Strategi Menyusun Promo Menarik Agar Efektif Bagi Toko Online

Uncategorized11 April 2022
strategi-menyusun-promo-menarik-agar-efektif-bagi-toko-online

Promo menjadi salah satu elemen penting yang mempengaruhi daya beli konsumen terhadap suatu produk. Dimana di era digitalisasi yang menghadirkan berbagai marketplace dengan beragam online shop ini, cukup sulit bagi konsumen untuk melakukan kegiatan tawar-menawar dengan penjual, karena harga jual yang dicantumkan dapat dikatakan sudah paten dan tidak dapat dikurangi.

Namun, hal tersebut tidak lagi berlaku apabila pembeli mendapatkan potongan harga alias diskon terhadap sebuah produk di online shop tertentu. Karena dengan mendapatkan potongan harga, harga jual dari suatu produk bisa saja mengalami penurunan yang cukup drastis, dan dapat menghadirkan ketertarikan yang lebih terhadap minat beli konsumen.

Nah, potongan harga atau diskon tersebut dapat dikategorikan sebagai salah satu bagian dari promo. Promo yang dapat dihadirkan dalam berbagai jenis dan bentuk yang berbeda-beda ini, memiliki peranan penting dalam pelaksanaan penjualan online, dan menjadi salah satu kunci larisnya penjualan online yang dapat Sobat Shipper terapkan.

Terutama bagi para  pebisnis UMKM alias Usaha Mikro Kecil Menengah, tentunya ada banyak peranan yang dihadirkan dari adanya promo. Oleh karenanya, sebagai seorang pebisnis UMKM Sobat Shipper tidak perlu khawatir untuk memikirkan strategi promo yang baik dan tepat, karena pada artikel ini Sobat Shipper akan dihadirkan dengan strategi menyusun promo menarik untuk UMKM yang dapat menjadi salah satu cara jualan laris di marketplace.

Seperti apa saja strateginya? Yuk, simak pembahasan strategi promosi jualan online berikut ini!

1. Mulai Berkenalan dengan Digital Marketing

Sobat Shipper, untuk kamu yang cukup sering berselancar di sosial media pasti tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini bukan? Ya, istilah digital marketing acap kali kita temukan dan jumpai pada berbagai platform digital yang dipakai di kehidupan sehari-hari. Misalnya, saat membuka aplikasi Instagram, tak jarang kita temukan berbagai jenis iklan dalam bentuk feed atau story yang bermunculan. Atau saat menggunakan mesin pencari Google, tentu kamu sering menjumpai situs web pengiklanan saat mencari keyword tertentu bukan?

Nah, kedua bentuk pengiklanan tersebut dapat dikategorikan sebagai bagian dari strategi digital marketing. Dimana strategi digital marketing ini, tengah eksis dan populer untuk diterapkan oleh para pebisnis, bahkan untuk pebisnis UMKM sekalipun. Wah, kok bisa memangnya apa saja peranan yang dihadirkan oleh strategi digital marketing?

Tentu saja ada beragam, karena dengan membentuk pemahaman terhadap digital marketing dengan baik dan apik, kamu dapat menyajikan promosi jualan online secara murah,  praktis, efektif, dan efisien. Terlebih untuk kamu yang melakukan penjualan online di berbagai marketplace. Cara jualan online laris di marketplace, pastinya dapat Sobat Shipper terapkan dengan memahami strategi digital marketing secara utuh dan menyeluruh.

Nah, ketika Sobat Shipper telah memahami konsep dari strategi marketing ini. Maka selanjutnya, Sobat Shipper dapat meninjau, apa saja kiat promosi produk yang memiliki relevansi kuat dan keterkaitan erat dengan digital marketing ini! Karena sekarang sudah saatnya pebisnis UMKM maju dengan prosedur yang lebih efektif, pengelolaan yang jauh lebih efisien, serta realisasi dengan harga murah namun bukan dengan hasil yang murahan.

2. Meriset dan Menentukan Produk yang Relevan dan Menarik

Setelah Sobat Shipper berkenalan dan memahami apa yang dimaksud dengan strategi digital marketing. Yang penting Sobat Shipper lakukan selanjutnya, agar dapat membangun strategi promosi yang baik adalah melakukan riset dan menentukan produk yang relevan dan menarik.

Memangnya apa saja sih berbagai produk menarik, yang relevan dengan minat dan kebutuhan konsumen? Dimana produk-produk tersebut, juga masih memungkinkan pula untuk dipasarkan oleh pebisnis UMKM. 

Tentu saja, ada begitu banyak jenis produk yang dapat Sobat Shipper pasarkan, misalnya saja seperti produk kecantikan layaknya skincare yang tengah eksis di pasaran, produk fashion seperti hijab yang terus hadir dengan inovasi beragam, sampai produk kuliner semisal beragam jajanan kekinian. Tentunya berbagai jenis produk ini dapat Sobat Shipper pilih untuk dipasarkan bukan?

Namun, sebelum melakukan penjualan, Sobat Shipper perlu memastikan terlebih dahulu, bahwa produk-produk tersebut relevan untuk nantinya dipasarkan. Lantas bagaimana caranya?  Nah, untuk meninjau seberapa relevan produk tersebut dipasarkan, Sobat Shipper dapat memanfaat berbagai tools yang telah disediakan. Misalnya saja penggunaan, tool Google Trends.

Dimana dengan tool yang satu ini Sobat Shipper dapat melihat perkembangan eksistensi dari suatu produk. Oleh karenanya, langkah yang satu ini jangan sampai terlewat apalagi terabaikan ya.

3. Memahami Target Pasar dengan Baik

Kunci dari terbentuknya strategi promo yang matang dan efektif, adalah dengan menghadirkan pemahaman terhadap target pasar secara baik. Ya, pemahaman terhadap target pasar ini amat penting untuk Sobat Shipper bentuk sedari awal, karena dengan hadirnya target pasar yang jelas, maka Sobat Shipper dapat mematangkan strategi promosi penjualan secara sistematis.

Apakah itu anak-anak, remaja, atau dewasa? Tak hanya itu, Sobat Shipper juga dapat membuat target pasar sesuai dengan gender yang relevan, atau rentang usia yang cukup spesifik. Pada akhirnya, target pasar tersebut dikembalikan lagi pada peninjauan relevansi konsumen terhadap sebuah produk.

Maka dari itu, apabila Sobat Shipper memiliki kesulitan dalam menentukan target pasar. Sobat Shipper dapat menggunakan berbagai tools penunjang, dan melihat berbagai kompetitor yang bermunculan.

4. Gunakanlah Platform Marketplace dan Menyajikan Periklanan

Di era digitalisasi seperti saat ini, untuk membuat strategi promo yang baik dan efektif, kamu perlu menyatupadukan realisasi digital marketing yang sebelumnya sempat disinggung. Nah, sebelum menerapkan realisasi tersebut Sobat Shipper perlu membuat toko online alias online shop, sebagai media pemasaran dan perniagaan.

Ada berbagai platform marketplace yang hadir dan cukup terkenal di Indonesia. Di antaranya adalah Tokopedia, Shopee, Lazada, dan masih banyak lagi. Ada pula platform marketplace lain seperti halnya Facebook Marketplace, dan berbagai situs web lainnya yang memfasilitasi aktivitas perniagaan. 

Usai mengenali berbagai marketplace ini, Sobat Shipper dapat melakukan promosi dengan menggunakan berbagai bentuk periklanan yang dapat meningkatkan konversi dan brand awareness. Seperti halnya penggunaan Google Ads, Instagram Ads, Facebook Ads, dan lain sebagainya. Hadirnya media periklanan ini amat menyajikan peranan besar terhadap keberhasilan dari tindak promosi yang kamu lakukan. 

Misalnya saja, dengan menggunakan Facebook Ads, hal tersebut dapat menghantarkan peningkatan terhadap cara jualan online di Facebook yang dapat menghantarkan pada keuntungan dan kesuksesan. Tentu hal tersebut akan sangat membantu Sobat Shipper bukan? 

5. Membuat Promosi Menarik Melalui Konten

Yang satu ini juga dapat kamu coba Sobat Shipper, dimana untuk menarik atensi konsumen, kamu dapat membuat promosi melalui penyajian konten menarik di berbagai platform sosial media, layaknya Instagram, Facebook, TikTok, atau bahkan membuat promosi melalui blogmu sendiri.

Antara lain, berbagai konten yang dapat Sobat Shipper tawarkan adalah konten-konten yang inovatif, inspiratif, dan kreatif. Layaknya konten tips, tutorial, dan masih banyak lagi. 

Nah, Sobat Shipper itu dia kiat strategi yang dapat kamu perhatikan untuk menerapkan strategi promomu dengan baik dan tepat. Maka dari itu, setelah membentuk strategi promosi yang baik dan matang, kamu dapat meninjau operasional bisnismu menggunakan Atoor sebagai platform omnichannel andalan. Yuk, cek informasi lengkap mengenai Atoor sekarang

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.