4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Gudang Barang Distribusi

Uncategorized16 July 2021
tips-memilih-gudang-barang

Dalam menentukan gudang barang, Sobat Shipper perlu memastikan dulu fungsi dan kegiatan operasional yang akan dilakukan di sana. Dari segi fungsi, misalnya, ada lima jenis gudang yang tersedia dan salah satunya adalah sebagai pusat distribusi.

Keberadaan gudang barang distribusi belakangan semakin melonjak berkat munculnya e-commerce dan marketplace. Besarnya lonjakan permintaan konsumen mendorong pelaku usaha untuk mencari gudang yang menunjang pengiriman, terutama untuk sistem next day delivery. Nah, tak ada salahnya bagi Sobat Shipper mengantisipasi kemungkinan tersebut dengan mencari gudang khusus distribusi dari sekarang.

Sepenting apa gudang sebagai pusat distribusi?

Gudang barang yang Sobat Shipper jadikan sebagai pusat distribusi memfasilitasi aliran barang berupa bahan baku maupun barang jadi. Selain itu, jenis gudang tersebut punya peran penting dalam jaringan rantai pasokan, baik untuk pasar lokal maupun mancanegara.

Menilai peran gudang distribusi yang cukup vital, Sobat Shipper tak bisa meremehkan pemilihan lokasi maupun fasilitasnya. Kurang lebih 79% perusahaan yang berhasil mengaplikasikan manajemen logistik dengan performa tinggi mampu memperoleh keuntungan serta pertumbuhan pendapatan lebih baik. Hal tersebut tentu berhubungan dengan pengelolaan yang optimal di sektor pergudangan.

Apa yang harus diperhatikan dari gudang distribusi?

Memilih gudang sebagai pusat distribusi sebenarnya sama dengan jenis lain. Namun terdapat beberapa faktor yang harus Sobat Shipper periksa baik-baik agar kegiatan distribusi di gudang barang terjaga. 

Baca juga: 7 Jenis Gudang Bisnis Sesuai Fungsinya, Mana yang Cocok Buatmu?

1. Lokasi gudang

Proses distribusi biasanya berada di antara produksi dan konsumsi. Maka dari itu, lokasinya sangat berpengaruh pada tahap penerimaan maupun pengiriman barang. Tak hanya itu, lokasi gudang barang distribusi bisa membantu Sobat Shipper menghemat ongkos kirim, sehingga konsumen juga bakal semakin puas dengan layananmu. Pastikan juga status gudang tersebut tak berdiri di tanah sengketa kalau tak mau proses perizinannya jadi rumit.

2. Usia gudang 

Ada sejumlah pelaku usaha yang nekat mengambil gudang lama dan tak terurus demi mendapatkan biaya sewa murah. Langkah ini jelas merepotkan dan berbahaya. Memilih gudang barang yang sudah tua memaksa Sobat Shipper melakukan perombakan atau renovasi besar-besaran untuk mengembalikan fungsinya. Sementara kalau didiamkan, risiko seperti kerusakan alat dan kecelakaan yang menimpa karyawan di gudang.

3. Fasilitas gudang

Sudah disebutkan bahwa fasilitas gudang distribusi berpengaruh pada kelancaran pergudangan yang Sobat Shipper kelola. Sebagai contoh, kalau Sobat Shipper mengirimkan barang-barang berkuantitas besar, cek apakah pengelola menyediakan tempat untuk menghitung volume barang sebelum disimpan atau dikirim. Akan sangat menguntungkan kalau Sobat Shipper menemukan gudang yang mampu mengakomodasi pelabelan, kontrol kualitas, hingga pengemasan untuk menghemat biaya.

4. Karyawan/SDM

Jangan lupakan SDM atau karyawan mengingat mereka yang akan menjalankan sebagian besar kegiatan pergudangan. Untuk gudang barang, karyawan yang cekatan mengatur alur masuk-keluar barang adalah tipe SDM yang sebaiknya Sobat Shipper prioritaskan. Imbangi juga dengan bimbingan dan pelatihan supaya mereka dapat mengoperasikan alat dan fasilitas di gudang. Jadi Sobat Shipper juga tak bakal sering mengganti karyawan.

Shipper merupakan salah satu penyedia gudang yang bisa Sobat Shipper andalkan dalam penyediaan pusat distribusi. Keunggulan mereka dalam jangkauan pengiriman luas dan ketersediaan gudang di berbagai wilayah telah dibuktikan para klien yang menjalankan proses distribusi barang. Sehingga baik produsen dan konsumen tak dikecewakan kinerja Sobat Shipper.

Kalau ingin mengulik lebih dalam seputar layanan Shipper, silakan kunjungi https://shipper.id/warehouse, Sobat Shipper! 


Baca juga: 5 Jenis Gudang Penyimpanan Serta Kegunaannya untuk Bisnis Kamu

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.