Masih Dibutuhkan, Begini 5 Trik Efektif buat Mengasah Kemampuan Telemarketing!

Uncategorized05 July 2021
trik-telemarketing-dalam-bisnis

Dibandingkan sejumlah skill terkini yang mengandalkan digitalisasi, telemarketing dianggap sudah ketinggalan zaman oleh kebanyakan perusahaan. Sesuai namanya, seseorang yang berprofesi sebagai telemarketer akan berupaya menciptakan peluang kepada calon pelanggan melalui telepon. Berbeda dari telesales yang berfokus pada konversi penjualan.

Potensi peningkatan peluang inilah yang membuat telemarketer masih dipertahankan sejumlah perusahaan. Kamu yang tertarik menekuninya bisa menerapkan enam tips mudah telemarketing berikut!

1. Tentukan tujuan dan siapkan rencana

Penetapan tujuan membantumu menghindari risiko seperti offside yang kerap dialami telemarketer. Kemudian, dampingi dengan perencanaan matang sebelum meniti karier di bidang telemarketing. Setelah mendapatkan daftar kontak yang diperlukan, siapkan langkah apa saja yang akan kamu lakukan supaya calon konsumen bersedia mengambil peluang. Rencana berbentuk skrip pun bisa digunakan dalam diskusi dan pembuatan strategi pemasaran.

2. Jelas dalam berbicara dan tak terlalu cepat

Keterampilan dalam berbicara menjadi salah satu syarat telemarketing yang harus kamu kuasai. Hal tersebut mempengaruhi informasi yang sampai ke telinga konsumen dan menghindari kemungkinan munculnya kesalahpahaman. Untuk itu, kamu harus sering melatih diri dengan meminta bantuan seseorang untuk pengetesan kefasihan dalam bicara. Ikuti kursus public speaking kalau dirasa perlu, terutama kalau kamu adalah tipe yang mudah gugup.

Baca juga: Strategi Promosi Jitu Entrepreneurship Bisnis di Era Digital

3. Kuasai pengetahuan produk yang ditawarkan

Sebagai ‘bintang utama’ dalam telemarketing, produk, baik barang maupun jasa, wajib kamu pelajari sebaik mungkin. Kenali karakteristik, manfaat, keunggulan, harga, target pasar, hingga promosi menarik yang akan diberikan. Penguasaan terhadap produk pun bakal menyiapkanmu menghadapi pertanyaan-pertanyaan tak terduga dari calon konsumen. Kalau sampai tak bisa menjawab, kamu bakal kehilangan konsumen potensial.

4. Pelajari informasi seputar calon konsumen

Mengingat telemarketing adalah bidang yang dekat dengan peluang menjerat perhatian konsumen, mengenali karakteristik mereka bakal jadi kunci suksesmu sebagai telemarketer. Perusahaan biasanya memberikan gambaran seputar target pasar yang mereka incar. Jadi semestinya kamu bisa lebih mudah ‘berkenalan’ dengan mereka. Selain itu, kamu juga mampu menjelaskan produk secara to the point; menghindari basa-basi yang dibenci kebanyakan konsumen.

5. Tunjukkan kesan yang lebih personal

Telemarketing memang berhubungan erat dengan penawaran produk. Namun, sebagai telemarketer, kamu masih berpeluang mengaitkan produk dengan ucapan atau ajakan yang bersifat personal. Justru kalau melihat tren yang sedang digemari, sebagian besar konsumen cenderung memilih produk yang memiliki kedekatan personal. Strategi telemarketing ini, kalau diterapkan dengan tepat, menimbulkan kesan diperhatikan di mata calon konsumen.

6. Antisipasi berbagai kemungkinan yang datang

Seperti profesi lain di bidang pemasaran, telemarketer juga menghadapi berbagai kemungkinan yang kurang menyenangkan dari konsumen. Entah dari penolakan langsung, tawar-menawar yang alot, dijahili, hingga pembatalan mendadak. Alih-alih kecewa atau putus asa, risiko ini semestinya membuatmu lebih siap dalam mempelajari telemarketing. Sehingga di kemudian hari, kamu bisa mengatasinya dengan mudah dan cepat.

Sebagai pemula, kamu dapat pilih produk yang sedang dicari konsumen selama beberapa tahun belakang. Dari bisnis online, contohnya, jasa kirim barang menjadi layanan yang sangat dibutuhkan untuk melancarkan operasional. Sebagai rekomendasi, kamu bisa mempelajari Shipper, penyedia jasa shipping yang telah melayani konsumen dari berbagai wilayah di Indonesia sampai mancanegara. Bukan cuma itu, tarif yang ditawarkan relatif bersahabat sekaligus kompetitif di kelasnya.

Ingin tahu lebih banyak seputar Shipper? Kamu bisa akses semua informasinya dengan membuka website mereka di https://shipper.id
Baca juga: Tips Memilih Jasa Pengiriman yang Tepat untuk Bisnis Kamu

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.