Tips Sukses Memulai Usaha Catering di Tengah Pandemi

Uncategorized27 September 2021
tips-usaha-catering

Pandemi membuat kita harus berpikir inovatif menjalankan bisnis. Salah satu ide bisnis yang cukup menjanjikan di tengah pandemi adalah usaha catering. Merupakan salah satu usaha dibidang kuliner yang menyediakan makanan atau minuman untuk kebutuhan tertentu. Misalnya katering harian,  kantor, sekolah, gathering, arisan, selamatan, pernikahan dan lain-lain. 

Bisnis catering cocok untuk Sobat Shipper yang punya minat di bidang kuliner, seperti hobi memasak atau mengolah makanan. Selain menjalankan hobi juga dapat menambah penghasilan. Sobat Shipper, tertarik mencoba usaha catering rumahan? Mari simak tips sukses memulai usaha catering berikut ini! 

1. Persiapan Usaha 

Cara memulai usaha catering yang pertama adalah persiapan. Hal yang perlu dipersiapkan meliputi modal, menentukan jenis katering dan membuat nama brand. Bisnis catering rumahan bisa dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar, Sobat Shipper. Gunakan perlengkapan masak yang sudah ada di dapur dapat menghemat modal usaha catering.  

Lakukan riset pasar untuk menentukan jenis catering yang cocok disesuaikan dengan modal usaha. Riset pasar juga bermanfaat untuk menentukan harga yang tepat. Supaya usaha catering semakin baik persiapkan nama brand yang unik dan logo sederhana untuk dipasang di kemasan catering. Ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan catering Sobat Shipper. 

Baca Juga: 5 Ide Peluang Usaha Rumahan di Tengah Pandemi yang Bisa Dijadikan Pilihan

2. Mulai Buka Usaha

Persiapan awal sudah dilakukan, selanjutnya cara memulai bisnis catering yaitu persiapan memulai usaha. Ada beberapa hal penting yang perlu Sobat Shipper perhatikan ketika mulai usaha catering rumahan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai langkah awal membuka usaha catering

1. Pilih Supplier 

Memilih supplier yang tepat dengan harga kompetitif sebagai pemasok bahan baku. Hal ini lebih praktis daripada Sobat Shipper harus bolak balik ke pasar untuk belanja bahan baku. Belanja bahan baku dari supplier juga biasanya mendapat harga lebih mudah. 

2. Perhatikan Bahan dan Rasa

Kualitas makanan adalah hal yang perlu diperhatikan ketika memulai usaha catering. Pastikan menggunakan bahan yang layak dan masakan diolah secara higienis. Sajikan rasa makanan yang enak dan fresh agar pelanggan tidak kecewa dan menjadi langganan. 

3. Asah Terus Kemampuan Memasak

Sambil menjalankan usaha wajib terus mengasah kemampuan memasak agar bisnis catering rumahan Sobat Shipper semakin maju. Ikuti pelatihan masak atau banyak menonton video memasak di internet. Rutin sajikan variasi makanan yang baru agar pelanggan tidak bosan. 

3. Promosi

Hal yang tidak boleh dilupakan dalam cara memulai usaha catering yaitu promosi. Bisnis dapat berkembang dengan strategi promosi yang tepat. Beberapa cara berpromosi yang bisa Sobat Shipper lakukan yaitu: 

  • Untuk awal pembukaan usaha catering rumahan bagikan tester produk ke warga sekitar untuk memberikan informasi sekaligus mengenalkan rasa dan kualitas catering tersebut.
  • Manfaatkan media sosial atau website untuk berpromosi agar lebih banyak pelanggan. 
  • Tak ada salahnya sesekali memberikan promo khusus di hari spesial, seperti hari kemerdekaan Indonesia dan sebagainya. 

Itulah beberapa cara memulai usaha catering. Bekerja keras dan semangat berpromosi agar usaha catering semakin laris manis ya, Sobat Shipper. Dalam menjalankan bisnis tentunya akan ada saat membutuhkan layanan pengiriman. Shipper adalah solusi pengiriman yang aman dan profesional. Dapatkan penawaran khusus dan berbagai kemudahan bekerja sama dengan Shipper. Cek infonya di https://shipper.id

Baca Juga: 7 Tips Mulai Usaha Catering Online Bagi Pemula

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.