8 Tips Untuk Membuat Konsumen Melakukan Repeat Order

Uncategorized09 November 2021
tips-agar-konsumen-melakukan-repeat-order

Daftar Isi
1. Cara Menentukan Produk Paling Laris
2. Cara Membuat Deskripsi Produk yang Menarik
3. Trik Jitu Menentukan Harga Jual agar Menang saat Perang Harga 
4. Tips Membuat diskon/ Promo yang Efektif 
5. Teknik Closing Ampuh untuk Jualan
6. Tips Membuat Konsumen Repeat Order
7. Mengelola Iklan Agar Jualan Laris dan Tidak Rugi
8. Tips Menggunakan Influencer sebagai Media Pemasaran
9. Seberapa Ampuh Affiliate Marketing untuk Bisnis
10. Strategi  Mengelola Database untuk UMKM

Sobat Shipper, untuk bisa membuat daganganmu makin laris, tentunya kamu ingin agar konsumen kembali ke tokomu dan melakukan repeat order. Sebagai penjual tentunya Sobat Shipper ingin agar tingkat penjualan di toko online tidak hanya stabil tapi bisa terus meningkat. Cara meningkatkan penjualan tidak hanya fokus menarik konsumen baru, tapi juga harus memikirkan supaya pembeli repeat order. Repeat order artinya mengupayakan agar konsumen yang pernah membeli melakukan pembelian ulang ke tokomu. Yuk simak tips membuat konsumen repeat order yang benar agar toko onlinemu tetap untung dan ramai pembeli. Mari simak tipsnya berikut ini!

1. Memberi Pelayanan Pelanggan yang Baik

Cara meningkatkan penjualan yang pertama dan paling penting adalah memberikan pelayanan pelanggan yang terbaik. Jika pelayanan pelanggan di toko online kamu buruk apalagi sampai mengecewakan pelanggan, bisa dipastikan kecil kemungkinan customer repeat order. Maka, posisikanlah diri sebagai pembeli. Pahami apa saja ekspektasi pembeli dan bagaimana membuat pembeli nyaman bertransaksi di toko online kamu.

Caranya adalah menyambut pelanggan dengan ramah, menjawab pertanyaan dengan sopan dan jelas. Jika pembeli bertanya, komplain atau memberi masukkan untuk toko online kamu, maka berikan respon yang cepat dan ramah. Kesan baik pada pembelian pertama dapat membuka peluang besar pembeli melakukan repeat order.

2. Memberi Diskon untuk Pembelian Berikutnya

Kupon diskon untuk pembelian selanjutnya merupakan tips membuat konsumen repeat order yang cukup efektif. Konsumen akan terdorong untuk repeat order karena punya kupon diskon yang belum terpakai. Khususkan pemberian diskon ini kepada pelanggan baru toko online kamu.

Penerapan kupon diskon agar customer repeat order bisa berupa kode voucher yang kamu berikan kepada pelanggan di dalam paket pesanannya. Selain itu, kupon diskon bisa diberikan melalui e-mail, chat atau SMS kepada konsumen potensial.

Jangan khawatir jika memberi banyak diskon bisa membuat toko kamu merugi. Kamu harus memperhitungkan dengan cermat berapa persen diskon yang bijak. Strategi diskon ini justru bisa meningkatkan penjualan di kemudian hari. Maka, dengan perhitungan dan strategi pemasaran online yang baik toko online tidak akan rugi.

3. Gunakan Sistem Poin untuk Member

Sistem member toko online bertujuan untuk memberi keistimewaan kepada pelanggan setia. Pelanggan setia adalah pelanggan yang cukup rutin melakukan pembelian di toko online kamu. Mereka adalah konsumen penting dan perlu diberikan pelayanan terbaik agar tetap loyal dan setia. Salah satunya dengan membuat kartu member pelanggan. Berikan kartu member dengan ketentuan diskon berulang jika customer repeat order.

Sistem member tidak hanya menguntungkan pembeli tapi juga menguntungkan dari sisi penjual. Beberapa keuntungan sistem member untuk penjual di antaranya adalah:

●    Menjalin hubungan baik dengan pelanggan agar tetap loyal.

●    Mendapat data pelanggan untuk kebutuhan analisis bisnis.

●    Lebih mudah memberikan info ke pelanggan mengenai produk baru atau program promosi.

4. Berikan Bonus Produk

Tips membuat konsumen repeat order berikutnya adalah memberikan bonus produk. Bonus produk yang diberikan kepada pelanggan harus produk yang relevan dan berpotensi dibeli oleh konsumen di lain waktu. Tidak harus memberikan produk dalam kemasan utuh, Sobat Shipper bisa berikan dalam bentuk kemasan tester. Tips ini banyak dilakukan untuk penjual produk makanan, produk kecantikan dan sebagainya.

Untuk melakukan metode ini kamu perlu paham siapa target konsumen yang potensial dan produk apa yang pas untuknya. Maka dari itu, penting untuk mengenali siapa konsumen dan produk apa saja yang kamu jual. Jika memberikan bonus produk tanpa perhitungan kemungkinan tidak cocok dengan kebutuhan pelanggan dan justru menjadi tidak efektif untuk meningkatkan penjualan. 

5. Gunakan Strategi Pemasaran Retargeting

Dalam dunia pemasaran online ada istilah retargeting. Retargeting adalah strategi pemasaran online yang bertujuan untuk menarik kembali minat pelanggan yang pernah berinteraksi di toko online kamu agar melakukan pembelian. Dalam penerapan retargeting menggunakan media internet.

Contoh penerapan retargeting yaitu jika kamu pernah mengunjungi website toko online A lalu keluar dari website tersebut. Di lain waktu, ketika kamu berselancar di internet kamu akan mendapatkan iklan dari website toko online A tersebut bisa berupa info brand, produk baru atau promo menarik. Tujuannya supaya kamu ingat dan menjadi tertarik untuk kembali ke website toko online A untuk melakukan transaksi pembelian.

Selain melalui iklan online yang muncul di website lain, retargeting bisa kamu lakukan melalui e-mail marketing, chat atau iklan media sosial. Cek transaksi calon pelanggan yang belum selesai melalui sistem web toko online kamu. Pelanggan yang memasukkan produk kamu ke dalam keranjang tapi belum membayar adalah konsumen potensial sebagai target strategi marketing retargeting.

6. Gunakan Metode Personalized Marketing

Tips membuat konsumen repeat order berikutnya adalah dengan memanfaatkan personalized marketing. Personalized marketing adalah upaya meningkatkan penjualan dengan memperhatikan relevansi produk atau image brand dengan target konsumen yang dituju. Contoh sederhananya dengan mengirimkan penawaran melalui pesan atau e-mail marketing kepada pelanggan yang pernah membeli di toko online kamu.

Kamu bisa menawarkan produk yang relevan dengan produk yang sebelumnya pernah dibeli oleh pelanggan tersebut. Analisis riwayat pembelian pelanggan di toko online kamu dan pilihkan beberapa produk yang sepertinya akan berguna atau dibutuhkan oleh pelanggan tersebut. Keuntungan dan strategi personalized marketing adalah kamu bisa menargetkan produk kepada pelanggan yang lebih spesifik sehingga kemungkinan membeli lebih besar.

7. Menjaga Kualitas Produk dan Harga Kompetitif

Strategi pemasaran online memang penting untuk mendorong pelanggan agar mau melakukan repeat order. Namun, selain dari segi promosi kamu pun perlu menjaga kualitas dan harga barang yang dijual. Di luar sana, kompetitor bisnis terus berkembang dan bertambah. Cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan agar tetap setia berbelanja di toko online kamu adalah dengan menjaga kualitas produk yang kamu jual, menambah pilihan produk agar lebih bervariasi dan memberikan harga yang kompetitif.

Memberikan harga murah dan diskon namun menurunkan kualitas produk bukan solusi yang baik untuk meningkatkan penjualan. Kualitas produk yang baik tetap menjadi hal utama untuk menjaga kesetiaan pelanggan terhadap toko online kamu.

8. Memperhatikan Proses Pengiriman Barang

Salah satu daya tarik jual beli online adalah keamanan dan kecepatan pengiriman. Jika semua tips membuat konsumen repeat order sudah kamu jalankan, namun proses pengiriman barang buruk maka pelanggan bisa kecewa. Proses pengiriman berhubungan dengan packing, pemilihan ekspedisi yang profesional dan memastikan produk tiba di tangan konsumen dalam keadaan baik dan tepat waktu.

Sobat Shipper, semoga tips membuat konsumen repeat order bisa kamu terapkan dan berguna untuk meningkatkan penjualan dan perkembangan bisnis kamu. Jangan lupa selalu perhatikan dan tingkatkan pelayanan pelanggan dengan memilih jasa pengiriman terbaik dan teraman dengan jangkauan luas. Shipper siap menjadi partner bisnis kamu dalam hal logistik. Kunjungi websitenya di shipper.id untuk tahu keunggulan lainnya! 

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.

Latest Article