Seller Wajib Tahu! Tips Buat Video Produk dengan Peralatan Seadanya

Uncategorized08 December 2021
tips-buat-video-produk

Daftar Isi
1. Cara Buat Video Iklan Produk Hanya dengan HP
2. Tips Meyakinkan Pelanggan dalam Video Review Produk
3. Tips Buat Video Produk dengan Peralatan Seadanya
4. Tips Membuat Iklan Video Produk Minuman
5. Cara Membuat Video Produk dengan Teknik One Take
6. Intip Tips Video Low Budget dengan Hasil Eksklusif
7. Edit Video Cinematic dengan 6 Aplikasi Ini
8. Tips Sukses Membuat Video Animasi untuk Promosi Produk
9. Aplikasi untuk Membuat Video Motion Graphic
10. Ide Konsep Video Promosi Produk yang Trend di 2021

Bisnis sekarang tak lagi sulit. Semua dipermudah dengan era digital yang berkembang pesat ini. Semua orang dituntut untuk paham dengan perubahan jaman ini. Dan bisnis jadi salah satu yang berkembang pesat di dunia digital.

Tidak hanya dalam penyebaran produk, tapi marketing pun sekarang tak lagi menggunakan brosur selembaran yang dibagikan di jalan. Kini semuanya serba online dan lebih interaktif. Sobat Shipper bisa menggunakan poster yang dibagikan di sosial media, atau yang lebih interaktif adalah membuat sebuah video keren tentang produknya.

Ya, video produk menjadi salah satu hal yang bisa diandalkan oleh para pembisnis karena pelanggan bisa lebih menggunakan seluruh inderanya untuk menilai produk sobat Shipper. Mulai dari visual yang memanjakan mata, hingga suara yang akan memperjelas detail produk yang akan sobat Shipper paparkan.

Sobat ingin coba buat video produk tapi tidak punya banyak alat untuk membuat video yang keren? Jangan minder dulu, karena kamu bisa menggunakan alat seadanya loh. Tak perlu khawatir, karena dengan alat seadanya, Sobat Shipper juga bisa menghasilkan sebuah video produk yang berkualitas juga. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Ikuti tips-tips dibawah ini supaya hasil dari pembuatan video produk dengan alat seadanya bisa tetap keren!

1. Buat Konsep Video

Konsep video adalah hal dasar sebelum membuat sebuah video produk. Kenapa sobat Shipper membutuhkan sebuah konsep? Konsep sendiri dibuat untuk mengatur alur apa yang akan dibuat.

Sehingga video iklan produk yang akan sobat buat nantinya memiliki satu buat cerita yang unik dan tidak asal-asalan ada saja.

Konsep video kreatif ini alangkah baiknya dipikirkan secara matang. Mulai dari alur videonya sampai dengan makna apa yang ingin Sobat Shipper berikan dalam sebuah video produk tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus sobat perhatikan dalam membuat sebuah konsep video :

a. Opening yang menarik

Berdasarkan riset, orang-orang hanya menonton sebuah video produk pada 10 detik pertama saja. Ya, 10 detik pertama menjadi sesuatu yang krusial dalam sebuah video produk. Oleh karena itu, opening menjadi salah satu penentu apakah video produk yang sobat Shipper buat bisa menarik atau tidak.

Jadi, jangan sepelekan bagian opening ya. Shipper bisa memberikan beberapa saran opening yang cukup menarik untuk dibuat. Bisa dibuat cuplikan adegan yang menarik, atau membuat penasaran banyak orang. Atau bisa juga dibuat ajakan untuk berinteraksi dengan penontonton. Buat konsep opening dengan matang, sehingga hasil yang didapat juga memuaskan.

b. Storytelling yang dibangun

Konsep video yang Sobat Shipper buat tentunya harus memiliki alur. Bukan hanya alur transisi kamera, tapi juga alur penceritaan. Sobat Shipper harus memikirkan sebuah storytelling pada video produk yang akan dibuat.

Sebuah video iklan yang bagus tidak hanya mementingkan visualnya, tapi juga memperhatikan isinya. Karena pelanggan kalian tidak hanya ingin melihat detail produknya saja, melainkan sebuah kisah menarik dari video yang dibuat.

Jika Sobat Shipper berhasil memberikan sebuah cerita yang bisa diingat oleh para pelanggan, maka kamu sudah berhasil membuat konsep video yang menarik! Karena dengan itu, brand Sobat Shipper pasti akan diingat terus.

Sobat sudah terlanjut membuat video produk dengan mementingkan visual? Coba gunakan voice over untuk membuat sebuah kisah baru. Atau mungkin sobat bisa mengambil beberapa video tambahan yang bisa membuat sebuah alur cerita.

Jangan takut untuk merekan video dengan suara. Cara merekam video agar suara jernih, kamu bisa gunakan kain untuk melapisi handphone sebagai recorder suaranya. Dengan menambahkan kain, suara yang masuk akan tersaring dan yang masuk hanyalah suara inti saja. Atau sobat Shipper bisa menggunakan earphone supaya suara yang masuk fokus.

c. Isi pesan pada video harus sesuai dengan produk

Seperti yang sudah dikatakan pada poin sebelumnya, storytelling itu penting pada sebuah video produk. Oleh karena itu, isi pesan yang ingin sobat Shipper sampaikan juga berpengaruh pada hasilnya loh.

Konsep video kreatif yang baik juga harus menyesuaikan antara isi pesan dan juga produknya. Jangan asal-asalnya membuat storytelling, karena menarik harus juga berisi.

Sisipkan beberapa pesan yang bisa diambil dari video iklan produk yang ingin sobat buat. Tidak perlu ditunjukan secara jelas, biarkan pesannya jadi tersirat tapi haurs bisa sampai pada penonton.

2. Lihat Alat di Sekitar yang Bisa di Manfaatkan

Jika sudah menyiapkan konsep, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan peralatan untuk pengambilan gambar. Tak masalah jika Sobat Shipper tak punya peralatan mahal. Sobat Shipper bisa gunakan apa yang ada di sekitar sobat saja.

Berikut ini adalah beberapa alat untuk membuat video yang ada di sekitar kita, dan pasti mudah dijumpai di rumah kalian :

a. Tak punya kain polos? Gunakan gordern sebagai latar

Sobat Shipper pasti kebingungan karena di setiap video tutorial membuat video keren pasti menggunakan kain hitam atau putih sebagai latar belakang. Kamu tidak punya kain berukuran besar yang polos? Tapi sobat pasti punya gorden kan?

Manfaatkan gorden untuk latar bekalang video kalian. Tapi gunakan gorden dengan motif dan warna polos. Usahakan yang berwarna netral jangan yang terlalu terang. Tapi jika produk yang ingin sobat jual memang berkonsep warna-warni, sobat bisa cocokan kembali.

Gorden memang memiliki motif garis garis. Ini bisa diakali dengan menarik ujung-ujung gorden sehingga kain jadi lurus.

b. Lighning mahal – ganti dengan bohlam lampu fitting colok saklar

Beli lightning hanya untuk pembuatan video rasanya terlalu boros. Walaupun begitu sobat sepertinya tetap harus membeli peralatan untuk menambah pencahayaan. Tapi tak perlu mahal-mahal. Sobat Shipper bisa membeli sebuah lampu fitting colok saklar yang harganya dikisaran 20-30 ribuan saja.

Ini bisa menghemat budget Sobat Shipper dan juga menambah kualitas video produk yang akan kamu buat. Penggunaanya juga mudah dan bisa dipindahkan kemana-mana dengan mudah.

c. Sesuaikan properti dengan produk

Terakhir adalah menyesuaikan properti yang digunakan dengan produk yang akan dibuat video produknya. Jika produk yang Sobat Shipper jual adalah makanan, maka bisa menggunakan properti alat dapur atau bahan makanan. Jika produknya adalah barang, misalnya produk make-up maka gunakan cermin atau mungkin beberapa barang kecantikan lainnya yang berhubungan.

3. Perhatikan Camera Movement

Rasanya hambar jika video yang direkam terlalu statis. Sobat Shipper harus mengeksplorasi gerakan kamera supaya lebih bervariasi. Coba lihat beberapa video produk dan bagaimana pergerakan kameranya. Kamu bisa mengikuti dan sedikit memodifikasi sesuai konsep yang sudah kamu buat.

Hasil akhirnya nanti bisa sobat edit. Sudah banyak aplikasi edit video android yang bisa sobat gunakan dengan mudah, jadi jangan khawatir dalam penyatuan videonya nanti. Gunakan aplikasi gratis sesuai dengan kemampuan Sobat Shipper. Jangan lupa perhatikan fitur-fitur yang ada, dan manfaatkan sebaik mungkin.

Usahakan buat dengan natural dan tidak terlalu berlebihan dalam editingnya. Coba sobat Shipper lihat beberapa referensi supaya bisa melihat apa yang bagus dan cocok editingnya untuk video yang sobat buat.

Ikuti tips-tips diatas dan Sobat Shipper bisa menghasilkan sebuah video produk berkualitas walau dengan barang seadanya. Hasil yang sudah kamu buat ini pastinya bisa memberikan dampak pada brand sobat loh. Setelah brandnya naik, maka ada hal lain yang harus kamu pikirkan. Pelanggan bertambah, dan sobat harus segera mengirim produk-produknya! Tenang, Shipper bisa membantu dengan cepat dan tepat! Shipper bisa memberikan jasa pengiriman dengan cepat tanpa merusak barang. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa kunjungi websitenya di shipper.id

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.