5 Strategi Digital Marketing untuk UMKM di Masa Pandemi

Uncategorized19 October 2021
strategi-digital-marketing

Menjalankan strategi digital marketing yang baik tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan bisnis skala besar. Bisnis rumahan atau UMKM juga sangat berpeluang untuk lebih berkembang. Caranya adalah dengan menerapkan strategi digital marketing UMKM yang tepat.

Di masa pandemi seperti saat ini, semakin banyak orang menghabiskan waktu berselancar online. Salah satu aktivitas online adalah berbelanja untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Maka jangan sampai peluang meningkatkan profit bisnis Sobat Shipper berkurang, hanya karena tidak menerapkan strategi digital marketing yang tepat.

Ada banyak fitur online yang dapat Sobat Shipper gunakan untuk memajukan usaha UMKM yang sedang dijalankan. Berikut ini 5 strategi digital marketing untuk UMKM yang dapat diaplikasikan.

1. Tentukan Tujuan Utama

Sebelum Sobat Shipper menjalankan strategi digital marketing UMKM, maka terlebih dahulu tentukan tujuan utama dari pemasaran digital bisnis Anda. Memiliki tujuan utama sangat penting untuk mengukur keberhasilan upaya pemasaran digital yang dilakukan.

Beberapa tujuan strategi digital marketing yang umumnya ditetapkan para pelaku bisnis UMKM antara lain adalah:

· Meningkatkan lalu lintas pengunjung pada website

· Meningkatkan keterlibatan antara merek dan pelanggan

· Menghasilkan prospek berkualitas tinggi dalam jumlah besar

· Konversi prospek menjadi penjualan

· Mendukung atau meningkatkan perolehan pendapatan

Dengan menetapkan tujuan digital marketing maka Sobat Shipper dapat menentukan strategi yang paling tepat.

2. Membangun Kehadiran yang Kuat di Media Sosial

Saat ini, mayoritas pemilik bisnis online telah menggunakan media sosial sebagai bagian dari strategi digital marketing. Hal ini menjadi penting karena komunikasi langsung atau tatap muka dengan pelanggan bisa sangat terbatas di masa pandemi.

Maka dari itu, pemilik bisnis harus memiliki media sosial agar dapat menjangkau konsumen tanpa melakukan pertemuan. Terlebih lagi media sosial juga dapat menjadi saluran untuk menjangkau konsumen sesuai sasaran tanpa terbatas jarak.

3. Menggunakan Email Pemasaran untuk Terhubung dengan Konsumen

Mungkin banyak yang mengira bahwa email pemasaran sudah ketinggalan jaman. Nyatanya, untuk bisnis skala kecil menengah email pemasaran bisa menjadi strategi digital marketing yang efektif. Sobat Shipper dapat memanfaatkan email pemasaran untuk membangun koneksi lebih personal dengan klien.

Email pemasaran tergolong efektif untuk membuat pelanggan tetap setia menggunakan produk. Sobat Shipper dapat mempersonalisasi email pemasaran yang dikirim pada klien. Cara ini juga dapat membuat pelanggan lama kembali untuk menggunakan produk yang ditawarkan.

4. Perluas Marketing Website

Memiliki website merupakan bagian penting untuk memperoleh kepercayaan pelanggan. Jika sebuah bisnis tidak memiliki situs web, kehadiran bisnis Sobat Shipper di pasar online pada dasarnya tidak ada. Contoh strategi digital marketing website antara lain adalah dengan membuat artikel-artikel atau video di blog usaha Sobat Shipper.

5. Mulai Menggunakan Video Marketing

Startegi digital marketing UMKM selanjutnya adalah dengan menggunakan video. Pasalnya, penggunaan video yang menarik mampu membantu usaha kecil mendominasi pasar digital. Hal ini dikarenakan rata-rata pengguna internet dapat menghabiskan 88% lebih banyak waktu di sebuah website dengan konten video yang menarik.

Itulah beberapa strategi digital marketing yang dapat digunakan oleh UMKM. Mulailah dengan menentukan tujuan yang jelas dan kemudian menyusun rencana strateginya. Setiap bisnis tentu unik dan berbeda. Apa pun tujuan Sobat Shipper dalam melakukan pemasaran digital, perhatian utama adalah agar bisnis dapat tetap bertahan, termasuk di masa pandemi seperti saat ini. Dan tentu saja, jangan lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap pelayanan konsumen. Gunakan jasa Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi shipper.id

Baca Juga : Apa Itu Email Marketing dan Kegunaannya untuk Bisnis Online

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.