6 Tips Foto Produk Makanan yang Harus Kamu Ketahui!

Uncategorized09 September 2021
tips-foto-produk-makanan

Untuk Sobat Shipper yang saat ini sedang menjajal industri kuliner. Membuat sebuah foto produk makanan ini dirasa penting. Terutama untuk media promosi di aneka sosial media yang dimiliki.

Hasil jepretan yang keren, dan menarik, sedikit banyak membuat banyak para konsumen tertarik untuk mencicipi aneka hidangan yang tengah Sobat Shipper tawarkan.

Kenapa Foto Produk Penting untuk Industri Makanan

Jika ditanya apakah foto produk makanan itu penting. Maka jawabannya, sudah tentu penting. Karena melalui foto, Sobat Shipper dapat menunjukkan karakteristik dari brand yang Sobat Shipper buat.

Selain itu dengan melalui foto yang bagus, dan menarik, membuat orang penasaran dan mulai mencari tahu lebih lanjut tentang kuliner yang Sobat Shipper buat. Bagaimana bentuk aslinya, cita rasanya, dan hal lainnya. Ini akan jadi salah satu ajang promosi menarik, praktis, dan pastinya juga ekonomis.   

Baca juga: 6 Jenis Entrepreneur di Indonesia yang Bisa Kamu Geluti!

Tips Foto Produk Makanan

Lalu bagaimana seharusnya Sobat Shipper membuat foto produk makanan. Tidak terlalu sulit. Yang harus dilakukan antara lain:

1. Pikirkan Komposisi Saat Mempersiapkan Makanan

Untuk cara foto produk makanan yang pertama kali harus diperhatikan adalah, memperhatikan komposisi makanan yang akan difoto. Dalam hal ini Sobat Shipper akan memperhatikan posisi letak detail objek yang akan difoto, mulai dari posisi letak alat makan, posisi sayuran, dan yang lainnya. Semuanya harus terlihat proporsional.  

2. Pilih Alas yang Tepat

Dalam membuat foto makanan, perhatikan juga permukaan alas makanan yang akan digunakan. Misalnya saja Sobat Shipper akan membuat foto produk makanan ringan, paling pas jika disimpan di atas talenan kayu. Sedangkan untuk foto salad, ada baiknya jika disimpan dalam mangkuk berwarna putih, agar aneka macam warna sayuran jadi terlihat dengan jelas.

3. Bermain dengan Perspektif

Teknik pengambilan gambar juga perlu diperhatikan, tidak harus selalu dari arah atas saja, tapi bisa juga foto makanan diambil dari arah samping atau dari sudut lainya. Sebagai contoh foto produk makanan misalnya saja, Sobat Shipper akan memotret, steak yang dilengkapi dengan aneka garnish, maka Sobat Shipper dapat mengambil foto dari adah samping, namun cenderung ke arah atas.

Hal ini dilakukan untuk memperlihatkan steak, saus dan aneka garnish yang ditata secara cantik. Beberapa teknik pengambilan gambar yang paling banyak digunakan, antara lain close up, frame, dan yang lainnya.  Semua sudut gambar, mampu menciptakan hasil gambar yang berbeda.

4. Memberi Ruang

Dalam mengambil foto produk makanan kemasan misalnya, Sobat Shipper juga harus memperhatikan komposisi yang seimbang, agar tidak berat sebelah. Dengan menyeimbangkan tata letak makanan dan hiasan lainnya. Membuat frame yang dihasilkan jadi terlihat lebih cantik.

Sedikit tips, usahakan frame tersebut tidak terlalu penuh. Beri sedikit ruang agar komposisinya terlihat lebih estetik.  

5. Mengatur Sistem Pencahayaan

Salah satu tips foto produk makanan, yang harus Sobat Shipper perhatikan adalah, perhatikan sistem pencahayaan yang ada. Agar kualitas foto yang dibuat kelak, berkualitas. Kapan cahaya yang diberikan harus terang, sedikit redup, menggunakan cahaya alami, atau yang lainnya.

6. Bercerita Melalui Foto

Selain memberikan foto produk makanan yang sudah jadi. Tidak ada salahnya jika Sobat Shipper memotret bagaimana kisah proses pembuatan produk makanan tersebut. Hal seperti ini terlihat sepele, namun mampu membuat banyak konsumen merasa tertarik untuk membeli produk makanan tersebut.  

Jadi foto produk makanan mempunyai peran yang cukup penting, untuk membuat produk makanan yang Sobat Shipper produksi, agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Selain Sobat Shipper dapat memotret produk makanan tersebut sendiri, bisa juga menggunakan jasa foto makanan yang tepat.


Baca juga: Didorong Vaksinasi, Seperti Apa Perkembangan Sewa Gudang Sepanjang 2021?

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.