Baru Memulai Bisnis UMKM? Ini 5 Tips yang Bisa Kamu Ikuti

Uncategorized07 July 2021
tips-memulai-bisnis-umkm

Sobat Shipper, tahukah kamu kalau UKM adalah salah satu tulang punggung perekonomian negara yang tak bisa disepelekan? Sebab, memang ada begitu banyak peran UKM yang tak bisa dipandang sebelah mata. Salah satunya adalah mengurangi angka pengangguran karena UKM dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.

Untuk Sobat Shipper yang sudah mantap merintis bisnis UKM, yuk simak ulasan berikut ini mengenai definisi UKM, perbedaannya dengan UMKM, serta tips mengembangkan bisnis UKM nantinya. Selamat membaca!

Pengertian UKM

UKM merupakan singkatan dari usaha kecil menengah. Sementara itu, pengertian UKM adalah entitas bisnis yang dijalankan dalam skala kecil dan menengah, serta bukan cabang maupun anak perusahaan manapun.

Pemerintah sendiri secara khusus juga telah mendefinisikan apa itu UKM berdasarkan kriteria tertentu. Beberapa kriteria yang perlu kamu perhatikan terkait dengan UKM adalah sebagai berikut:

  • Usaha kecil merupakan usaha yang omzetnya berkisar Rp300 juta s.d Rp2,5 miliar dan memiliki karyawan 5 s.d 19 orang (kriteria BPS)
  • Usaha menengah merupakan usaha yang omzetnya berkisar Rp2,5 miliar s.d Rp50 miliar, dan memiliki karyawan 20 s.d 99 orang (kriteria BPS).

Beda UKM dan UMKM

Selain UKM, istilah lain yang biasa didengar adalah UMKM, alias usaha mikro kecil dan menengah. Lantas, apa perbedaan UKM dan UMKM? Pada dasarnya, perbedaan antara UMKM dan UKM adalah adanya kategori usaha mikro di dalamnya.

Singkatnya, jika UKM sebatas mencakup usaha kecil dan menengah, UMKM mencakup ketiga kategori usaha tersebut secara lengkap. Dan karena alasan inilah pemerintah cenderung lebih sering menggunakan istilah UMKM. Pasalnya, istilah ini lebih bisa mewakili ketiga unit usaha tersebut.

Sementara itu, usaha mikro sendiri adalah usaha yang omzetnya maksimal Rp 300 juta. Kriteria jumlah karyawan usaha mikro tidak dirinci oleh BPS, namun World Bank menetapkan jumlahnya kurang dari 30 orang.

Tips Kembangkan Bisnis UKM

Makin berminat untuk merintis bisnis UKM? Kamu bisa simak dan lakukan 5 tips berikut ini sebagai langkah awalnya, yaitu:

1. Jalur promosi

Salah satu kunci kesuksesan UKM adalah adalah promosi. Untungnya, sekarang kamu juga bisa gunakan metode promosi online yang lebih efisien dari segi waktu, tenaga, dan biaya.

2. Pahami kompetitor

Dengan memahami kompetitor, kamu bisa belajar banyak informasi penting untuk mengembangkan usaha. Tapi, jangan lakukan hal ini untuk menyontek kompetitor, ya! Meskipun segmen dan produk kalian sama, kamu perlu tonjolkan keunikan brand-mu yang membuatnya beda dari pesaing. Intinya, lakukan persaingan secara sehat, oke?

3. Perluas koneksi

Kunci penting lain dalam kesuksesan UKM terletak pada jaringan koneksi yang kamu punya. Terus tambah dan perluas koneksi yang akan bermanfaat besar untuk bisnismu, misal dari segi supply chain, media promosi, dan produksi.

4. Tingkatkan sumber daya

Meskipun bermula sebagai bisnis UKM, bukan berarti bisnismu tak bisa berkembang, lho! Tapi, agar bisa berkembang, kamu juga perlu tingkatkan sumber daya di dalamnya. Secara perlahan namun pasti, tingkatkan kualitas SDM dan infrastruktur agar bisnis bisa tumbuh jadi lebih besar.

5. Layanan pelanggan yang berkualitas

Pastikan pula bahwa kamu memerhatikan kualitas layanan bagi pelanggan. Ada begitu banyak keuntungan yang bisa kamu rasakan dengan menciptakan dan meningkatkan loyalitas pelanggan, dan salah satunya adalah kemudahan promosi dan peningkatan penjualan.

Salah satu ide bisnis UKM yang bisa kamu coba rintis adalah bisnis toko online. Soalnya, berjualan secara online memang butuh modal yang relatif lebih kecil, terutama karena kamu tidak harus punya toko fisik yang sewanya mahal agar bisa mulai berjualan.

Ditambah lagi, ada jasa warehouse Shipper yang bisa jadi solusi gudang toko online-mu nanti. Kamu hanya perlu sewa biaya sesuai dengan kebutuhan bisnismu, lho! Apalagi, kamu juga tak perlu keluar uang untuk bayar karyawan gudang karena ada staf Shipper yang siap bantu kelola stok barang jualanmu secara profesional. Dengan begitu, dananya bisa kamu manfaatkan untuk kebutuhan bisnis lain dan pengembangan UKM-mu, kan?

Yuk gunakan jasa warehouse Shipper sebagai solusi UKM online yang cerdas sekarang juga! Klik https://shipper.id untuk info selengkapnya, ya!

Baca juga: 5 Strategi Ampuh untuk Menghemat Biaya Produksi Bagi Para UMKM

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.