Rekrut Karyawan Gudang Tak Boleh Sembarangan! Intip 3 Strategi Memilihnya, Yuk!

Uncategorized16 July 2021
strategi-memilih-karyawan-gudang

Disewakan gudang oleh para penyedia warehouse semakin memudahkan kamu buat mengembangkan usaha bisnis, khususnya dalam stok barang. Saat usaha dikelola dengan baik, tak menutup kemungkinan kamu bakal menyewa gudang lebih besar. Selain itu, kamu juga akan merekrut karyawan pergudangan (warehouse staff) untuk mengoptimalkan penyimpanan barang.

Rekrutmen karyawan tentunya harus dilakukan dengan serius, terutama kalau kamu belum memiliki tempat penyimpanan sendiri dan menggantungkan sewa gudang usaha. Lalu, seperti apa kriteria dan job desc yang wajib dipenuhi karyawan pergudangan?

Job desc karyawan pergudangan

Perekrutan karyawan sebenarnya bisa kamu pertimbangkan sambil mencari lowongan disewakan gudang. Khususnya kalau sejak awal kamu punya modal yang cukup atau usahamu memang butuh bantuan karyawan untuk mengatur ketersediaan barang. Memikirkan kriteria warehouse staff sejak awal pun menjadi bukti keseriusanmu dalam mengurus usaha dan aset-asetnya.

Adapun tanggung jawab atau job desc yang wajib dipenuhi karyawan pergudangan mencakup:

  • Menyiapkan penyimpanan barang dan kelengkapan pengiriman;
  • Membuat laporan gudang terkait arus masuk-keluar barang hingga biaya sewa gudang;
  • Mengecek stok barang yang masuk ke dalam gudang, mengontrol ketersediaan, hingga mencegah kehilangan barang akibat pencurian, kerusakan, maupun kebakaran;
  • Melakukan bongkar muat barang di gudang dan menandatangani surat penerimaan maupun pengeluarannya;
  • Merawat dan memelihara gudang untuk menjaga kegiatan operasional.

Baca juga: Ketahui Proses Sewa Jasa Gudang Jakarta Melalui Shipper

Strategi menemukan karyawan pergudangan

Seperti saat mencari penyedia warehouse yang memberikan tawaran disewakan gudang, merekrut karyawan membutuhkan strategi juga supaya kamu dipertemukan dengan SDM kompeten. Ada tiga hal langkah yang bisa kamu praktikan, antara lain:

1. Mendalami skill calon karyawan

Kamu yang pernah jadi staf HRD mungkin sudah familiar dengan tahap awal ini. Ketika calon-calon karyawan gudang usaha mengirimkan CV dan surat lamaran, pelajari baik-baik skill yang dicantumkan. Apakah sudah memenuhi kriteria? Apakah mereka bersedia mengikuti aturan dan mau berkembang bersama denganmu? Di sisi lain, kamu juga harus bisa menyediakan pelatihan untuk meningkatkan skill karyawan yang ditugaskan menangani pergudangan.

2. Menganalisis prinsip dan komitmen calon karyawan

Kecakapan karyawan dalam mengatur barang atau membantumu mencari tempat disewakan gudang dapat dinilai dari prinsip dan komitmennya. Pemeriksaan ini bisa kamu lakukan di tahap wawancara dengan menanyakan motivasi kerja dan menyesuaikan visi-misi mereka dengan perusahaan. Hubungkan juga dengan loyalitas yang karyawan tunjukkan, sebab faktor ini mempengaruhi produktivitas kerja dan loyalitas mereka padamu, lho!

3. Menggali kepribadian calon karyawan

Kepribadian sangat berhubungan erat dengan job desc yang bakal karyawan lakoni. Misalnya, untuk menghitung tarif sewa gudang, mereka tentu harus teliti dan cepat. Kemudian untuk mengelola barang, mereka harus mampu menaruh atensi tinggi terhadap detail. Disiplin, kerja keras, bertanggung jawab, dan berani ambil resiko adalah hal-hal lain yang sebaiknya kamu gali dari kepribadian karyawan untuk menunjang operasional gudang.

Dengan kehadiran karyawan kompeten, kamu dijamin tak merasa sia-sia mengaplikasikan sistem di gudang bagus. Namun, bagaimana kalau kamu justru belum menemukan tempat penyimpanan barang yang memadai, sementara sudah memegang karyawan yang baik? Disewakan gudang oleh Shipper menjadi solusi yang bisa kamu ambil sebagai jalan keluar yang tepat!

Ketersediaan layanan dan fasilitas optimal memungkinkan karyawan menjalankan tugas-tugasnya di gudang milik Shipper. Begitu pula dengan kamu yang bakal lebih fokus memantau performa karyawan dan permintaan konsumen. Jadi, yuk, buka https://shipper.id/warehouse untuk mendapatkan lokasi gudang terbaik dari Shipper!
Baca juga: Trik Memilih Sewa Gudang Terbaik Sesuai Kebutuhan Bisnis Kamu

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.