2 Hal Penting untuk Yakinkan Pelanggan dalam Video Review Produk

Uncategorized08 December 2021
video-review-produk

Daftar Isi
1. Cara Buat Video Iklan Produk Hanya dengan HP
2. Tips Meyakinkan Pelanggan dalam Video Review Produk
3. Tips Buat Video Produk dengan Peralatan Seadanya
4. Tips Membuat Iklan Video Produk Minuman
5. Cara Membuat Video Produk dengan Teknik One Take
6. Intip Tips Video Low Budget dengan Hasil Eksklusif
7. Edit Video Cinematic dengan 6 Aplikasi Ini
8. Tips Sukses Membuat Video Animasi untuk Promosi Produk
9. Aplikasi untuk Membuat Video Motion Graphic
10. Ide Konsep Video Promosi Produk yang Trend di 2021

Kepercayaan dibangun dari hal kecil. Seperti halnya membangun kepercayaan pada pelanggan. Pembisnis harus bisa membuat pelanggan berdatangan bukan karena produk murah saja, tapi juga atas kepercayaan yang dibangun.

Sobat Shipper perlu membangun kepercayaan untuk branding loh. Bisnis bisa bertahan bukan karena harga yang murah, melainkan dari branding yang bagus. Coba kalian lihat, apakah produk bermerk seperti Gucci memiliki harga yang murah? Tidak. Tapi kenapa masih banyak peminatnya? Karena pelanggan percaya pada kualitas yang diberikan

Bagaimana sih cara membangun kepercayaan? Apakah cukup dengan membuat konten promosi? Atau mungkin menggunakan endorstment? Endorsement artinya sebuah bentuk promosi yang biasanya menggunakan video review produk sebuah brand, dan dilakukan oleh orang yang terkenal (selebriti, influencer dsb) yang bisa menambah kepercayaan pelanggan terhadap brand tersebut. Namun melakukan endors artinya kalian harus mengeluarkan budget lebih.

Jadi bagaimana ya cara membuat promosi yang bisa menaikan kepercayaan pelanggan, tanpa mengeluarkan banyak uang? Caranya dengan membuat video review produk!

Video review produk sendiri memiliki kekuatan yang cukup besar dalam membangun kepercayaan brand pada pelanggan. Kenapa begitu? Karena dengan sebuah review produk yang detail, akan memperlihatkan keunggulan serta kekurangannya secara lebih banyak. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam pembuatan video review produk itu sendiri? Sekiranya ada dua hal yang sobat shipper perlu ketahui. 2 hal ini sangat penting dalam pembuatan video review produk.

1. Video Master

Video master, artinya video yang merekam segala perbincangan sobat Shipper mengenai produk. Usahakan ada model di dalamnya, agar orang semakin percaya, kalau video review produk ini dibuat oleh orang bukan sekedar mengambil footage dari internet.

Pengambilan video master atau video utama ini mudah. Sobat Shipper hanya perlu men-setting kamera pada satu posisi aja. Biarkan kamera tersebut diam, dan Sobat Shipper yang bicara.

Jelaskan secara detail produknya, sehingga pelanggan pun tahu apa saja detail pada produk yang sobat jual. Jangan lupa, gunakan intonasi serta gerak tangan supaya menarik.

Alangkah baiknya jika hanya diambil dari sudut depan saja. Kenapa? Rupanya pelanggan lebih fokus pada cerita kalian mengenai produk, daripada transisi model yang kalian pakai. Namun jika produk yang ingin di review membutuhkan peragaan, maka alangkah baiknya untuk bergerak kesana kemari.

Semuanya tergantung produk apa yang sedang Sobat Shipper review. Ingat, bedakan video review produk dengan video iklan produk.

Isi dalam video review produk lebih jujur. Menunjukan keunggulan dan kelebihan. Sekalipun itu produk yang sobat shipper jual, usahakan buat review sejujur mungkin, tanpa merugikan brand kalian sendiri.

2. Video Visual

Video visual, adalah video yang menampilkan detail visual produk yang Sobat Shipper jual. Apakah video master tidak cukup jelas? Bukan begitu, rasanya terlalu hambar jika sobat shipper hanya menampilkan satu video dengan satu model saja. Mungkin pelanggan bisa bosan mendengar penjelasan yang terlalu panjang. Maka dari itu, video visual ini penting untuk menambah ketertarikan pelanggan pada video review produk yang sobat buat.

Ini bisa dikreasikan sesuai keinginan Sobat Shipper. Tapi rata-rata video review produk menggunakan ritme visual yang mirip, 2 diantaranya sebagai berikut :

a. Lightning

Lightning atau pencahayaan ini penting dalam segala hal yang berbau fotografi dan videografi. Salah satunya dalam pembuatan video review produk ini.

Pencahayaan jadi faktor penting untuk memperjelas visual produk yang akan ditampilkan. Jangan terlalu terang atau terlalu gelap. Gunakan lampu tambahan jika sobat Shipper memilikinya.

Penempatannya sendiri bisa sobat Shipper kondisikan, sesuai dengan produk apa yang sobat jual. Juga nuansa apa yang sobat coba perlihatkan. Jika ingin membuat nuansa menyenangkan, kamu bisa gunakan pencahayaan yang lebih terang. Jika ingin membuat nuansa sendu, bisa gunakan pencahayaan yang sedikit redup, tapi jangan sampai terlalu gelap.

Perhatikan juga bayangan, jangan sampai terlalu berbayang karena akan menimbulkan efek suram. Bagaimana jika Sobat Shipper tidak memiliki alat-alat tersebut? Tak masalah, gunakan cahaya alami, matahari. Tapi harus di siang hari, agar cahayanya terang. Sobat Shipper bisa ambil video visual dekat jendela, atau di outdoor sekalipun.

b. Movement camera

Bayangkan jika kamu menonton video yang gambarnya tidak bergerak. Rasanya seperti menonton foto dengan durasi yang lama bukan? Itu tidak akan bisa memanjakan mata para pelanggan.

Sobat Shipper harus bisa melakukan movement camera dengan tepat. Jangan asal-asalan bergerak, karena efek yang ditimbulkan juga akan berbeda. Video yang dibuat asal-asalan hanya akan memberik kesan tidak tulus. Maka dari itu Sobat Shipper harus serius dalam pembuatan video review produk ini supaya hasil yang didapat pun memuaskan.

Perbanyak referensi pengambilan gambar, supaya Sobat Shipper punya gambaran harus mengambil video visual yang seperti apa. Tapi jika masih bingung sobat bisa menggunakan trik-trik dasar ini.

Pertama, gerakan pada kamera. Takut tidak stabil? Tidak masalah, gunakan tripod dalam pengambilan gambarnya. Kemudian gerakan dari atas kebawah. Cukup naikan tripod sampai kakinya membentuk sudut 45 derajat keatas. Kemudian turunkan perlahan. Begitu juga jika ingin membuat pergerakan ke samping. Sobat Shipper bisa gunakan satu kaki tripod sebagai tumpuan untuk berputar-putar.

Kedua, pergerakan pada produknya. Sobat Shipper bisa menggunakan tangan untuk menggerakan produk. Entah itu diputar, atau sekedar diperdekat saja pengambilan gambarnya. Tapi jika punya budget lebih, kamu bisa coba beli lazy susan sebagai alat pembantu untuk memutar produk. Lazy susan bisa membuat pemutaran produk menjadi lebih lembut.

Editing Video Review Produk

Sobat Shipper bisa menggunakan aplikasi editing apapun yang menurut sobat mudah digunakan. Namun hal ini perlu dicatat. Kamu harus meletakan video master di bagian bawah, kemudian tumpuk dengan video visual. Sesuaikan video visual dengan apa yang sobat sedang bicarakan di video master.

Disarankan untuk membuat video review produk dengan durasi yang singkat. Mungkin sesingkat durasi video tiktok. Kenapa? Supaya pelanggan bisa dapat intinya dengan cepat dan tepat sasaran. Tapi jika tidak memungkinkan, tidak masalah jika sobat Shipper membuat video berdurasi panjang. Asalkan tetap menarik.

Itu dia 2 hal penting yang harus Sobat Shipper masukan dalam video review produk yang akan dibuat. Buatlah semenarik mungkin, dan jangan lupa isinya yang berkualitas sehingga pelanggan juga bisa menaruh kepercayaan pada brand Sobat Shipper. Sama seperti kamu yang bisa juga mempercayakan jasa pengiriman pada Shipper loh. Karena Shipper memberikan jasa terbaik, dan menjaga barang dengan aman sampai tujuan. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi websitenya di shipper.id!

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.