4 Manfaat Manajemen Persediaan untuk Usaha Konveksi, Apa Saja?

Uncategorized27 September 2021
usaha-konveksi

Bagi Sobat Shipper yang menjalankan usaha konveksi, kamu barangkali sudah merasakan sendiri pentingnya manajemen persediaan yang baik. Sebab, kamu pasti memiliki banyak stok persediaan bahan baku yang perlu disimpan untuk digunakan dalam proses produksi. Selain gulungan kain yang tentu tak sedikit jenis maupun jumlahnya, masih ada juga bahan baku lain seperti benang.

Hal yang sama pun berlaku bahkan jika kamu “hanya” menjalankan usaha konveksi rumahan. Salah satu contoh usaha konveksi rumahan misalnya jasa jahit atau modiste. Tanpa manajemen persediaan, proses produksi bisa jadi terhadang, yang tentu juga akan memengaruhi produktivitas usahamu.

Dan berikut ini adalah 4 manfaat utama yang bisa kamu rasakan dengan menerapkan manajemen persediaan yang cermat bagi usaha konveksi yang kamu jalankan. Simak penjelasannya di bawah ini dan selamat membaca!

1. Mengurangi Risiko Salah Hitung Persediaan

Bagaimana kamu tahu kalau kamu masih punya stok kain atau benang yang cukup untuk aktivitas produksi usaha konveksi? Tentu kamu bisa tahu kalau kamu rutin mengecek untuk menghitung dan membuat data stok yang ada di gudangmu, kan? Apabila ternyata kamu tidak menghitung ataupun salah hitung, bisa jadi kamu malah keluar biaya terlalu banyak karena membeli stok yang sebenarnya masih ada, atau mengalami keterlambatan produksi karena ternyata stok kurang.

2. Penyimpanan Produk yang Lebih Baik

Salah satu risiko yang dihadapi oleh para pelaku usaha konveksi adalah stok bahan baku yang menumpuk terlalu lama. Hal ini disebabkan oleh manajemen dan pendataan persediaan yang kurang baik. Padahal, bahan baku bisnis konveksi juga cenderung mudah rusak jika tidak disimpan dengan benar. Contohnya kain dimakan rayap karena ternyata gudang penyimpanan lembap. Nah, risiko ini bisa kamu cegah lewat manajemen persediaan yang mengatur metode penyimpanan dengan tepat.

3. Meningkatkan Efisiensi Gudang

Dengan adanya manajemen persediaan pada bisnis konveksimu, kamu juga bisa meningkatkan efisiensi karyawan atau staf yang bekerja di gudang, lho! Sebab, mereka jadi tahu dan paham apa saja yang harus mereka lakukan terkait dengan pengelolaan persediaan bahan baku. 

Jadi, mereka bukan hanya perlu menyimpan bahan baku konveksi di dalam gudang saja, tapi juga bagaimana agar seluruh persediaan bahan baku tersebut dapat terdata dengan baik serta terjaga kualitasnya sampai akhirnya nanti bahan baku dibutuhkan untuk produksi. Manfaat ini akan semakin terasa jika kamu juga mengadopsi sistem teknologi ke dalam manajemen persediaan barangmu seiring dengan perkembangan bisnis konveksi yang kamu jalankan nanti.

4. Meningkatkan Laba Bersih Bisnismu

Dengan adanya sistem manajemen persediaan yang lebih baik, kamu juga pada akhirnya pun akan merasakan keuntungan secara finansial lewat peningkatan laba bersih. Selain efisiensi SDM gudang, proses produksi usaha konveksi juga akan lebih lancar tanpa ada kendala bahan baku berlebih atau penundaan produksi karena bahan baku kurang.

Dan manfaat yang satu ini jadi semakin terasa kalau kamu menggunakan jasa gudang dari Shipper. Solusi ini sangat pas buat kamu yang punya keterbatasan modal sehingga tidak bisa menyewa gudang untuk bahan baku, atau baru membutuhkan kapasitas penyimpanan yang minim.

Ditambah lagi, jasa gudang Shipper juga sudah termasuk biaya staf profesional yang akan bantu tentukan metode penyimpanan terbaik untuk seluruh bahan baku. Jadi, kamu juga tak perlu keluar biaya lagi untuk menggaji karyawan gudang sendiri, kan?
Tertarik menggunakan jasa gudang Shipper? Klik https://shipper.id/warehouse untuk info lengkapnya, yuk!

Baca Juga: 4 Perbedaan Pengusaha dan Entrepreneur yang Perlu Kamu Ketahui!

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.