekalipun. Soalnya, Shipper sudah memiliki solusi warehousing yang jauh lebih mudah dan praktis untuk kamu gunakan.

Lewat layanan warehousing di www.shipper.id/warehouse, kamu bisa hemat waktu dan tenaga karena Shipper akan bantu handle seluruh aktivitas warehousing. Mulai dari penerimaan barang dari supplier, pendataan, penyimpanan, bahkan sampai pengemasan dan pengiriman ke pelanggan, semua bisa ditangani oleh Shipper. Dengan begitu, kamu bisa fokus gunakan waktu dan tenagamu untuk kelola bisnis, apalagi kalau bisnismu baru saja dirintis dan sedang mulai berkembang.

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.