3 Tips Maksimalkan Ruang untuk Penyimpanan Stok Persediaan Bisnismu!

Uncategorized25 June 2021
tips-memaksimalkan-gudang-kecil

Karena keterbatasan dana, kamu mungkin terpaksa harus mencari gudang kecil disewakan. Atau, mungkin kebutuhanmu memang gudang yang berukuran lebih kecil saja. Yang manapun situasinya, kamu tak perlu khawatir soal kapasitas penyimpanannya kok, Sobat Shipper. Soalnya, ada beberapa trik yang bisa kamu terapkan agar kamu bisa memaksimalkan ruang yang ada, lho!

Kalau dibayangkan, punya gudang dengan kapasitas yang besar memang terasa lebih fleksibel. Tapi, kamu juga harus ingat kalau kamu harus menanggung biaya operasional maupun sewa gudang yang berlebih jika ternyata kapasitasnya tidak kamu gunakan semua.

Oleh karena itu, memilih gudang kecil disewakan memang bisa jadi solusi yang lebih pas untuk kamu. Lalu, bagaimana ya caranya supaya kamu bisa optimalkan kapasitas gudang disewakan yang ukurannya cenderung lebih terbatas? Simak tipsnya berikut ini, ya!

Gunakan Rak Pallet Gudang

Rak pallet gudang sangat cocok untuk penyimpanan barang secara horizontal dengan rak bertingkat dan kebutuhan penyimpanan yang beragam. Jenis rak gudang ini tersedia dalam beragam jenis, tapi jenis yang paling direkomendasikan untuk gudang kecil disewakan adalah jenis rak pallet gudang yang memanjang, namun lebar raknya tidak akan memakan banyak ruang.

Dengan begitu, Sobat Shipper tak hanya bisa memaksimalkan penyimpanan barang di gudang, tapi juga tetap bisa menyediakan ruang yang cukup untuk mobilisasi di dalam gudang.

Bangun Rak Gudang Mezzanine

Salah satu manfaat utama memasang rak gudang mezzanine – terutama di dalam gudang yang relatif kecil – adalah untuk memaksimalkan ruang vertikal yang ada. Jadi, kapasitas penyimpanan di dalam gudang pun akan ikut berlipat ganda, Sobat Shipper.

Solusi ini bisa kamu coba jika bisnismu sudah berkembang, tapi kamu masih belum bisa meng-upgrade kapasitas gudang atau menyewa gudang lain yang lebih besar karena masa kontraknya masih berjalan.

Baca Juga: 6 Elemen yang Perlu Diperhatikan Agar Jualan Semakin Mantap

Install Lift Vertikal

Lift vertikal berfungsi untuk mengangkut barang-barang ke rak yang letaknya jauh di atas dengan cara lebih aman. Karena itu, ketika kamu menambah kapasitas gudang dengan memasang rak mezzanine, meng-install lift vertikal juga perlu kamu pertimbangkan pula. Apalagi ketinggiannya memang cukup jauh, sehingga risiko kecelakaan kerja jadi semakin tinggi. 

Dengan begitu, kamu tak hanya bisa mengoptimalkan kapasitas penyimpanan di dalam gudang kecil disewakan yang telah kamu pilih saja, tapi juga meminimalkan risiko kecelakaan kerja yang dapat terjadi terutama saat staf gudang sedang menata barang di rak yang posisinya sangat tinggi. 

Kesimpulan

Ketiga solusi di atas memang bisa jadi cara ampuh untuk mengoptimalkan kapasitas gudang yang kamu punya atau sewakan. Tapi, artinya kamu juga harus keluar biaya ekstra untuk pemasangan rak gudang baru atau lift vertikal, kan? Bagi Sobat Shipper yang cari gudang kecil disewakan karena budget yang benar-benar terbatas, solusi di atas bisa jadi malah menimbulkan beban finansial baru.

Kalau kamu mengalami dilemma yang sama, kamu tak perlu khawatir. Soalnya, kamu bisa cari gudang disewakan cukup dengan mengklik https://shipper.id/warehouse! Lewat layanan gudang dari Shipper yang satu ini, kamu bahkan tak perlu repot-repot kelola gudang sendiri.

Mengapa? Karena layanan gudang Shipper tak hanya membantumu menemukan gudang kecil disewakan, tapi juga menyediakan layanan manajemen gudang yang sudah komplit. Artinya, kamu hanya perlu titipkan stok barangmu di sana dan Shipper yang akan atur penyimpanannya dengan metode terbaik.  Sewa gudang tak perlu membuatmu buang waktu dan uang lagi karena ada Shipper. Yuk, gunakan jasa gudang Shipper sekarang juga!

Baca Juga: 5 Langkah yang Bisa Kamu Lakukan untuk Atur Budget Bisnis Online

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.