Simak 4 Langkah Mencari Client dalam Dunia Bisnis Berikut Ini

Uncategorized05 July 2021
strategi-mencari-client-dalam-dunia-bisnis

Istilah client atau klien tak bisa Sobat Shipper lepaskan begitu saja dari dunia bisnis dan pemasaran. Client adalah salah satu posisi krusial yang bakal menentukan profit yang diterima hingga reputasimu di mata masyarakat luas.

Akan tetapi, masih ada beberapa orang yang menyamakan client  dengan istilah lain seperti customer dan consumer. Ketiganya sekilas terdengar sama, tetapi pengertian client tak memiliki kedudukan sebanding.

Membedakan client, customer, dan consumer

Sebelum membahas cara mendapatkan client, bedakan dulu, yuk, definisinya dari customer dan consumer!

1. Client

Secara garis besar, client adalah posisi yang dikaitkan dengan pihak yang memakai produk dari produsen. Hanya saja, berbeda dari consumer, client lebih identik dengan penggunaan jasa dan punya hubungan yang lebih personal dibandingkan customer.

2. Customer

Orang-orang yang disebut sebagai customer atau pelanggan memiliki perilaku yang serupa dengan peran client. Mereka melakukan transaksi untuk mendapatkan produk yang nantinya digunakan untuk diri sendiri atau orang lain.

3. Consumer

Satu hal yang membedakan customer dengan consumer atau konsumen adalah proses transaksi. Consumer mungkin memakai produk yang Sobat Shipper tawarkan, tetapi cara mendapatkannya bisa datang dari orang lain yang menjadi customer.

Cara-cara menjaring client potensial untuk bisnis

Karena client adalah posisi utama yang dibahas dalam artikel ini, mari kita lanjutkan ke pembahasan untuk mendapatkannya!

Baca juga: 5 Sifat Entrepreneurship yang Harus Ada Sebelum Jualan Online

1. Riset untuk menemukan client ideal

Dalam bisnis, riset adalah salah satu cara menemukan klien secara cepat. Sobat Shipper susun pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan kriteria client, peluang diajak kerja sama, hingga ketepatan pembayaran. Kemudian, cek di mana calon-calon client tersebut menghabiskan waktu mereka. Ada dua ‘tempat’ yang dapat Sobat Shipper kunjungi, antara lain website dan media sosial. Terutama kalau bisnis yang dijalankan sudah mengandalkan teknologi.

2. Bangun hubungan dengan calon client

Client adalah sosok-sosok yang harus Sobat Shipper jaga relasinya demi keberlangsungan bisnis. Di tahap awal, pelaku bisnis yang umumnya mendekati calon client setelah menemukan tempat mereka beraktivitas. Kalau client bisnis potensial tersebut sering mengunjungi website, sediakan konten-konten organik dan sesuai niche. Sementara kalau mereka kerap berkumpul di media sosial, tingkatkan engagement dengan membuka topik berdasarkan minatnya.

3. Berlatih untuk menyempurnakan strategi

Begitu Sobat Shipper berhasil menarik perhatian calon client, lanjutkan dengan menyempurnakan strategi melalui latihan berkala. Sebagian besar client cenderung mencari produk lain apabila produk yang ditawarkan kurang memenuhi ekspektasi. Jadi sebelum meluncurkan strategi tersebut, Sobat Shipper lakukan riset lagi terhadap perusahaan mereka atau pihak-pihak yang lebih memahami kebutuhan mereka.

4. Tawarkan nilai proposisi nilai

Client adalah pihak yang penuh pertimbangan sehingga Sobat Shipper harus memberikan sebuah penawaran yang dapat dianggap sebagai solusi. Proposisi nilai yang dipresentasikan secara efektif dapat memperlihatkan pesan sejelas mungkin dalam waktu singkat. Sobat Shipper dapat menggunakan poin-poin, sub-judul, gambar, atau video untuk menahan perhatian mereka sampai akhir. Dengan begitu, Sobat Shipper bisa memancing mereka membuat kesepakatan.

Bagi Sobat Shipper yang menjalankan bisnis di bidang logistik, tak ada salahnya menjadikan Shipper sebagai client terpercaya buat melancarkan kegiatan operasional. Shipper memenuhi kriteria client yang diidamkan banyak orang. Sebut saja layanan shipping ke berbagai lokasi, tarif terjangkau, dan aktif di platform online. Sebagai bukti, mampir saja ke https://shipper.id buat mempelajari konten-konten dan jasa yang disediakan.

Baca juga: 5 Influencer Indonesia yang Sukses dengan Bisnisnya!

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.