Yuk, Hindari Berbagai Kesalahan dalam Pengemasan Produk!

Uncategorized22 December 2021
tips-hindari-berbagai-kesalahan-dalam-pengemasan-produk

Dalam menjalankan proses pengemasan, berbagai peristiwa tak terduga amat berkemungkinan untuk terjadi lho Sobat Shipper, terutama untuk Sobat Shipper yang menggeluti bisnis online, fenomena tak terduga mulai dari melonjaknya orderan terhadap produk, stok barang yang menipis begitu cepat dari waktu yang diperkirakan, sampai munculnya kesalahan saat melakukan pengemasan produk, semua itu dapat terjadi. Nah, kesalahan dalam pengemasan produk ini perlu banget ya untuk diantisipasi. Karena kesalahan packing sendiri berpeluang memunculkan beragam masalah fatal lainnya. Maka dari itu, cara packing barang yang tepat amat diperlukan.

Pada artikel kali ini Sobat Shipper akan dikenalkan dengan berbagai permasalahan yang dapat muncul dalam proses pengemasan produk, dengan harapan agar kedepannya permasalahan tersebut dapat diantisipasi. Yuk, Sobat Shipper mari kita simak serba-serbi kesalahan dalam pengemasan produk berikut ini.

1. Berbagai Kesalahan dalam Pengemasan Produk

Oke Sobat Shipper, mari kita mulai tinjau terlebih dahulu berbagai kesalahan yang dapat muncul saat melakukan pengemasan produk. Berikut penjelasannya.

a. Pengemasan Barang yang Keliru

Wah, ini menjadi masalah yang cukup umum dialami saat melakukan pengemasan, ada banyak bentuk kekeliruan terhadap pengelompokan jenis produk dan kemasannya.  Seperti, apakah yakin ingin mengemas sepasang kaos kaki dengan sebuah kardus besar? Atau, apakah akan baik-baik saja bila mengemas sebuah laptop tanpa menyertakan kardus sebagai kemasannya?

b. Kurangnya Proteksi dalam Pengemasan Produk

Sobat Shipper pasti tidak mau bukan, ketika produk yang Sobat Shipper kirim atau terima ternyata mengalami kecacatan maupun kerusakan? Entah karena disebabkan oleh guncangan, himpitan, dan lain sebagainya.  Nah, faktor terbesar dari berbagai kerusakan yang terjadi pada produk, adalah kurangnya proteksi yang diterapkan dalam melakukan pengemasan produk.

c. Penulisan Alamat yang Tidak Lengkap Ataupun Keliru

Barang yang memiliki penulisan alamat yang tidak lengkap akan terhambat saat proses pengiriman nantinya, begitupun dengan penulisan yang keliru. Hal tersebut dapat merugikan banyak orang, baik itu kurir, pengirim, maupun penerima. Hal itu dapat berujung menjadi kerugian, karena barang tersebut amat berpotensi untuk hilang.

d. Ketidaksesuaian Produk

Sobat Shipper, pernah tidak mendapati produk yang nyatanya tidak sesuai dengan apa yang dipesan? Tentu rasanya kesal sekali bukan, karena barang yang dikirimkan tak sesuai pesanan. Dengan adanya hal ini, penerima pasti akan kecewa dan sulit untuk kembali mempercayai pengirim.

e. Alat Pengukuran Barang yang Tidak Sesuai

Masalah lain yang terkadang sering muncul dalam proses pengemasan barang adalah alat pengukuran barang yang nyatanya tidak sesuai atau tidak akurat. Sering kali pengukuran barang ini telah dilakukan terlebih dahulu di lokasi pengemasan dilakukan, namun ketika sampai ke tempat pelayanan jasa ekspedisi,  berat dari produk yang akan Sobat Shipper kirimkan justru keliru dari pengukuran yang sobat lakukan sebelumnya, dan pada akhirnya Sobat Shipper pun perlu mengeluarkan uang lebih untuk melakukan pengiriman. Hal ini dapat terjadi karena alat ukur yang digunakan oleh Sobat Shipper tidak akurat. Maka dari itu, alat ukur yang akurat amat diperlukan bagi Sobat Shipper.

2. Tips Packing Barang yang Tepat

Sobat Shipper, beragam masalah yang telah disebutkan tadi nyatanya cukup umum dan dapat dengan mudah ditemukan bukan? Maka, untuk menghindari beragam masalah tersebut, Sobat Shipper perlu menerapkan pengemasan atau proses packing yang tepat dan benar. Berikut ini adalah tips packing barang yang tepat untuk menghindari beragam kesalahan dan kekeliruan.

a. Meninjau Produk dan Kemasan Terlebih Dahulu

Sebelum masuk ke tahap pengemasan, Sobat Shipper perlu melakukan peninjauan terhadap produk yang akan dikemas serta kemasan yang akan dikenakan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mencegah munculnya masalah kekeliruan terhadap kemasan maupun produk itu sendiri, mulai dari produk kecantikan, kesehatan, pangan, elektronik, sampai bahan kimia, pasti memerlukan penanganan packing yang berbeda-beda.

b. Menerapkan Proteksi yang Tepat

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Sobat Shipper tentu tidak mau bukan mendapati packing barang online shop yang dikirim maupun diterima itu cacat? Nah, disinilah peran proteksi dibutuhkan, yakni untuk meminimalisir kerusakan produk.

Proteksi yang bisa Sobat Shipper berikan terhadap produk, antara lain berupa menyertakan bubble wrap yang dapat mencegah kerusakan produk akibat benturan, meletakkan produk pada kardus untuk memudahkan penataan, memberi berbagai tanda peringatan agar mendapat penanganan ekstra, seperti “jangan dibanting” atau “Awas Mudah Pecah.”, serta menggunakan silica gel sebagai penyerap lembab dan penghambat tumbuhnya jamur. 

c. Memulai Peninjauan Ulang

Selain melakukan peninjauan di awal, Sobat Shipper juga perlu ya dalam melakukan peninjauan ulang di akhir terhadap produk yang Sobat Shipper kemas. Lakukanlah berbagai bentuk pengecekan ulang dengan tepat dan benar, mulai dari pengecekan terhadap proteksi barang, apakah proteksi yang diterapkan sudah cukup atau belum. lalu pengecekan terhadap kondisi barang, apakah tidak ada kekeliruan pada barang yang dikemas, dan lain sebagainya.  

d. Komunikatif Saat Permasalahan Mulai Terjadi

Sobat Shipper,  ketika ada permasalahan yang mulai muncul, pada kesalahan penulisan alamat misalnya, usahakan untuk tetap tenang dan jangan panik. Karena, paket yang Sobat Shipper kirimkan dapat tetap sampai ke tangan penerima dengan selamat, apabila Sobat Shipper dapat menerapkan sikap komunikatif dengan jasa ekspedisi yang Sobat Shipper kenakan. Sobat Shipper dapat langsung melaporkan kesalahan terhadap penulisan alamat kepada jasa ekspedisi melalui pihak customer care, agar berikutnya pengiriman produk tersebut dapat diproses lebih lanjut dan pengiriman bisa diantar ke alamat yang tepat.

3. Jasa Ekspedisi yang Tepat

Tata cara dalam membungkus paket yang baik dan benar memang penting untuk diperhatikan, tentunya hal ini dilakukan agar produk terhindar dari berbagai bentuk permasalahan seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Tapi perlu diingat, pemilihan jasa ekspedisi yang tepat dan terpercaya tak boleh diabaikan.

Jasa ekspedisi yang tepat adalah jasa ekspedisi yang memiliki harga kompetitif, dapat dipercaya, dan memiliki kualitas. Untuk Sobat Shipper yang ingin melakukan pengiriman berbagai produk, mulai dari produk kesehatan, pangan, kecantikan, sampai elektronik, Sobat Shipper dapat mengandalkan Shipper sebagai jasa ekspedisi yang terpercaya, berkualitas, dan memiliki  harga yang kompetitif tentunya. Shipper siap melayani pengiriman barang dengan selamat dan aman sampai ke tangan penerima. Maka dari itu… Yuk, intip beragam keunggulan yang ada pada  jasa ekspedisi Shipper lainnya, di Shipper.id.

Nah Sobat Shipper, dapat kita simpulkan bahwa dalam melakukan pengemasan produk, tata cara packing yang benar amat diperlukan, karena dengan tata cara packing barang yang baik. Berbagai permasalahan yang timbul saat melakukan pengemasan pun dapat diantisipasi dan diminimalisir. Oh iya, jangan lupa ya untuk memilih jasa ekspedisi yang tepat dan terpercaya seperti Shipper. Karena dengan jasa ekspedisi yang tepat Sobat Shipper dapat mengirimkan produk sampai ke tangan yang tepat pula. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi websitenya di shipper.id!

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.