Cara Antisipasi Slip and Trip di Area Kerja untuk Menjaga Pelaksanaan Fungsi Gudang

Uncategorized02 September 2021
slip-and-trip-gudang

Sejumlah fungsi gudang yang mencakup tempat penyimpanan barang hingga lokasi distribusi dapat berjalan optimal dengan keberadaan SDM bermutu. Sayangnya, masih ada pengelola gudang yang belum memperhatikan keselamatan karyawan di tempat kerja, sehingga menyebabkan kecelakaan seperti terpeleset dan tersandung (slip and trip).

Jangan sepelekan risiko ini, sebab data dari Bureau of Labor Statistics mengungkapkan, lebih dari tiga juta kecelakaan terjadi di tempat kerja setiap tahun. Kebanyakan di antaranya terjadi di area gudang. Fungsi gudang barang bisa saja terhambat kalau kamu tak melakukan antisipasi terhadap risiko-risiko kecil seperti tersandung maupun terpeleset.

Risiko slip and trip di area gudang

Terpeleset dan tersandung merupakan jenis kecelakaan yang bisa menimbulkan cedera ringan sampai serius di sekitar punggung, lutut, serta pergelangan kaki. Akibatnya, karyawan harus menghentikan kegiatan yang berkaitan dengan fungsi gudang. UK Healthy and Safety Executive pun mengungkapkan sekitar 90% kasus slip and trip berpotensi memicu patah tulang hingga kematian,

1. Faktor Penyebab Terpeleset (slip)

Ada sejumlah penyebab fungsi gudang terhambat yang harus diperhatikan. Ketika karyawan terpeleset, faktornya bisa disebabkan tumpahan cairan, bahan-bahan kering, material lantai yang terlalu licin, hingga kebocoran pada pipa, mesin, dan atap. Kadang alas kaki kurang tepat pun bisa memicunya.

2. Faktor Penyebab Tersandung (trip)

Terhalangnya fungsi gudang akibat karyawan tersandung bisa datang dari area pejalan kaki yang terhambat, penataan barang yang berantakan, bagian lantai rusak sampai hilang, hingga penerangan yangkurang merata dan memadai.

Baca juga: 5 Hal Ini Harus Kamu Siapkan untuk Keselamatan Staf Gudang, Apa Saja?

Solusi untuk Mencegah Slip and Trip di Gudang

Pencegahan slip and trip di gudang terbilang sangat mudah dan bisa kamu lakukan secara berkala. Sebut saja menghilangkan jenis-jenis kontaminasi yang rentan ditemukan di lantai. Sejumlah metode pembersihan juga bisa membantunya, antara lain:

  • Spot cleaning untuk membersihkan lantai di titik terjadinya tumpahan;
  • Mopping atau mengepel dengan kain pel efektif pada permukaan lantai halus;
  • Sweeping sebagai fungsi pembersihan gudang termudah dengan sapu dan cocok untuk kontaminan kering;
  • Wet vacuuming untuk membersihkan kontaminan cair menggunakan vacuum cleaner di area gudang yang basah;
  • Dry vacuuming untuk membersihkan kontaminan kering menggunakan dry vacuum claener di lantai berstekstur kasar.

Kemudian supaya fungsi gudang yang dilaksanakan karyawan tak terganggu, terapkan langkah-langkah berikut ini:

  • Tentukan rute operasi kerja untuk menjauhkan hambatan-hambatan seperti tumpukan barang di luar rak hingga limbah di area pejalan kaki.
  • Memasang pelapis anti-slip pada lantai dan rambu berdasarkan potensi bahaya, misalnya rambu K3 dan floor marking;
  • Memastikan pencahayaan di ruang kerja sudah merata, sehingga karyawan bisa melakukan fungsi gudang dalam bisnis dengan baik;
  • Memeriksa kondisi lantai untuk mengetahui adanya kerusakan untuk segera diatasi;
  • Menutup kabl selang atau listrik yang melintang sembarangan di area pejalan kaki;
  • Pastikan karyawan menggunakan alas kaki anti-slip selama bekerja di area gudang dan sekitarnya.

Menjaga keselamatan karyawan maupun fungsi gudang dipengaruhi pula oleh penyedia warehouse pilihanmu. Sebagai rekomendasi, ada Shipper yang menghadirkan ratusan gudang di berbagai kota di Indonesia. Kamu bisa pilih gudang yang dibutuhkan berdasarkan lokasi terdekat dan tarif sewa yang bersahabat.

Dengan ketersediaan fasilitas sesuai standar serta teknologi terkini, gudang-gudang persembahan Shipper pastinya membantumu meningkatkan keselamatan karyawan agar terhindar dari berbagai risiko, termasuk slip and trip. Langsung saja buka https://shipper.id/warehouse buat mengecek kelengkapan gudang yang Shipper siapkan!

Baca juga: 3 Fungsi Lain Gudang Penyimpanan dalam Sistem Logistik yang Perlu Diketahui

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.