Tips Kirim Frozen Food ke Luar Kota yang Perlu Diketahui

Uncategorized13 August 2021
tips-kirim-frozen-food

Kini, bisnis frozen food kian digemari oleh masyarakat Indonesia karena praktis dan tahan lama. Makanan beku atau frozen juga bisa dikirim ke luar kota dan tidak perlu khawatir akan cepat basi atau kualitas makanan jadi menurun. 

Bisnis makanan beku harus memperhatikan pengemasan dan pengirimannya agar tetap fresh ketika sampai di tangan pembeli. Butuh wadah dan cara mengemas yang berbeda untuk mengirim makanan beku ke luar kota. 

Simak cara packing makanan beku di bawah ini agar suhu, kelembaban dan kualitas makanannya terjaga. 

Cara Packing Frozen Food 

  • Gunakan Kemasan yang Tertutup Rapat

Dengan menggunakan kemasan yang tertutup rapat dan kedap udara, maka makanan beku lebih aman dari kontaminasi partikel asing. Partikel tersebut bisa merusak dan mempercepat masa tahan makanan. 

Biasanya plastik nylon merupakan bahan dasar kemasan untuk membungkus makanan frozen. Plastik nylon yang hampa udara itu memiliki fleksibilitas yang tinggi sehingga produk frozen kamu lebih aman.

Keunggulan lain dengan kemasan tertutup rapat adalah menjaga agar makanan beku tidak terguncang selama di perjalanan. 

Baca: 5 Ide Peluang Usaha Rumahan di Tengah Pandemi yang Bisa Dijadikan Pilihan

  • Memilih Kotak Styrofoam

Agar tetap dingin selama di perjalanan, sebaiknya gunakan kotak es atau bisa juga kotak styrofoam. Wadah terisolasi ini lebih terjangkau dan juga ringan karena terbuat dari styrofoam. 

Gunakan wadah yang agak besar agar makanan beku bisa dipadatkan kembali dengan tambahan ice gel di dalamnya. 

  • Tambahkan Ice Gel Secukupnya

Agar frozen food tetap dingin di dalam kotak styrofoam, maka tambahkan ice gel secukupnya. Hindari penggunaan ice gel berlebihan, perbandingannya adalah 20:80 dengan ice gel sebanyak 20% dan sisanya makanan beku 80%. 

Cara menggunakan ice gel juga penting loh sobat Shipper! Masukkan ice gel terlebih dahulu dan letakkan di dasar kotak. Setelah itu barulah masukkan produk aneka makanan frozen food

Tambahkan sisa ice gel di atasnya agar makanan mendapatkan suhu dingin yang merata. 

  • Pilih Jasa Pengiriman yang Instan

Ini penting juga bagi para pelaku bisnis makanan frozen ketika akan mengirimkannya ke luar kota. Sebaiknya pilih jasa pengiriman instan agar bisa segera sampai ke tangan konsumen. 

Bisa memilih layanan same day delivery atau one night service, tapi sebenarnya frozen food lebih cocok yang instan dimana pengiriman tidak kurang dari 8 jam. 

Baca Juga: Lakukan 6 Langkah Ini untuk Jaga Kualitas Bahan Makanan!

Cara Membuat Ice Gel yang Mudah dan Praktis

Sebagai pelaku bisnis, mengeluarkan uang untuk operasional terkadang berat juga sih. Maka ada solusi praktis yang bisa sobat Shipper pilih, apa solusinya?

Membuat ice gel sendiri lebih murah dan bisa membuat banyak, bahan-bahan yang digunakan juga sederhana kok. 

Bahan yang dibutuhkan adalah tepung tapioka, cuka dan garam. Kemudian masak 1kg tepung tapioka menggunakan 5-6 liter air hingga berubah menjadi bubur dan mengental. 

Selanjutnya angkat bubur tapioka dan masukkan 250ml cuka serta garam secukupnya. Aduk hingga tercampur merata, dinginkan sebelum dikemas. 

Kemas ke dalam plastik, tutup rapat dan masukkan ke dalam freezer kulkas hingga membeku. Dengan menggunakan ice gel sederhana ini frozen food bisa bertahan hingga 3-4 hari. 

Perlu kamu ketahui juga bahwa ice gel pack yang dijual di Pasaran bisa mencapai 50.000 per lembar. Tentu hal ini memberatkan para pelaku bisnis karena beban operasional semakin bertambah. 

Jadi, mudah kan cara packing frozen food untuk dikirim ke luar kota itu? 

Nah bagi kamu yang sedang bisnis frozen food, kamu bisa menggunakan layanan Shipper untuk mengirimkannya. Meskipun makanan frozen berbeda dengan makanan lain, namun kamu tetap bisa mempercayakan pada kurir Shipper.Kurir akan datang membawa paket frozen food yang akan di kirimkan, informasi lebih jelasnya bisa diakses melalui https://shipper.id/shipping

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.