Agar Aman, Ini Cara Packing Barang Secara Tepat!

Uncategorized10 September 2021
tips-packing-barang-yang-aman

Agar aman ketika mengirim barang, tentunya Sobat Shipper harus memperhatikan teknik packing barang secara tepat. Karena bagaimanapun teknik packing yang baik, akan membuat barang aman selama perjalanan, hingga akhirnya sampai ke lokasi tujuan.

Tentang Packing Barang

Terutama untuk Sobat Shipper yang memang menjual barang-barang online, ini salah satu informasi yang harus diperhatikan dengan baik. Teknik packing barang yang baik pastinya membuat para pelanggan atau konsumen Sobat Shipper semua, tidak akan kecewa, barang yang dipesan, tiba secara selamat, dan tidak mengalami kerusakan.

Tentunya Sobat Shipper tidak ingin kepercayaan para pelanggan rusak begitu saja, karena sistem pengepakannya yang kurang tepat.

Tips Packing Barang Agar Tidak Mudah Rusak

Baca juga: Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Jasa Pengiriman Barang Tercepat

Berikut ini adalah beberapa tips packing barang, yang harus Sobat Shipper ketahui, antara lain:

1. Cek Barang yang Akan Dikirim

Cara packing barang yang pertama adalah cek jenis barang yang akan dikirim. Apakah termasuk kategori barang pecah belah, barang elektronik, benda cair atau yang lainnya.

Masing-masing kategori tentunya mempunyai teknik pengemasan yang berbeda-beda. Contohnya saja ketika Sobat Shipper akan mengirim makanan frozen food, ada baiknya jika makanan tersebut dihilangkan udara dalam kemasan, kemudian dibungkus menggunakan bubble wrap.

2. Pilih Bahan untuk Packing

Berikutnya pilih bahan yang akan digunakan untuk membungkus atau sedang packing barang yang akan dikirim. Menggunakan plastik untuk melakukan pengiriman barang, tentunya tidak masalah, asalkan, barang yang dikirim nantinya termasuk barang yang umum. Tapi jika barang yang dikirim khusus, misalnya saja barang elektronik atau pecah belah. Sebaiknya gunakan kemasan berbentuk dus.

3. Beri Tambahan Bahan, Agar Lebih Aman

Penyedia jasa kirim barang, biasanya akan memberikan saran tambahan. Misalnya saja dengan memberikan tambahan bahan, agar isi di dalam kemasan tidak mudah goyang atau bahkan rusak, selama perjalanan. Umumnya, tambahan bahan tebut berupa plastik, bubble wrap, atau yang lainya.

4. Tambahkan Stiker Informasi Barang

Hal lain, yang perlu diperhatikan ketika akan mengirim barang. Misalnya saja cara packing barang elektronik, sebaiknya berikan stiker di luar kemasan produk tersebut. Stiker diisi berisi informasi apa yang ada di dalam kemasan tersebut. Misalnya saja dengan memberikan gambar elektronik di luar kemasan, atau tulisan barang pecah belah.

Sehingga nantinya pihak jasa pengiriman, tahu dan berhati-hati ketika memindahkan barang tersebut. Apalagi jika barang yang dikirim termasuk barang pecah belah, sudah pasti akan ada perlakuan khusus, untuk barang tersebut.

5. Tulis Alamat Secara Jelas

Jangan lupa untuk menulis alamat Sobat Shipper sebagai pengirim dan alamat penerima secara jelas. Mengingat sistem packing barang online shop yang terbilang banyak. Membuat Sobat Shipper hati berhati-hati dalam memberikan  alamat, jangan  sampai salah memberikan alamat, pada barang yang sedang dikirim.  

Dalam membuat alamat, sebaiknya gunakan kertas yang kontras dengan plastik pembungkus, agar mudah terlihat dan terbaca.

6. Packing Barang Secara Rapi

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah packing barang secara rapi. Mulai dari bungkus bagian dalam, lalu dus di bagian luar. Jangan lupa bubuhkan juga alamat secara jelas, dan juga dicantumkan informasi barang di dalam kemasan. Hal-hal seperti ini perlu diperhatikan dengan baik, agar pihak penyedia jasa, merasa aman ketika mengirimkan paket tersebut.

Karena sebelumnya sudah dibungkus secara rapi. Dari ulasan di atas, tentunya packing barang, sangat mempunyai peran penting, agar barang yang dikirim selamat selama perjalanan. Hingga akhirnya sampai ke tempat tujuan, tanpa kurang apapun.


Baca juga: 4 Macam Fungsi Packing untuk Promosi Agar Lebih Menarik, Apa Saja?

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.