Tips Jitu Agar Laris Saat Harbolnas di Tokopedia

Uncategorized12 June 2022
tips-jitu-agar-laris-saat-harbolnas-di-tokopedia

Hallo Sobat Shipper, bertemu lagi di kesempatan ini. Sobat Shipper, ngomong-ngomong sudah pernah jualan online belum? atau membuat diskon di Tokopedia? Nah, apakah Sobat Shipper tahu kalau ada waktu terlaris untuk jualan online? Ya, waktu terlaris untuk jualan online adalah ketika ada event besar yang banyak diskon, promo, cashback, gratis ongkir, dan masih banyak lagi.

Salah satu event tersebut adalah HARBOLNAS. Harbolnas adalah hari belanja online nasional yang diadakan setiap tahunnya pada tanggal 12 Desember. Tokopedia juga ikut berpartisipasi dalam event ini, loh. Bahkan Tokopedia menyediakan promo khusus untuk Harbolnas setiap tahunnya.

Saat Harbolnas tiba, banyak sekali yang belanja lewat online hal ini dikarenakan adanya banyak diskon, promo, dan keuntungan yang didapatkan oleh pelanggan. Dampak bagi penjual apa sih? Dampaknya yaitu meningkatnya omset yang didapatkan saat Harbolnas tiba. Omset tersebut bahkan lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan biasanya.

Nah Sobat Shipper, bagaimana sih agar laris manis saat Harbolnas Tokopedia? Penasaran, ya? Yuk, simak tips keren dan terampuh dari Shipper.

Buat Branding Toko Online yang Pas

Branding yang baik enggak cuma di toko fisik. namun, lebih dari itu toko online juga perlu di branding, loh! Pastikan akun Tokopedia Sobat Shipper sudah mempunyai logo, banner, foto produk yang jelas, desain tokopedia kupon, packaging menarik dan aman, testimoni, hingga performa toko yang bagus. 

Berdasarkan penelitian, calon pelanggan sebelum melakukan checkout atau pembelian produk akan melihat toko kita, testimoni, dan layanan yang diberikan, loh. Memang branding untuk toko online nggak boleh disepelekan. Calon pelanggan akan merasa aman dan nyaman saat pelayanan toko tersebut bagus. tidak jarang juga pelanggan akan melakukan repeat order jika barang yang diterima sesuai dengan ekspektasinya.

Ketahui Minat Pasar

menjual barang bukan sembarang barang, ya. Alhasil jika kita menjual barang tanpa mengetahui minat pasar akan menyebabkan kebangkrutan pada toko online kita. Jika ingin laris saat Harbolnas pastikan untuk riset minat pasar jauh-jauh sebelum event diadakan. 

Misalnya saja, pada tahun 2021 minat pasar mengarah ke produk fashion, kesehatan dan perawatan diri, skincare, dan kebutuhan rumah tangga. Sobat Shipper dapat menjual salah satu dari produk tersebut jika ingin laris saat Harbolnas. Produk skincare peminatnya semakin hari semakin ramai, loh. Bukti nyatanya saja banyak wanita Indonesia yang memiliki paras glowing. Sobat Shipper juga nggak perlu susah-susah untuk mempromosikan skincare karena saat ini banyak influencer yang dengan sukarela mereview skincare dipakainya setiap hari sebagai bahan kontennya.

Namun, jika Sobat Shipper tidak punya keahlian di bidang tersebut nggak perlu risau karena masih dapat bisa memanfaatkan produk yang ada untuk event Harbolnas dengan cara memberikan diskon di Tokopedia.

Maksimalkan Fitur Membuat Diskon di Tokopedia

Tokopedia saat event Harbolnas menyediakan banyak diskon yang dapat digunakan penjual/seller untuk memanjakan pelanggannya. Sobat Shipper tinggal pilih diskon mana yang tepat untuk diberikan kepada calon pelanggan. Jenis-jenis diskon yang tersedia juga banyak macamnya, loh. Lantas apa saja diskon/promo terlaris yang diburu pelanggan dan bagaimana cara membuatnya?

1. Promo Buy 1 Get 1 Free

Pastinya Sobat Shipper tidak asing lagi dengan promo ini. Buy 1 Get 1 Free adalah salah satu promosi yang disukai pelanggan. Pelanggan merasa diuntungkan dari promo ini yang mana hanya membeli 1 produk akan diberikan gratis 1 produk lagi dengan pilihan yang tersedia.

Cara membuat promo di Tokopedia sangatlah mudah untuk jenis ini. Sobat Shipper hanya perlu mengubah judul dan deskripsi pada produk yang ingin dipromosikan pada event Harbolnas. Contoh judulnya adalah, “Buy 1 Get 1 Free Kaos Oblong” dan tambahkan kata-kata yang menarik di kolom deskripsi produk dengan contoh seperti, “Promo Harbolnas! Buy 1 Get 1 Free hanya untuk hari ini tanpa batasan order!”

2. Diskon Toko

Sobat Shipper dapat melakukan hal ini untuk melariskan dagangan saat Harbolnas tiba. Fitur Diskon Toko dapat diakses melalui aplikasi Tokopedia Seller. Membuat diskon di Tokopedia memungkinkan pelanggan untuk membeli produk apa saja di toko Sobat Shipper.

Fitur Diskon Toko dapat diakses oleh Official Store, Power Merchant PRO Expert, dan Ultimate pada halaman Iklan dan Promosi. Jadi, sebelum menggunakan fitur ini pastikan toko Sobat Shipper telah bergabung menjadi Official Store, Power Merchant PRO Expert, dan Ultimate, ya.

Cara membuat diskon di tokopedia adalah sebagai berikut ini:

  1. Buka Tokopedia Seller melalui Tokopedia website, ya. Kemudian pilih menu iklan dan promosi. Pada menu tersebut terdapat fitur Diskon Toko. Klik fitur tersebut.

2. Selanjutnya, tambahkan produk baru dengan klik tombol tambah produk 

3. Pilih produk yang akan dibuat sebagai diskon toko. Selanjutnya klik tambah produk

4. Pada tahap ini Sobat Shipper diwajibkan untuk memilih varian apa saja yang akan di diskon, maksimal pembelian produk, dan harga setelah di diskon atau persentase diskon. Silakan buat semaksimal dan semenarik mungkin, ya.

5. Selanjutnya, pilih periode diskon. Apakah seharian, seminggu, sebulan, atau setahun. Jika sudah silakan klik tombol simpan di bagian pojok kanan bawah.

6. Jika sudah disimpan nantinya produk yang di diskon akan otomatis berada pada menu berlangsung atau akan datang sesuai dengan periode yang telah Sobat Shipper atur. Selesai, gampang bukan?

3. Gratis Ongkir

Salah satu hal yang paling mengesalkan saat belanja online yaitu membayar ongkir yang lebih mahal dari harga produknya, bukan? Nah, solusi dari Tokopedia yaitu membuka program Gratis Ongkir. Program ini memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan harga ongkir yang miring. 

Program ini nantinya bukan berbentuk Tokopedia Kupon, tetapi otomatis tersedia saat harga produk yang dibeli minimal Rp 50.000. Nantinya, pelanggan akan mendapatkan gratis ongkir 

keunggulan menggunakan Bebas Ongkir Tokopedia adalah membantu meningkatkan penjualan hingga 50% dibandingkan toko yang tidak menggunakan Bebas Ongkir, meningkatkan pengunjung karena mereka lebih suka mencari produk dengan memfilter Bebas Ongkir, dan menjangkau pembeli di luar pulau 

Sobat Shipper akan dikenakan biaya potongan Bebas Ongkir Tokopedia. Power Merchant PRO akan dikenakan biaya 1,5% dengan maksimal Rp 10.000, Power Merchant 2,25% dengan maksimal Rp10.000, dan Regular Merchant 3% dengan maksimal Rp10.000 per produk terjual atau maksimal senilai Bebas Ongkir yang dibayar pembeli.

Promo gratis ongkir Tokopedia ini akan tersedia sampai kapanpun, ya. Jadi, Sobat Shipper nggak perlu khawatir takut tokonya tidak dapat ikutan promo ini.

4. Flash Sale

Belakangan, Flash Sales ramai digunakan sebagai strategi promosi oleh banyak brand. Flash Sale memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan harga gila-gilaan yang nggak masuk akal! Sebagai trigger nya, Flash Sale hanya diadakan dalam waktu 1-2 jam. Sobat Shipper dapat menggunakan Flash Sale sebagai cara memperlaris dagangan ketika Harbolnas, loh. Cocok banget pokoknya.

5. Cashback

Lagi populer juga, nih. Cashback aslinya sama dengan diskon. Hal yang membedakannya jika diskon potongan harga akan diberikan secara langsung. Sedangkan cashback, potongannya dibatasi dalam persentase atau besaran rupiah dan hanya dapat digunakan untuk transaksi berikutnya. Ini cocok banget buat Sobat Shipper yang ingin banyak produknya terjual laris saat Harbolnas, bukan? Hehehehe.

Nah, itulah berbagai cara untuk memperlaris toko di Tokopedia saat Harbolnas dan membuat diskon di tokopedia. Satu lagi yang nggak boleh ditinggalkan saat Harbolnas yaitu menggunakan produk Atoor dari Shipper untuk memudahkan dalam mengelola berbagai channel marketplace. Saat Harbolnas nggak mungkin cuma 1 marketplace aja kan? Agar lebih untung harus pakai banyak marketplace untuk jualan. Dengan Atoor Sobat Shipper tidak bakal kerepotan lagi mengelola berbagai marketplace.

Atoor merupakan layanan dari OCMS (Omni Channel Management System) dari Shipper yang pastinya berguna banget buat Sobat Shipper. Contoh salah satu kemudahan yang Atoor tawarkan adalah saat stok barang berjumlah total 50 buah, kemudian ada 1 barang yang terjual di salah satu e-commerce, maka stok produk di e-commerce lain akan otomatis berubah menjadi 49 buah. Sangat memudahkan Sobat Shipper bukan? Jadi Sobat Shipper tidak perlu lagi mengupdate produk secara manual di masing-masing e-commerce.

Jika Sobat Shipper ingin mempelajari lebih lanjut mengenai bagaimana caranya menggunakan produk Atoor ini, silakan langsung hubungi Atoor sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.