4 Tips Memilih Bisnis Saat Pensiun, Salah Satunya Melek Teknologi

Uncategorized26 October 2021
tips-memilih-bisnis-saat-pensiun

Bagi karyawan, akan datang saatnya harus mundur dari pekerjaan karena faktor usia, alias pensiun. Masa pensiun kadang menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang karena berhentinya pasokan dana juga kegiatan yang sudah dilakoni selama ini.

Maka dari itu, membuka usaha setelah pensiun bisa menjadi salah satu solusi untuk masalah tersebut. Selain mendapat profesi baru, tentunya bisnis saat pensiun juga bisa mendatangkan pundi-pundi yang menguntungkan.

Akan tetapi, memulai bisnis saat pensiun memang tidak semudah dilakukan oleh usia produktif. Faktor umur dan kesehatan fisik yang menurun, bisa menjadi penghambat berkembangnya bisnis yang akan dirintis.

Untuk itu, sebelum memutuskan bisnis yang tepat, kami akan membeberkan 4 tips ampuh untuk membuat bisnis saat pensiun untuk Sobat Shipper semuanya. Berikut daftarnya.

1. Kembangkan Apa yang Disukai

Tips membuka bisnis saat pensiun yang pertama adalah memilih sesuai apa yang disukai dan dikuasai. Dengan menjalani apa yang kita sukai, menjalankan bisnis akan terasa lebih ringan karena kita punya skill berhubungan dengan bisnis tersebut.

Memilih bisnis yang disukai bukan berarti tidak jeli melihat pasar. Sobat Shipper harus melihat peluang usaha setelah pensiun apa yang kira-kira sedang trend ataupun yang bisa membawa keuntungan.

Misalnya, jika kamu suka berenang, kamu bisa membuka usaha sewa alat renang ataupun menjualnya. Yang pasti, dari apa yang kita sukai, kita harus selaraskan dengan apa yang pasar butuh.

2. Tentukan Modal

Menentukan budget atau dana untuk modal juga menjadi hal yang harus diperhatikan ketika akan memulai bisnis saat pensiun. Kamu bisa memanfaatkan dana pensiun untuk hal ini.

Jikalau kamu bekerja pada perusahaan yang tak menyediakan dana pensiun, mungkin kamu bisa memulai nabung dari sekarang, sebelum pensiun.

Ingat, saat pensiun, pasokan dana akan terhenti, maka, sangat penting untuk menyiapkan modal untuk usaha setelah pensiun.

Setelah mengetahui budget yang kamu punya, kamu bisa menyesuaikannya dengan bisnis impian. Jangan memaksakan memilih bisnis yang memerlukan dana besar jika memang budgetmu terbatas.

3. Belajar Teknologi

Zaman sekarang sepertinya teknologi sudah menjadi hal wajib dimanfaatkan bagi para pebisnis. Tak terkecuali bagi para pensiunan.

Sebelum memulai usaha, pahami teknologi dan gadget terkini sehingga nanti bisa memanfaatkannya untuk bisnis.

Membuka online shop juga bahkan bisa meminimalisir anggaran karena tak perlu modal untuk menyewa kedai. Selain itu, beriklan lewat media sosial juga terbilang cukup terjangkau dibanding harus menggunakan media lain.

4. Memulai Bisnis Sebelum Pensiun

Sukses dalam berbinis tidak bisa didapatkan dengan instan, maka dari itu, ada baiknya kamu memulai bisnis sebelum benar-benar pensiun.

Supaya, ketika saatnya kamu benar-benar pensiun, kamu sudah setengah jalan terhadap target usahamu.

Namun, jika Sobat Shipper sudah terlanjur pensiun, jangan khawatir, kamu masih bisa tetap memulai bisnis dengan baik. Asalkan memanfaatkan semua kemampuan dan modal yang dimiliki.

Apapun nantinya bisnis saat pensiun yang kamu pilih, yang terpenting adalah selalu meningkatkan pelayanan terhadap konsumen. Salah satunya dengan memilih jasa pengantaran yang tepat. Kamu bisa gunakan jasa Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id!

Baca Juga : Ingin Mencoba Bisnis Digital? Simak Tipsnya Dulu, Yuk!

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.