Mau Cari Supplier Tangan Pertama? Yuk, Simak Artikel Berikut

Uncategorized22 December 2021
tips-mencari-supplier-pertama

Arti supplier sendiri adalah pihak pemasok yang secara langsung memproduksi suatu produk atau layanan dalam jumlah yang besar serta umumnya memiliki pabrik. Maka dari itu, kunci keberhasilan dari bisnis seorang dropshipper adalah supplier, tidak ada bisnis dropship yang dapat berjalan dengan baik tanpa peran supplier yang baik pula. Namun, apakah Sobat Shipper tahu? Bahwa nyatanya peranan besar supplier ini tak hanya dibutuhkan oleh seorang dropshipper, lho. Ya, ada pelaku bisnis lain yang juga membutuhkan peranan supplier ini, dan mereka disebut reseller. 

Apa itu reseller? Arti reseller sendiri adalah pelaku usaha yang memperjualbelikan kembali produk dari supplier ke konsumen. Berbeda dengan dropshipper, untuk menjadi seorang supplier Sobat Shipper perlu melakukan penyetokan produk terlebih dahulu. Dan karena hal inilah, reseller juga sama dengan dropshipper yang butuh peran seorang supplier. Nah, pada artikel ini Sobat Shipper akan diajak untuk mencari tahu bagaimana cara mencari supplier tangan pertama, yang dapat dikatakan juga sebagai supplier tangan pertama langsung dari pabrik. Yuk, langsung simak artikel berikut sampai tuntas! 

1. Cari Tahu Tipe Supplier yang Baik 

Eits, sebelum mencari supplier tangan pertama Sobat Shipper perlu tahu dulu tipe Supplier yang baik. Tentunya, mencari supplier yang terpercaya dan bertanggung jawab itu tidak mudah ya. Maka dari itu tipe-tipe berikut perlu diperhatikan betul oleh Sobat Shipper. 

a. Punya Produk Berkualitas 

Produk berkualitas dihasilkan oleh supplier yang punya kualitas. Oleh karena itu, penting bagi Sobat Shipper memeriksa kualitas produk yang dihasilkan oleh supplier. Cara yang dapat dilakukan oleh Sobat Shipper bisa dengan mendatangi supplier secara langsung atau mencoba membeli produk milik supplier lalu  memeriksa kualitasnya. 

b. Komunikatif dan Responsif 

Penting bagi Sobat Shipper memastikan hal ini juga. Karena amat sangat berbahaya bukan jika komunikasi antar Sobat Shipper Dan supplier tidak berjalan lancar, yang mana permintaan order terus berjalan, sementara stock produk kian menipis tanpa adanya kabar. 

 c. Negosiasi Harga Jual Kompetitif 

Setiap supplier pasti memproduksi berbagai produk yang beragam, mulai dari produk kecantikan, kesehatan, dan lain sebagainya. Harga yang diberikan oleh supplier tangan pertama harus kompetitif di Khalayak pasar agar Sobat Shipper dapat memiliki keunggulan dikala menyaingi produk yang sejenis di pasaran. 

2. Berbagai Tempat Untuk Mendapatkan Supplier 

Oke, Sobat Shipper Mari kita masuk ke persoalan berikutnya. Kini, Sobat Shipper telah mengetahui berbagai tipe yang setidaknya dapat menjadi patokan dalam mencari Supplier yang baik. Lalu dimana Sobat Shipper bisa mendapatkan supplier tangan pertama yang memenuhi tipe tersebut? Apakah sulit untuk dilakukan? 

Nah, dapat dikatakan untuk mencari supplier tangan pertama itu perlu keuletan dan ketelitian. Sering disepelekan namun sebenarnya amat penting untuk diperhatikan. Ya, chemistry antar Sobat Shipper dan supplier adalah hal utama yang perlu dibentuk. Dan berikut ini adalah tempat yang dapat mempertemukan Sobat Shipper agar dapat membangun chemistry dengan berbagai supplier adalah sebagai berikut. 

a. Mencari di Pabrik atau Rumah Produksi 

Ya, pabrik ataupun rumah produksi adalah markas utama para supplier tangan pertama. Lantas, bagaimana cara mengetahui lokasi pabrik sang supplier? Cara yang dapat Sobat Shipper lakukan untuk mengetahui pabrik supplier adalah dengan memperluas relasi dan melakukan pencarian di internet dengan berbagai platform. Karena, dalam satu kota yang tengah Sobat Shipper tempati pasti ada sebuah pabrik ataupun rumah produksi para supplier yang dapat Sobat Shipper jumpai. 

Keunggulan yang Sobat Shipper dapatkan saat mengunjungi supplier dari pabrik atau rumah produksi adalah mendapatkan kesempatan untuk bertemu langsung dengan sang pemilik usaha, di sini pun Sobat Shipper akan menyaksikan langsung produksi yang dilakukan oleh supplier. 

b. Mengunjungi Beragam Bazar dan Pameran 

Adanya bazar dan pameran menjadi peluang bagi para supplier untuk muncul memasarkan produknya, dan hal ini juga dapat menjadi peluang bagi Sobat Shipper yang tengah mencari supplier. Dalam bazar ini Sobat Shipper memiliki kesempatan untuk membangun relasi dan bekerja sama, serta mendapatkan supplier yang kompetitif tentunya. 

c. Intip Platform Media Sosial 

Dalam era digital ini telah banyak pula supplier yang memiliki platform media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook, ataupun YouTube. Biasanya supplier akan menyajikan berbagai informasi dari progres produk yang tengah mereka produksi. Misalnya saja kita lihat pada TikTok, tak sedikit kita saksikan video proses produksi barang dari berbagai supplier. 

Ketika Sobat Shipper melihat postingan tersebut dan merasa dapat menjadikan supplier tersebut dengan beralasan barang gampang dijual misalnya, Sobat Shipper dapat pun langsung menghubungi supplier,bertanya-tanya mengenai spesifikasi produk, dan melihat respon yang diberikan supplier, dan menawarkan diri sebagai reseller atau dropshipper. 

d. Berseluncur di Berbagai Marketplace 

Sobat Shipper suka berseluncur di marketplace? Wah, bagus sekali kalau begitu. Karena marketplace juga menjadi tempat bagi para supplier tangan pertama memasarkan produknya, cukup banyak kok para supplier yang terjun ke beragam marketplace. Dari berbagai kategori produk dan platform yang berbeda-beda. LantasLantas bagaimana cara yang dapat Sobat Shipper lakukan untuk memastikan bahwa sang supplier adalah supplier tangan pertama? Karena sangat berbahaya sekali, kalau supplier yang kita percayai ternyata adalah dropshipper atau reseller.  

Oke, cara umum yang biasanya dilakukan untuk menyeleksi para supplier di marketplace dapat kita mulai dari mencari produk terlebih dahulu. Misalnya, kita ingin jualan baju online. Maka, kita cari produk tersebut dan dapat kita jumpai berbagai online shop menjual produk tersebut. Dari sini, Sobat Shipper dapat memfilter produk berdasarkan banyaknya ulasan atau produk yang paling laris, memilih kota yang sesuai dengan yang Sobat Shipper tempati saat ini, hal ini diterapkan agar supplier berada di daerah yang sama dengan Sobat Shipper sehingga lebih efisien dan mudah jika ingin melakukan kunjungan langsung. 

Selanjutnya Sobat Shipper perlu melakukan filter kembali terhadap rating. Ya, rating yang bisa Sobat Shipper terapkan pada fitur marketplace adalah di atas empat. Lalu berikutnya, Sobat Shipper dapat mencari produk dengan harga termurah dan mulai meninjau spesifikasi produk. Disini Sobat Shipper bisa menggunakan fitur chat di marketplace untuk memastikan beragam informasi tentang produk, bertanya apakah pemilik online shop merupakan supplier tangan pertama, meninjau seberapa responsif supplier, bertanya tentang berbagai sistem pelayanan, seperti ada kah sistem resi otomatis atau jasa pengiriman cepat, serta menawarkan diri sebagai dropshipper atau reseller dengan berbagai persyaratan yang dapat dilakukan. 

Sobat Shipper, itu dia berbagai serba-serbi mengenai supplier tangan pertama, reseller, dan dropship. Selain mencari supplier tangan pertama untuk menunjang bisnismu, Sobat Shipper juga perlu tahu jasa mengirim barang yang aman dan terpercaya seperti Shipper. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi websitenya di shipper.id!

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.