Tips Packing yang Benar Agar Paket Tetap Aman Sampai Tujuan

Uncategorized05 August 2021
tips-packing-paket

Jika selama ini kamu berpikir bahwa packing paket itu sulit, segera buang mindset tersebut! Kamu bisa dengan mudah mengemas paket kemudian dikirimkan ke kantor jasa pengirimannya. 

Agar paket barang kamu lebih aman, cari tahu di artikel ini karena akan mengulas tentang cara packing paket yang benar. Mengapa packing paket itu penting? Karena itu bisa menjamin paket kamu aman sampai ditangan pembeli. 

Cara Packing Paket yang Benar dan Aman

Selama di perjalanan juga paket cenderung beresiko bertumpuk-tumpuk atau terbanting oleh kurirnya. Selalu pastikan kamu mengemasnya dengan benar ya! 

  • Kenali Karakteristik Barang yang Akan di Kirim

Maksud dari poin yang pertama ini adalah bahan dari barang itu sendiri. Misalnya berbahan dasar kaca, plastik, kain atau bahan lain yang mudah pecah. 

Untuk itu cara packing barangnya juga tidak bisa sembarangan. Sobat Shipper harus menyesuaikan packing barangnya agar tidak terjadi masalah selama pengiriman. 

Barang berbahan kaca bisa dilengkapi dengan bubble wrap yang cukup tebal agar lebih aman. 

  • Pilih Bahan Dasar Packing Sesuai Barangnya

Setelah menentukan karakteristik barang, maka selanjutnya harus bisa memilih bahan yang akan digunakan untuk packing

Amplop misalnya, ini digunakan untuk mengirimkan surat atau dokumen lain. Agar lebih aman paling kamu bisa melapisinya dengan plastik. 

Kemudian kardus juga bisa dipakai untuk packing barang yang umum, apa saja sebenarnya bisa dikemas dengan kardus. Paling jika mudah pecah atau rusak bisa dilapisi bubble wrap di dalamnya. 

Sedangkan untuk packing dengan bahan plastik biasanya digunakan untuk barang yang tidak mudah rusak. Misalnya baju, celana, atau jaket dengan menggunakan plastik berwarna hitam. 

Baca: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membungkus Paket ke Luar Negeri

  • Tambahan Bahan Packing 

Selain bubble wrap yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa menambahkan bahan packing agar jauh lebih aman. Bahan tambahan packing ini menjamin paket barang tetap aman ketika sampai di konsumen. 

Cara packing paket JNE misalnya, selalu mengutamakan keamanan paket. Terutama untuk bahan yang mudah pecah dan mudah rusak, biasanya paket yang sudah dibungkus ditambah pelindung dari kayu.

Styrofoam juga bisa digunakan untuk melindungi paket barang, tetapi pastikan terlebih dahulu apakah tetap aman meskipun hanya menggunakan stryrofoam?

Jangan lupa berikan tanda berupa tulisan atau sticker “fragile” yang memberitahukan bahwa paket barang mudah pecah atau rusak. 

  • Tulis Alamat Secara Jelas dan Mudah Terlihat

Lebih bagus menggunakan hasil cetak dari komputer, tidak ditulis tangan untuk alamat yang akan dikirimkan. Tidak hanya mementingkan packing paket, Anda juga harus memperjelas alamat yang dituju. 

Hal tersebut merupakan pencegahan agar tidak terjadi kendala ketika kurir mengirimkan paket barangnya.

  • Packing Paket dengan Rapi

Cara packing paket yang terakhir adalah kerapihannya, meskipun nantinya akan dibuka akan tetapi harus mengutamakan kerapihan. Pastikan semua area paket bisa dikemas dengan baik agar terlindungi, seperti penggunaan selotip atau pelindung kayu. 

Setelah memastikan kerapihan, isi paket di dalamnya dan alamat yang jelas maka sekarang kamu bisa memilih jasa pengiriman yang tepat. Atau jika kamu mendapatkan orderan dari marketplace, biasanya jasa pengiriman sudah ditentukan langsung oleh pembelinya. 

Packing paket yang sudah kamu siapkan bisa dikirimkan melalui shipper.id yang memiliki layanan jemput paket. Jadi Sobat Shipper tinggal menghubungi kurirnya maka akan datang menjemput paket.

Kelebihan dari shipper adalah tarif bisa dipilih langsung dari berbagai jasa pengiriman, sekaligus membandingkan tarifnya. Untuk lebih jelasnya bisa mengunjungi situs www.shipper.id.

Baca juga: Tips Memilih Jasa Logistik untuk Bisnis Produk Kosmetik

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.