Simak 3 Poin Penting yang Harus Ada dalam Surat Perjanjian Sewa Gudang!

Uncategorized02 August 2021
simak-3-poin-penting-yang-harus-ada-dalam-surat-perjanjian-sewa-gudang

Saat mengurus sewa gudang bulanan, Sobat Shipper pasti bakal dihadapkan dengan surat perjanjian. Dokumen legal ini mempunyai peran penting untuk menerangkan posisi Sobat Shipper sebagai penyewa dengan pihak yang menyewakan gudang. 

Mempelajari surat perjanjian sewa gudang pun membantu Sobat Shipper melindungi hak-hak dengan dasar hukum. Dalam artikel ini, Sobat Shipper akan mengetahui seperti apa dasar hukum dan informasi yang harus dicantumkan dalam dokumen tersebut.

Dasar Hukum Surat Perjanjian Sewa

Sebelum menulis surat perjanjian untuk sewa gudang bulanan, mari kita bahas dahulu dasar-dasar hukum yang mendasarinya. Pada perjanjian sewa, pasal 1320 Kitab Undang-undang Hukum Perdata (KUHPer) menyatakan bahwa sebuah persetujuan terjadi apabila memenuhi empat syarat, antara lain:

  • Kesepakatan mereka yang mengikat masing-masing dirinya;
  • Kecakapan dalam membuat suatu perikatan;
  • Suatu pokok persoalan tertentu;
  • Sebuah sebab yang tak terlarang.

Kemudian sesuai pasal 1866 KUHPer, perjanjian sewa gudang bulanan ini termasuk salah satu bukti tertulis. Namun, berdasarkan pasal 1867 KUHPer, masih ada buktu tertulis lain yang harus ditulis tangan. Pasal 1868 KUHPer lantas menjelaskan salah satu bukti tertulis tersebut berperan sebagai akta autentik, yakni akta yang dibuat berdasarkan perundang-undangan dan dihadapkan pejabat berwenang di tempat pembuatan akta.

Bagaimana status Sobat Shipper sebagai pihak yang sewa gudang bulanan? Perjanjian sewa yang dibuat tak akan berakhir walau properti, termasuk gudang, dijual oleh pemiliknya. Aturan tersebut sudah dicantumkan dalam pasal 1576 KUHPer. Satu-satunya hal yang akan memutuskan perjanjian Sobat Shipper dengan pihak yang menyewakan adalah kalau masa sewa sudah habis.

Baca juga: Lakukan 5 Langkah Ini untuk Jaga Sirkulasi Gudang Sewaan Kamu

Informasi yang Diisi dalam Surat Perjanjian Sewa

Isi perjanjian sewa gudang ditentukan kebijakan yang sudah ditetapkan pemilik atau perusahaan yang menyediakannya. Meski begitu, ada beberapa kesamaan yang sebaiknya Sobat Shipper perhatikan agar dokumen tersebut mempunyai kekuatan hukum yang meyakinkan dan bisa dipertanggungjawabkan.

Poin-poin yang harus Sobat Shipper cantumkan adalah:

1. Status Penyewa dan Pemilik Gudang

Hal pertama yang Sobat Shipper perlu simak saat sewa gudang bulanan adalah status antara penyewa dengan pemilik gudang. Sobat Shipper sebagai penyewa akan disebut sebagai Pihak Kedua, sementara pemilik atau perusahaan yang menyediakannya disebut sebagai Pihak Pertama.

2. Biaya Sewa dan Metode Pembayaran

Kemudian, cek biaya sewa dan metode pembayaran yang akan Sobat Shipper gunakan. Menyewa gudang bulanan, seperti jenis lain, biasanya melibatkan pembayaran uang muka (DP), uang pelunasan, dan lain sebagainya. Tanggal pembayaran biaya sewa pun sebaiknya dicantumkan dengan jelas.

3. Pasal-pasal Hukum yang Mengikat

Pasal-pasal hukum yang mengikat adalah poin penting lainnya yang harus Sobat Shipper pahami baik-baik. Beberapa pasal yang biasanya dijumpai dalam surat perjanjian sewa adalah ketentuan pembayaran biaya sewa, sanksi atau denda, jenis barang yang disimpan, hingga risiko seperti kecelakaan.

Setelah surat selesai dibuat, jangan lupa bubuhkan tanda tangan Sobat Shipper dengan pihak yang menyewakan. Siapkan juga salinan untuk berjaga-jaga untuk antisipasi masalah di kemudian hari.

Bakal lebih baik kalau sobat Shipper mencari penyedia sewa gudang bulanan berpengalaman untuk memudahkan prosesnya. Nah, Shipper bisa Sobat Shipper pilih sebagai penyedia gudang berfasilitas lengkap. Profesionalitas mereka pun dapat terlihat dari jumlah perusahaan yang menjadi klien hingga tarif sewa yang kompetitif.

Untuk mengetahui lebih lengkap seputar profil dan layanan Shipper sebagai penyedia gudang, cek segera website mereka di https://shipper.id/warehouse, ya!


Baca juga: Ke Mana Biaya Sewa Gudang Dimasukkan dalam Pembukuan? Cek Dulu Informasi Ini!

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.