Tips Sederhana Kelola Stok di Gudang UMKM

Uncategorized24 May 2021
tips-kelola-gudang-umkm

Bagi Sobat Shipper yang memiliki usaha dagang, mengelola stok di gudang tentu adalah salah satu hal penting yang wajib dilakukan. Tak hanya mengelola saja, kamu juga harus melakukannya dengan cermat dan tepat. Hal ini berlaku untuk segala jenis bisnis, baik itu yang berskala internasional sampai kebutuhan gudang UMKM sekalipun.

Tanpa pengelolaan stok gudang yang baik, aktivitas penjualan tentu juga tidak akan bisa berjalan lancar. Misalnya stok tidak update, selisih stok, bahkan risiko stok barang hilang. Lalu, bagaimana agar kamu bisa kelola stok barang di gudang untuk menunjang aktivitas bisnismu?

Siapkan Data Stok yang Akurat

Pastikan bahwa kamu rajin membuat pencatatan stok gudang toko secara rutin. Pencatatan ini dibuat tak hanya berdasarkan stok barang yang ada di gudang toko online yang kamu kelola saja, tapi juga stok barang keluar alias barang terjual. Tujuannya tentu agar kamu benar-benar tahu berapa tepatnya stok barang yang kamu punya dan sukses terjual. Di samping itu, data ini juga akan bermanfaat dalam menghitung berapa kebutuhan stok barang dari supplier.

Buat Estimasi Persediaan

Setelah Sobat Shipper memiliki info mengenai stok barang masuk dan keluar, kamu bisa buat perkiraan, estimasi, atau forecast persediaan barang yang dibutuhkan setiap periodenya dari gudang pabrik supplier. Misal tiap minggu atau tiap bulan. Dengan begitu, kamu bisa ketahui sebenarnya ada berapa banyak jumlah stok yang bisa dikatakan “aman” untuk memenuhi kebutuhan pembeli serta mencapai target penjualan. Langkah ini juga penting untuk meminimalkan kelebihan stok di gudang gudang UMKM milikmu.

Cek Stok Sebelum Disimpan

Selain mendata stok, pastikan juga bahwa kamu juga rutin mengecek kondisi stok, Sobat Shipper. Pengecekan ini tentunya dilakukan ketika stok barang masuk ke gudang online shop atau UMKM milikmu untuk memastikan bahwa semua stok yang kamu simpan memang dalam kondisi baik. Kemudian, lakukan pengecekan berkala untuk memastikan semua stok masih dalam kondisi yang baik pula. Kamu tentu tak ingin memberikan barang dalam kondisi buruk kepada pembeli, kan?

Beri Kode Pada Barang

Buat kamu yang menjalankan usaha dagang, wajar kalau kamu menjual beberapa jenis atau tipe barang. Oleh karena itu, pastikan kamu menandai setiap barang untuk kemudahan dalam pendataan dan pengelolaan gudang toko, yaitu dengan memberikan kode. Misalnya di gudang toko online kamu punya produk jersey bola. Nah, kamu bisa tentukan kode berdasarkan klubnya, lalu ukurannya. Contohnya CHE-XL untuk jersey Chelsea ukuran XL, atau RM-L untuk jersey Real Madrid ukuran L.

Pisahkan Stok Lama dengan Stok Baru

Langkah ini terutama penting untuk kamu yang menjalankan usaha dagang dengan produk seperti makanan, minuman, serta produk-produk lain yang punya masa kadaluarsa. Dengan begitu, kamu bisa cegah risiko menjual produk yang nyaris atau malah sudah kadaluarsa kepada pembeli.

Selain itu, memisahkan stok lama dan baru juga mempermudah dalam memastikan bahwa produk yang masa kadaluarsanya lebih cepat perlu dikeluarkan lebih dulu dari gudang toko. Mengelola stok di gudang toko memang bisa jadi hal yang menantang. Untungnya, kamu bisa gunakan aplikasi gudang untuk mempermudah pekerjaanmu, lho! Soalnya, sudah ada platform sewa gudang dari www.shipper.id yang sangat mudah dan praktis.

Dengan Shipper, kamu bisa pilih jasa sewa gudang yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu, baik itu gudang UMKM online maupun gudang pabrik. Untuk info lengkapnya, klik www.shipper.id/warehouse sekarang juga!

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.