Ingin Membuat Foto Produk Minimalis? Lakukan 4 Tips Ini!

Uncategorized08 December 2021
tips-membuat-foto-produk-minimalis

Daftar Isi
1. 7 Tips Fotografi yang Bagus dan Aesthetic
2. Aplikasi-Aplikasi untuk Mengedit Foto
3. Cara Mengedit Foto Produk dengan Aplikasi Snapseed
4. Aplikasi HP untuk Foto Produk Katalog
5. Cara Mengedit Foto Produk dengan HP
6. Tips Foto Produk yang Minimalis untuk Pebisnis
7. Tips & Trik Fotografi yang Low Budget
8. Inspirasi Fotografi Produk Fashion
9. Inspirasi Fotografi Produk Makanan
10. Cara Buat Studio Mini, Sederhana dan Fungsional
11. Ide DIY Properti Simple buat Foto Produk lebih Menarik
12. Kesalahan Fatal yang Perlu Dihindari Saat Foto Produk

Foto produk merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam sebuah bisnis. Baik bisnis makanan maupun barang, karena penilaian pertama konsumen berasal dari foto produknya. Apakah fotonya menggunggah hati para konsumen atau tidak. Sobat Shipper tahu tidak, kalau ternyata foto minimalis ini banyak digandrungi banyak pembisnis loh!

Foto produk yang memiliki warna minimalis ternyata bisa memberikan kesan elegan dan mewah di mata konsumen. Hal ini ternyata menarik mata para konsumen. Tapi tidak semua produk bisa menggunakan konsep minimalis loh, jadi jangan hanya ikut-ikutan saja tapi kenali juga jenis bisnismu.

Sobat Shipper ingin mencoba konsep foto minimalis? Sebelumnya supaya tidak salah pengertian, apa sih foto minimalis itu? Jenis fotografi minimalis ini memiliki konsep ruang yang kosong dengan satu objek tunggal saja di dalam foto, serta warna yang ditampilkan dalam fotonya maksimal adalah 3. Bisa dikatakan, susah-susah gampang untuk mendapatkan foto minimalis yang unik. Sobat Shipper bisa ikuti 4 tips foto produk yang berkonsep minimalis dibawah ini!

1. Mengurangi Depth

Depth atau dikenal juga dengan jarak antara background ke objek menjadi salah satu faktor penting untuk mendapatkan konsep foto minimalis. Masalahnya ini tidak bisa menggunakan aplikasi edit foto manapun, sehingga pengaturan posisinya harus dilakukan saat pemotretan berlangsung.

Maksudnya bagaimana sih? Maksud dari mengurangi jarak background ke objek adalah membuat sedikit jarak antara fokus objek atau produk utamanya dengan latar belakang produk. Misalnya produk yang akan Sobat Shipper jual adalah keyboard, dan kalian tidak ingin fotonya sepi maka sobat menggunakan beberapa background tambahan seperti tanaman atau mungkin laptop didalam foto. Yang perlu Sobat Shipper perhatikan adalah jarak antara keyboard dan latarnya harus cukup lebar sehingga konsumen yang melihat tahu, produk apa yang menjadi fokus bisnismu.

Trik ini akan membuat foto produk tetap ramai tapi minimalis. Jangan lupa atur posisi latar sehingga tidak terkesan berantakan. Karena bisa saja konsumen malah salah fokus dengan latar yang berantakan tersebut. Susun menjadi sebuah bentuk yang lebih simetris sehingga enak dipandang.

2. Gunakan Trik Negative Space

Berbeda dengan Depth yang masih mengusung keramaian di dalam fotonya, negative space ini mengusung tema kekosongan. Foto produknya hanya menggunakan background dan objeknya saja. Sehingga latar foto hanya berupa satu warna polos saja.

Sobat Shipper mungkin membayangkan foto negative space sama dengan foto katalog. Salah! Karena foto negative space ini bisa dikreasikan sehingga tidak terkesan seperti foto katalog loh. Foto minimalis itu bukan berarti kekosongan tanpa kreasi.

Sobat Shipper bisa mengkreasikan foto dengan cara mengambil sudut pandang yang berbeda. Misalnya, ambil bagian depan produk saja (buat seperti terpotong). Atau mungkin buat dari tampak samping. Dan masih banyak kreasi lain untuk mendapatkan foto negative space yang unik.

3. Memakai Warna Background yang Sama dengan Objek

Ganti latar foto anda dengan warna yang sama dengan objek foto ternyata membuat foto lebih berkesan. Sobat Shipper mungkin membayangkan kalau produknya mungkin tidak akan terlihat karena memiliki warna yang sama dengan latar. Ternyata setelah dicoba, hasilnya lebih cantik dari yang kita duga.

Dengan memberikan warna yang sama dengan produk, produk akan terkesan lebih mewah dan lebih senada. Tapi sekali lagi, cocokan setiap konsep yang ada dengan produk yang Sobat Shipper jual ya. Jika dirasa trik ini kurang cocok, maka gunakan trik lainnya yang masih berkonsep minimalis.

4. Jangan Takut Bereksperimen

Siapa bilang kalau konsep minimalis harus begini dan begitu saja? Fotografi itu tidak berpatok pada satu trik saja, yang penting adalah mau mencoba. Gunakan 3 trik diatas untuk mendapatkan konsep foto yang minimalis dan jangan lupa berkesperimen di dalamnya.

Maksudnya? Sobat Shipper perlu berkesperimen dari segi latar belakang foto, mencari warna minimalis yang cocok dengan produk anda, atau mungkin menggunakan sedikit bantuan dari aplikasi edit foto supaya foto terlihat lebih baik.

Setelah tahu 4 tips foto produk dengan konsep minimalis, sobat Shipper juga harus paham apa saja yang penting diperhatikan saat foto produk loh. Karena jika konsep sudah bagus, tapi setting tempatnya kurang maka hasilnya juga akan tidak seimbang. Ini adalah beberapa hal yang perlu sobat Shipper perhatikan :

1. Pencahayaan

Foto yang baik tentunya harus mempunyai pencahayaan yang baik sehingga bisa terlihat detail prouduknya. Bayangkan jika foto yang kalian potret gelap gulita. Walaupun sobat Shipper sudah Menyusun tempatnya sedemikian rupa, kalau gelap sama saja bohong karena tidak terlihat apapun.

Sobat Shipper bisa memanfaatkan cahaya matahari, bisa foto di dekat jendela atau mungkin di halaman luas langsung. Atau jika kalian mempunyai lightning lebih baik lagi karena pencahayaannya bisa kalian atur sendiri.

Memang benar, untuk pencahayaan bisa diatur lewat beberapa aplikasi edit foto, tapi nyatanya hasil yang natural lebih disukai dari pada yang terlalu diedit. Kurangi penggunaan editan foto dan maksimalkan saat pemotretan foto produk berlangsung.

2. Pemilihan Warna

Untuk membuat warna minimalis, jangan gunakan terlalu banyak warna didalamnya. Terlalu ramai malah akan mengurangi keindahan konsep foto minimalis. Supaya foto produk terlihat minimalis, gunakan maksimal 3 warna didalam fotonya. Semakin sedikit semakin bagus.

Tak sembarang warna, tapi warna yang bisa dipadukan. Misalnya hitam dan putih, atau biru langit dengan orange. Jika bingung warna apa saja yang bisa dipadukan, sobat Shipper bisa mencari color palette di berbagai mesin pencarian.

3. Foto Produk harus Bisa Bercerita

Ini dia yang tidak boleh dilupakan oleh kalian para pembisnis yang ingin membuat foto produknya lebih berwarna walaupun minimalis. Foto produknya harus tetap bisa bercerita pada konsumen. Foto yang baik harus bisa menampilkan sebuah cerita di dalamnya.

Apa yang dimaksud cerita adalah tulisan? Tidak. Gambar tersebut harus bisa berbicara dengan sendirinya. Misalnya, Sobat Shipper ingin membuat foto produk sebuah arloji dengan trik depth. Digunakanlah latar yang bisa menceritakan produk tersebut. Latar yang digunakan misalnya ada buku kantor, bolpoint dan sebuah tab. Secara tak langsung foto tersebut menceritakan bahwa arloji ini cocok dipakai orang ke kantor.

Bagaimana dengan foto yang menggunakan negative space? Tentu bisa! Gunakan kreatifitas kalian untuk mendapatkan foto yang menarik juga bisa bercerita. Pastikan bahwa foto sobat Shipper tidak hanya indah dipandang, tapi juga memiliki makna untuk diketahui konsumen!

Sobat Shipper pasti sudah bisa membayangkan bagaimana konsep foto minimalis yang akan kalian buat untuk foto produk bisnis kalian bukan? Dengan 4 trik diatas kalian bisa mendapatkan foto minimalis untuk produkmu sendiri. Jangan lupa, gunakan Shipper sebagai jasa pengiriman bisnismu! Karena Shipper akan mengirimkan barang dengan kondisi sama persis dengan konsep foto minimalis yang sobat buat. Kunjungi shipper.id untuk informasi lebih lanjut!

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.