5 Tips Jitu Menjalankan Usaha Kuliner dari Rumah Saat Pandemi

Uncategorized02 September 2021
tips-menjalankan-usaha-kuliner

Sobat Shipper butuh pemasukan tambahan dan terpikir untuk memulai bisnis sendiri dari rumah? Kalau tertarik, usaha kuliner adalah salah satu peluang yang cukup menjanjikan, loh. Tak hanya bagi sebagian orang yang kehilangan pekerjaannya, bagi ibu-ibu rumah tangga pun, memulai usaha kuliner saat pandemi ini jadi alternatif pekerjaan yang sedang diminati.

Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan, dari hasil penelitian BIG Data 2020, bahwa transaksi penjualan online yang menjadi favorit masyarakat selama masa pandemi ini adalah bahan makanan, yakni 51%, kemudian diikuti produk kesehatan sebesar 20%. Ini yang kemudian menjadi alasan banyaknya bisnis kuliner mulai menjamur di tengah-tengah kita. Lalu bagaimana cara memulai usaha kuliner saat pandemi dari rumah? Yuk, simak 5 tips jitu menjalankan usaha kuliner saat pandemi di bawah ini.

1. Fokus di Industri Online

Masa pandemi membuat semua orang mengurangi aktivitas mereka di luar rumah. Untungnya, era digital membuat kita tetap bisa terhubung satu sama lain walau tanpa bertemu secara langsung. Aktivitas digital semacam ini tentu saja memberi peluang besar bagi para pelaku usaha kuliner saat pandemi untuk mengiklankan produk mereka secara virtual. Aplikasi delivery atau marketplace akan sangat cocok digunakan sebagai media pemasaran bagi usaha kuliner milikmu, loh. Yuk dicoba!

2. Berikan Diskon dan Promo yang Menarik

Sobat Shipper pernah melihat papan harga yang dicoret? Nah, itu merupakan salah satu strategi marketing yang sangat ampuh diterapkan di hari ini. Para calon pembeli pasti akan lebih tergiur dengan produk yang menawarkan diskon menarik, tak terkecuali produk kuliner. Tapi menetapkan harga diskon untuk usaha kulinermu juga harus terukur ya, harus dihitung terlebih dahulu HPP (Harga Pokok Penjualan) produknya. Jangan sampai kamu terjerumus pada istilah, ‘Bukannya untung, malah buntung.’

3. Keluarkan Produk Frozen

Demi mencegah potensi penularan virus di masa pandemi, orang-orang cenderung malas keluar rumah, apalagi jika harus berdesak-desakan di mall atau pasar. Maka dari itu, produk frozen yang mampu bertahan lama menjadi solusi cemerlang bagi pelaku usaha kuliner saat pandemi. Cukup dengan mengukus, menggoreng, atau merendam dengan air panas, konsumen bisa dengan mudah mengolah makanan beku menjadi makanan siap santap. Proses ini jauh lebih praktis ketimbang harus mengolah bahan makanan mentah.

4. Melakukan Inovasi

Tak hanya diskon dan promo yang menarik, inovasi juga dibutuhkan dalam menjalankan usaha kuliner saat pandemi agar tetap eksis di mata konsumen. Menambahkan varian menu dan pilihan paket pembelian akan meningkatkan ketertarikan calon konsumen untuk membeli. Semakin banyak piihan yang tersedia, semakin banyak pula peluang produkmu laris terjual. Untuk itu, lakukanlah inovasi secara berjangka dalam 2-3 bulan sekali.

5. Terapkan Protokol Kesehatan

Kesehatan pelanggan ada di tangan kita. Menjaga kepercayaan mereka adalah kunci suksesnya usaha kuliner yang sedang Sobat Shipper jalani. Selain mengedepankan kualitas rasa dan harga, kebersihan juga menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam memilih makanan. Jadi, terapkanlah protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, ya.

Itulah 5 tips jitu yang bisa Sobat Shipper lakukan untuk menjalankan usaha kuliner saat pandemi dari rumah. Oh ya, selain menerapkan 5 tips di atas, ada baiknya Sobat Shipper juga memperhatikan jasa ekspedisi yang digunakan ketika ingin mengirim suatu produk ke pelanggan. Pilihlah ekspedisi yang terpercaya seperti Shipper, atau kalau ingin tahu info lebih lengkapnya kamu bisa kunjungi website shipper.id untuk keunggulan lainnya.

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.