Simak! 6 Teknik Closing Ampuh untuk Jualanmu Makin Laris

Uncategorized09 November 2021
teknik-closing

Daftar Isi
1. Cara Menentukan Produk Paling Laris
2. Cara Membuat Deskripsi Produk yang Menarik
3. Trik Jitu Menentukan Harga Jual agar Menang saat Perang Harga 
4. Tips Membuat diskon/ Promo yang Efektif 
5. Teknik Closing Ampuh untuk Jualan
6. Tips Membuat Konsumen Repeat Order
7. Mengelola Iklan Agar Jualan Laris dan Tidak Rugi
8. Tips Menggunakan Influencer sebagai Media Pemasaran
9. Seberapa Ampuh Affiliate Marketing untuk Bisnis
10. Strategi  Mengelola Database untuk UMKM

Sobat Shipper, dalam dunia bisnis kita tahu ada istilah closing jualan. Teknik closing yang efektif dapat membantu meningkatkan penjualan toko online kamu. Closing termasuk bagian marketing strategi untuk menghasilkan transaksi penjualan dari konsumen potensial terhadap bisnis yang kamu jalankan. Cara closing penjualan online sebagai salah satu upaya agar calon pembeli yakin dan benar-benar melakukan transaksi pembelian produk.

Sobat Shipper perlu tahu teknik closing ampuh untuk menarik pelanggan. Cara closing penjualan online yang tepat dibutuhkan agar calon konsumen tidak hanya bertanya mengenai produk yang diminati saja. Penjual perlu mendorong dengan pendekatan yang baik agar pelanggan jadi membeli. Teknik closing yang efektif sangat dibutuhkan oleh setiap penjual khususnya penjual online.

Sebelum mulai masuk ke teknik closing untuk jualan, sebaiknya Sobat Shipper sebagai penjual harus tahu apa saja yang penting sebagai persiapan closing. Persiapan closing di antaranya memahami produk yang kamu jual dengan baik terutama keunggulannya. Selain itu, penting untuk mengenali target konsumen supaya bisa mendapat gambaran bagaimana watak pembeli dan cara pendekatan dan membangun kepercayaan yang baik. Yuk, cari tahu teknik closing yang efektif untuk diterapkan ke dalam bisnis kamu!

1. Teknik Bertanya pada Calon Konsumen

Tips closing pertama yang bisa dilakukan adalah memberikan pertanyaan pilihan bukan pertanyaan ya atau tidak. Contoh pertanyaan pilihan yang bisa mendorong calon konsumen yaitu “Kak, jadi mau beli bajunya yang warna merah atau hitam?”

Tujuan dari memberi pertanyaan pilihan supaya konsumen tidak dihadapkan langsung untuk menolak dengan menjawab ‘tidak’. Pertanyaan pilihan memberikan waktu agar calon konsumen memikirkan kembali bahwa produk tersebut layak untuk dipilih. Boleh juga ditambahkan basa-basi yang sopan seperti memberi saran untuk pilihan produk yang cocok dengan konsumen.

2. Teknik Meyakinkan Konsumen

Teknik closing berhubungan dengan cara meyakinkan konsumen. Sebelum meyakinkan konsumen, sebagai penjual kamu perlu yakin dan optimis bahwa calon pembeli akan tertarik dan benar-benar membeli produk yang ditawarkan. Dengan kamu merasa yakin, maka kamu bisa meyakinkan konsumen dengan interaksi membuat konsumen merasa nyaman. 

Contohnya, jika kamu chat ke seller di marketplace dan bertanya tentang produk yang dijual, namun jawaban seller tersebut adalah ‘tidak tahu’ atau hanya menjawab seadanya tanpa memberi penjelasan dan tidak menunjukan rasa ramah atau antusias kepada kamu sebagai calon pembeli. Awalnya mungkin kamu berniat membeli dan malah tidak jadi.  

Nah, itu contoh dari sisi pembeli. Sebagai penjual kamu perlu mengetahui sudut pandang calon pembeli agar bisa memperlakukan calon pembeli dengan baik. Ketika konsumen merasa diterima dengan baik dan merasa dilayani dengan nyaman, kemungkinan dia akan benar-benar membeli produk semakin besar. 

3. Teknik Sekarang atau Tidak Sama Sekali (Now or Never)

Teknik closing now or never menjadi salah satu marketing strategi yang cukup efektif. Dalam penerapan teknik closing now or never memang terkesan agak memaksa, namun ini ampuh. Caranya yaitu ketika ada calon konsumen yang bertanya mengenai produk yang dia inginkan, sebagai penjual kamu bisa memberikan informasi yang mengharuskan konsumen membeli produk itu sekarang. Misal, memberi informasi kelangkaan produk atau batas waktu diskon dan sebagainya.

Contoh pertanyaan untuk teknik now or never yaitu “Kalau beli sekarang diskonnya 50% tapi besok sudah harga normal ya, Kak.” atau “Kak, stok produk ini di kami tinggal 1 loh, karena best seller banget dan kami belum tahu kapan restock lagi.”

4. Teknik Empati 

Cara closing penjualan online yang efektif adalah memberikan rasa empati kepada konsumen dengan cara yang baik dan sopan. Untuk menggunakan teknik empati ini sebagai penjual kamu wajib tahu siapa target konsumen dan apa produk yang kamu tawarkan. Kamu harus bisa memposisikan diri berada di situasi yang dirasakan konsumen. Pahami apa masalah yang biasa mereka rasakan dan solusinya ada pada manfaat atau keunggulan produk yang kamu jual.

Contoh, jika kamu menjual produk kecantikan untuk mengatasi jerawat, lalu konsumen bertanya apakah produk yang kamu jual bisa mengatasi jerawatnya. Maka, jawablah dengan meyakinkan dan logis. 

Jawaban yang kurang tepat : “Bisa banget, Kak.” 

Jawaban yang lebih baik : “Bisa Kak, saya juga sudah coba produknya sendiri. Dulu saya pernah jerawatan parah sampai nggak PD kalau ketemu orang. Terus saya ketemu produk ini dan nyoba ternyata efeknya cepat. Selain mengatasi jerawat, ada kandungan vit C yang bikin kulit lebih cerah bantu menghilangkan bekas jerawatnya.” 

Bandingkan jawaban pertama dan kedua. Jawaban kedua terasa lebih meyakinkan bagi konsumen karena pembeli ikut berbagi pengalamannya dan menambahkan info keunggulan produk yang relevan dengan kebutuhan pelanggan. 

5. Teknik Coret Harga

Jika teknik sebelumnya mengedepankan interaksi antara penjual dan pembeli, teknik closing selanjutnya berhubungan dengan copywriting dalam marketing produk. Teknik coret harga bisa diterapkan dalam penjualan online dan offline. Hasilnya cukup efektif karena konsumen akan merasa tertarik bisa mendapatkan produk tersebut di bawah harga seharusnya. 

Caranya simpel, kamu perlu mencantumkan harga yang normal yang ditawarkan lalu coret dan berikan perbandingan harga saat ini yang lebih murah. Contoh copywriting untuk teknik coret harga yang menarik misalnya, “Super murah cuma hari ini dari harga Rp150.000 menjadi Rp90.000!”

Teknik closing ini lebih mudah dan efektif mempengaruhi psikologi calon konsumen karena melihat langsung perbandingan harga normal dan harga promo yang terasa jauh lebih murah. Jika dibandingkan dengan hanya mencantumkan harga promo saja, calon pembeli tidak tahu berapa harga normal atau malas kalau harus mengecek label harga satu per satu.

6. Teknik Testimoni

Cara closing penjualan online dengan memberitahu testimoni pelanggan lain yang sudah menggunakan produk cukup efektif untuk meyakinkan calon konsumen. Sobat Shipper sebagai penjual bisa mencantumkan testimoni pelanggan pada bagian deskripsi produk atau memberi tahu jika ada pembeli yang bertanya melalui chat atau telepon.

Testimoni menjadi bukti seberapa efektif manfaat produk tersebut bagi pelanggan lain. Hal ini akan mendorong calon pelanggan untuk ikut membeli produk yang sama. Untuk lebih meyakinkan pelanggan menggunakan teknik testimoni kamu bisa membagikan testimoni pelanggan di media sosial supaya bisa diketahui calon pelanggan lainnya.  

Sobat Shipper itulah beberapa teknik closing ampuh untuk jualan yang bisa kamu coba. Closing jualan efektif untuk meningkatkan keyakinan calon pembeli untuk benar-benar membeli produk yang Sobat Shipper jual. Jangan lupa, selalu pakai pilihan jasa pengiriman terbaik dan teraman untuk meningkatkan kepuasan pelanggan berbelanja di toko online kamu, ya. 

Mari bekerja sama dengan Shipper! Shipper adalah layanan pengiriman terpercaya dengan jangkauan luas untuk pengiriman dalam dan luar negeri.  Kamu bisa melakukan penjadwalan pengiriman secara online dengan gratis biaya jemput. Untuk info lebih lanjut kamu bisa mengunjungi websitenya di shipper.id

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.