7 Teknik Closing Penjualan yang Bikin Konsumen Beli Produkmu!

Uncategorized23 August 2021
teknik-closing-jualan

Apa konsumenmu akhir-akhir ini sering menanyakan harga atau stok barang tanpa melakukan pembelian? Hal tersebut memang menyebalkan, tetapi bisa jadi penyebabnya terjadi dari closing yang kurang tepat dalam berjualan.

Ya, closing jualan membutuhkan teknik tertentu supaya calon pelanggan tidak berhenti di pertanyaan. Dengan mengaplikasikan cara closing penjualan yang tepat, target konsumen yang kamu incar dijamin bakal langsung membeli produk tanpa banyak tanya.

1. Kenali watak pelanggan

Watak pelanggan memang macam-macam. Ada yang bingung memilih barang, ada yang gemar basa-basi, dan ada juga yang cepat menentukan item mana yang diperlukan. Mengenali watak pelanggan yang mendominasi target konsumen bakal membantumu merancang closing yang tepat. Jadi, konversi pembelian pun bakal lebih bagus.

2. Empati dan pujian

Berempati merupakan teknik menempatkan diri di tempat orang lain, dalam hal ini konsumen. Teknik closing ini cukup ampuh dilakukan kalau kamu sudah menguasai masalah yang dihadapi konsumen dan solusinya. Memberikan pujian adalah cara yang lebih mudah dari berempati, tetapi kamu harus melakukannya sehalus mungkin supaya tak disangka menjilat atau berbohong.

3. Berikan diskon atau kupon

Barangkali cara ini yang paling mudah kamu terapkan supaya konsumen cepat mengambil keputusan. Namun, kamu juga harus cerdas dalam menawarkannya, sebab ada kalanya konsumen hanya mau membeli kalau ada diskon atau kupon. Misalnya dengan mencantumkan harga sebelum dan sesudah dipotong. Closing seperti ini akan memperlihatkan transparansi sekaligus menarik atensi.

Baca juga: 6 Langkah Supaya Kamu Menjadi Seller Favorit di Marketplace

4. Eksklusif atau terbatas

Beberapa konsumen merasa senang memiliki barang atau memakai jasa yang sifatnya eksklusif. Kamu dapat menerapkannya sebagai strategi closing penjualan. Salah satu contoh umum yang sering dipakai adalah mencantumkan kuota terbatas pada produk yang dipasarkan. Kemudian, kamu bisa kombinasikan dengan teknik lain seperti memberikan diskon.

5. Bagikan cerita dari orang lain

Membagikan cerita dari orang lain adalah cara lain yang kerap digunakan sebagai closing. Misalnya, katakan kalau ada pelanggan yang membeli produk di tempatmu setelah melakukan pencarian di marketplace dan terus memesan karena puas dengan kualitasnya. Gunakan kalimat-kalimat persuasif supaya calon pelanggan jadi penasaran.

6. Keuntungan membeli

Hampir sama dengan teknik eksklusif, strategi ampuh penjualan ini dilakukan dengan permainan kata. Sebagai contoh, katakan kalau mereka membeli produk sekarang, maka mereka bakal mendapatkan diskon besar-besaran. Sekilas cara ini terkesan memaksa, jadi kalau calon pelanggan menolak, jangan terlalu dipaksakan, ya.

7. Sekarang atau tidak sama sekali

Dibandingkan cara-cara sebelumnya, closing penjualan ini bersifat to the point. Kamu bisa saja mencobanya, asalkan barang atau jasa yang ditawarkan memang bagus dan sudah terbukti benefitnya oleh konsumen lain. Sebagai tip, ada baiknya kamu menggunakan teknik-teknik sebelumnya di tahap awal, lalu pilih metode ini saat kamu sudah mendapatkan kepercayaan konsumen.

Closing yang kamu gunakan buat berbisnis harus didampingi dengan layanan konsumen yang baik. Mengingat closing penjualan berada di tahap mendekati akhir transaksi, kamu perlu perhatikan layanan-layanan setelahnya, termasuk pengiriman barang. Pilih penyedia jasa shipping berpengalaman seperti Shipper yang siap mengantarkan pesanan konsumen ke seluruh Indonesia hingga luar negeri.

Dengan Shipper sebagai pihak pengantar barang, kamu pasti bakal dapat feedback positif dari pelanggan. Mereka bahkan bisa saja membeli produk lagi dari kamu. Jadi sebelum menyesal, cek layanan pengiriman barang dari Shipper di https://shipper.id untuk informasi lebih lengkap.


Baca juga: 6 Cara Melakukan Rebranding Bisnis Agar Semakin Lancar

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.