Sebelum Bikin Logo, Yuk Ketahui Tujuan Pembuatan Logo!

Uncategorized09 November 2021
tujuan-pembuatan-logo

Daftar Isi
1. Tujuan Pembuatan Logo
2. Alasan Desain Logo Penting untuk Meyakinkan Pelanggan
3. Cara Bikin Logo Online yang Cocok untuk Bisnis
4. Tips Memilih Warna Logo
5. Supaya Hemat, Begini Cara Membuat Logo Sendiri
6. Begini Cara Cepat Membuat Logo Di HP
7. Cara Membuat Logo Watermark untuk Online Seller
8. Cara Membuat Logo 3D Di PixelLab
9. Hanya 5 Menit. Begini Cara Membuat Logo Di Canva
10. Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Desain Logo Makanan

Sobat Shipper, ada beberapa hal yang kamu harus ingat. Logo bukanlah merek. Merek adalah pengalaman dan persepsi orang tentang sebuah bisnis. Branding adalah strategi yang dilakukan untuk membangun merek. Dan identitas merek adalah ekspresi nyata dari sebuah merek. Jadi, apa itu logo? Dan apa tujuan pembuatan logo? Kamu bisa cari tahu jawabannya di artikel ini!

Sebuah logo mungkin merupakan interaksi pertama yang seorang pelanggan alami dengan sebuah bisnis. Hal ini menjadi sebuah kesempatan untuk membuat kesan pertama yang kuat untuk mengekspresikan tujuan bisnis tersebut secara visual. 

1. Apa itu logo?

Logo adalah simbol yang membantu kita untuk mengidentifikasi sebuah merek yang terdiri dari teks dan/atau gambar. Logo yang baik adalah landasan sebuah merek. Sederhananya, logo adalah sebuah visual yang digunakan oleh perusahaan, organisasi, kelompok, atau individu untuk menyatakan identitas mereka. 

Hal ini akan membantu masyarakat umum untuk memahami apa yang mereka lakukan, siapa mereka, dan nilai apa yang mereka hargai. Ini adalah tanggung jawab yang besar untuk sebuah lambang kecil. 

Mendesain sebuah logo berarti menciptakan simbol yang merepresentasikan sebuah bisnis sepenuhnya. Umumnya, logo terdiri dari simbol atau brand mark dan logotype, dan bisa juga disertai dengan tagline

Logo sangat penting dalam proses branding. Kualitas sebuah logo dapat mempengaruhi penjualan sebuah bisnis. Oleh karena itu, sebuah logo harus terlihat positif. Logo yang baik adalah logo yang dapat diingat dengan mudah dan cepat oleh pelanggan dan membedakan suatu merek dari merek lain. 

Sebuah bisnis dapat menggunakan logo untuk mengomunikasikan kepemilikan, kualitas, dan nilai merek mereka. Umumnya, logo digunakan pada produk, kartu nama, website, media sosial, email resmi dan masih banyak lagi.

2. Apa tujuan pembuatan logo? 

Kalau Sobat Shipper berpikir bahwa kualitas logo bukanlah hal yang penting untuk pertumbuhan dan popularitas sebuah merek, maka inilah saatnya untuk mengubah pemikiran tersebut. Memang benar bahwa konsumen berfokus pada kualitas produk, tapi logo adalah hal pertama yang akan menangkap perhatian calon pelanggan.

Kalau logo sebuah bisnis sulit untuk diingat diingat dan mirip dengan merek lain, penjualan bisnis tersebut bisa menurun drastis walaupun sudah menawarkan produk yang berkualitas. Oleh karena itu, logo yang baik perlu menjadi titik awal sebuah bisnis. Pentingnya fungsi logo untuk sebuah bisnis bisa Sobat Shipper lihat pada poin-poin berikut;

a. Logo membuat bisnis menonjol dari kompetitor 

Tujuan logo yang paling mendasar adalah memberi sebuah bisnis keunikan yang bisa membedakan diri mereka dari bisnis lain.

Poin ini sangat penting kalau bisnis tersebut memiliki persaingan yang cukup ketat. Sebelum sebuah bisnis mendesain logo, sebuah bisnis harus melakukan penelitian pasar untuk mengetahui seperti apa kompetitor mereka dan bagaimana posisi mereka, sehingga bisnis tersebut bisa memposisikan diri di pangsa pasar yang mereka ingin kuasai.

Walaupun begitu, sebuah logo yang menonjol karena terlalu aneh juga bisa menjadi masalah bagi bisnis tersebut. 

b. Logo mengidentifikasi informasi penting tentang sebuah bisnis 

Sebuah logo yang baik memberitahu pelanggan mengenai beberapa informasi penting tentang sebuah bisnis hanya dengan melihat. Logo bisa mengkomunikasikan industri di mana bisnis tersebut bergerak, layanan yang mereka berikan, demografi target, dan nilai yang mereka anut. 

Misalnya, sebuah bisnis mungkin menggunakan gambar sirkuit pada logo mereka untuk menunjukkan bahwa mereka bergerak di industri IT. Atau mereka mungkin menggunakan warna hijau untuk mengkomunikasikan bahwa mereka berkomitmen untuk menjadi ramah lingkungan. Atau mereka mungkin menggunakan font tertentu untuk menonjolkan kemewahan brand mereka. 

c. Logo membangun pengenalan merek

Logo harus bisa meninggalkan dampak visual yang mengingatkan masyarakat luas bahwa suatu bisnis ada dan nyata. Dengan kata lain, logo dapat menciptakan visual yang berhubungan kuat dengan bisnis tersebut. Hubungan ini membantu para pelanggan untuk mengingat merek mereka.

Merek terkenal seperti Nike atau McDonalds yang memiliki logo ada di mana-mana bisa langsung dikenali walaupun tidak menggunakan nama brand

d. Logo meningkatkan loyalitas merek

Ketika sebuah bisnis menawarkan produk yang berkualitas kepada pelanggan, pelanggan tersebut tentu akan terbujuk untuk melakukan transaksi kembali. Dan, dengan bantuan logo keren, bisnis tersebut akan membangun daftar pelanggan setia. Hal ini akan membantu bisnis tersebut untuk mengembangkan operasi mereka. 

3. Bagaimana cara membuat logo keren?

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, apakah Sobat Shipper tertarik untuk mendesain logo untuk bisnis sendiri? Simak beberapa tips dari Shipper berikut ini. 

a. Sederhana 

Sebuah logo harus bisa diinterpretasikan dengan mudah supaya cepat terkoneksi dengan audiens mereka. Membuat sebuah logo yang sederhana adalah hal yang penting dengan tujuan  logo tersebut bisa diimplementasikan dengan mudah di berbagai platform dalam ukuran apa pun.

b. Trademark 

Tidak seperti perusahaan besar, sebagian besar bisnis kecil tidak memiliki trademark selama mereka berdiri. Umumnya, hal ini disebabkan karena mereka tidak memiliki anggaran untuk mendaftarkan hak cipta atau anggaran pemasaran yang besar untuk mempromosikan merek mereka. Jadi, sebagai alternatif yang jauh lebih murah, logo perlu mengkomunikasikan dengan jelas siapa dan apa yang bisnis tersebut pada pelanggan dalam sekejap.

c. Komponen  

Dari konsep hingga peluncuran, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat mendesain sebuah logo. Namun, yang terpenting menurut Shipper adalah tiga hal berikut, tipografi yang bagus, warna yang sederhana, dan elemen visual yang kuat.

4. Apa yang membedakan logo dari merek? 

Satu hal umum yang mungkin membingungkan untuk Sobat Shipper adalah memahami perbedaan antara logo dan merek. Walaupun terlihat rumit, perbedaan kedua hal ini cukup sederhana, yaitu merek adalah kumpulan persepsi yang dimiliki oleh masyarakat tentang sebuah bisnis. Dengan kata lain, merek adalah gambaran besar yang diciptakan oleh bisnis tersebut untuk masyarakat. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak strategi, seperti iklan, promosi, customer service, dan tentunya logo.

Jadi, logo sebenarnya adalah bagian dari merek sebuah bisnis dan bukan sebaliknya. Misalnya, logo Apple yang ikonik dan mudah dikenali bukanlah satu-satunya hal yang menciptakan identitas merek mereka yang elegan, mudah digunakan, dan ramah pelanggan. Kualitas tersebut diekspresikan melalui pilihan desain mereka dalam iklan, website dan tata letak toko. Logo tersebut hanya merepresentasikan asosiasi visual hal-hal tersebut.

Pada intinya, sebuah logo adalah salah satu properti berharga sebuah bisnis yang memiliki peran integral sebagai bagian dari identitas merek mereka. Apa Sobat Shipper sudah siap untuk mendesain logo yang merepresentasikan online shop-mu? 

Setelah memahami apa tujuan pembuatan logo, jangan lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap pelayanan konsumen. Gunakan jasa Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.