5 Jenis Peralatan Gudang yang Harus Ada, Apa Saja

Uncategorized13 July 2021
tips-gudang-penyimpanan

Apa yang terbayang di kepala Sobat Shipper ketika memikirkan gudang penyimpanan? Ruang luas dengan rak-rak berukuran tinggi dan besar, yang menjulang hingga ke langit-langit? Susunan barang yang tersimpan rapi?

Bicara soal gudang, barangkali rak penyimpanan adalah satu-satunya perlengkapan gudang yang paling sering terlintas di kepala. Akan tetapi, apakah kamu tahu kalau untuk menjalankan fungsi gudang penyimpanan, ternyata rak saja tidaklah cukup?

Kalau begitu, apa saja ya perlengkapan yang perlu ada di dalam sebuah gudang penyimpanan agar dapat berfungsi dan beroperasi secara optimal? Cek daftar dan penjelasannya di bawah ini, yuk!

1. Perlengkapan Dock Penerimaan dan Pengiriman

Perlengkapan dan peralatan dock yang keliru bisa menimbulkan risiko bagi karyawan, lho! Karena dock merupakan area pertemuan antara proses penerimaan dan pengiriman, keamanannya harus jadi prioritas utama. Oleh karena itu, sekadar memiliki perlengkapan yang komplit saja tidak cukup; kamu juga harus memastikan seluruh perlengkapannya berkualitas agar proses penerimaan dan penyerahan barang berjalan mulus.Beberapa contoh perlengkapan dock penerimaan dan pengiriman misalnya papan dock, ramp, dock lift, dan dock leveler.

2. Konveyor

Konveyor merupakan perlengkapan penanganan yang berfungsi untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain. Jadi, prosesnya tak perlu lagi kamu lakukan secara manual. Biasanya, konveyor paling sering ditemukan di dalam gudang penyimpanan bahan baku untuk memindahkan bahan baku dari gudang ke area produksi atau perakitan. Tapi, konveyor juga bisa digunakan untuk kebutuhan lain seperti pemindahan barang dari gudang ke area packing dan sebagainya. Beberapa contoh konveyor misalnya belt conveyor, gravity roller conveyor, automotive conveyor, dan vertical conveyor.

Baca Juga: Keuntungan Memiliki Gudang untuk Simpan Logistik Kantor yang Perlu Diketahui

3. Perlengkapan Penyimpanan

Sesuai dengan namanya, perlengkapan ini dibutuhkan di setiap gudang penyimpanan untuk menyimpan barang persediaan maupun bahan baku. Tujuannya adalah untuk memastikan penggunaan kapasitas penyimpanan gudang secara efisien dan optimal, melindungi persediaan, dan mempermudah staff gudang dalam menemukan persediaan yang dibutuhkan dengan cepat.

Contoh perlengkapan penyimpanan yang paling umum adalah rak, dengan pilihan jenis, dimensi, ukuran, material, dan bentuk yang sangat beragam. Jadi, kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhan maupun jenis barang yang kamu simpan.

4. Perlengkapan Pengangkutan

Jenis perlengkapan ini terdiri atas berbagai tipe yang berfungsi untuk menunjang proses pengangkutan dan penyimpanan barang. Jika mesin yang digunakan bermasalah, tak hanya penanganan barang saja yang bisa menghadapi kendala, tapi juga risiko kerusakan yang muncul juga lebih besar. Contoh perlengkapan pengangkutan yang biasa ditemukan di dalam gudang penyimpanan misalnya forklift, hand truck, service cart, dan crane.

5. Perlengkapan Pengemasan

Proses pengemasan tak hanya melibatkan aktivitas pembungkusan produk, tapi juga pembuatan desain wadah pengemasan yang dapat melindungi produk di dalamnya serta mudah untuk di-handle. Oleh karena itu, perlengkapan pengemasan memainkan peran vital dalam proses pengiriman barang yang lebih hemat waktu dan tenaga karyawan.

Beberapa contoh perlengkapan pengemasan misalnya timbangan pabrik, lakban, tabel pengemasan, dan mesin pembungkus. Tak hanya banyak, kebutuhan perlengkapan gudang penyimpanan juga butuh biaya yang tak sedikit kan, Sobat Shipper? Untuk bisnis berskala besar yang sudah mapan, hal ini barangkali bukan masalah krusial. Tapi, bagaimana dengan kamu yang baru saja merintis usahamu, atau sekadar menjalankan usaha UKM?


Tenang saja, karena ada Shipper yang siap jadi solusinya! Lewat layanan gudang Shipper, kamu bisa sewa gudang penyimpanan barang tanpa harus keluar biaya ekstra untuk segala perlengkapannya. Jadi, kamu cukup sewa ruang gudang sesuai dengan kebutuhan kapasitas penyimpanan saja. Mudah, kan? Tertarik menggunakan jasa gudang dari Shipper? Klik https://shipper.id/warehouse sekarang juga untuk info lengkapnya, ya!

Baca Juga: Buyer dalam Purchasing, Apa Saja Proses dan Tugasnya?

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.