4 Langkah Menjaga Kualitas Gudang Penyimpanan Barang Agar Awet

Uncategorized16 July 2021
sewa-gudang-penyimpanan-barang

Pengelolaan beras sebagai hasil panen di gudang penyimpanan barang sangat menentukan kualitasnya, Sobat Shipper. Ketika pengaturannya kurang baik, hasil panen yang layak jual bisa berkurang drastis dan merugikan petani. Hal ini terbukti dari hasil pertanian di Indonesia yang hanya bisa dijual 25-30%. Kalah jauh dari Amerika Serikat dan Australia yang bisa sampai 70%.

Sobat Shipper tidak mau, kan, kalau beras di gudang penyimpanan hasil panen membusuk sebelum masuk pasar? Intip dulu cara pengaturan dan pemeliharaan gudangnya berikut ini!

1. Mengemas gabah atau beras

Beberapa orang yang kurang berpengalaman menyimpan gabah atau beras kadang mengatasinya secara asal-asalan. Sehingga saat sampai di gudang penyimpanan barang, hasil pertanian tersebut akan langsung dimasukkan ke dalam karung dan ditaruh pada rak.

Kebiasaan inilah yang bakal membuat gabah maupun berasa membusuk sebelum dijual. Padahal, ada banyak hal yang harus Sobat Shipper perhatikan. Antara lain kadar air dalam gabah dan beras, tingkat kelembapan produk pertanian tersebut, hingga kemungkinannya terjangkit hama seperti kutu dan jamur. Dengan begitu, gabah dan beras akan awet disimpan di gudang barang pertanian.

2. Menjaga tingkat kelembapan gudang

Seperti yang disebutkan di point sebelumnya, tingkat kelembapan adalah faktor yang menentukan mutu beras sebelum tiba di tangan konsumen. Sobat Shipper yang menangani hasil pertanian di gudang penyimpanan barang sebaiknya memanfaatkan pengaturan suhu untuk mengatur kelembapannya.

Baca juga: 6 Cara Mudah Menata Stok Barang Agar Warehouse Fulfillment Tetap Rapi

Untuk beras, gudang wajib memiliki tingkat kelembapan sekitar 14%, sementara untuk gabah di level 12%. Imbangi dengan saluran udara yang baik untuk mengoptimalkan suhu yang dibutuhkan di gudang. Kemudian, perhatikan peluang perubahan cuaca, terutama di masa pancaroba, yang mempengaruhi kelembapan gudang sewa penyimpanan barang.

3. Mengefisienkan pemakaian ruang

Punya gudang besar belum tentu menjamin kualitas beras dan gabah, lho. Sobat Shipper perlu mengefisienkan pemakaian ruang untuk mencegah penumpukan berlebih. Menaruh beras dan gabah sembarangan bakal mengacaukan sirkulasi udara dan membahayakan karyawan.

Lalu, bagaimana caranya supaya gudang penyimpanan barang bisa dikelola secara efisien? Sobat Shipper bisa mulai dengan menjaga tumpukan hasil pertanian tak melebihi tiga meter, terutama kalau membungkusnya memakai karung plastik. Kemudian, gunakan palet plastik atau kayu agar karung-karung tadi tak langsung menyentuh permukaan lantai.

4. Menjaga kebersihan gudang barang

Cara menjaga kebersihan gudang barang untuk hasil pertanian berbeda dengan barang jadi. Sobat Shipper harus secara rutin melakukan pengasapan (fogging) dan spraying (penyemprotan) memakai bahan-bahan khusus untuk menjaga kualitas produk.

Selain kedua metode tersebut, ada fumigasi yang ampuh untuk menekan risiko serangan hama yang sering mengganggu beras dan gabah. Namun, Sobat Shipper harus hati-hati saat melakukan fumigasi karena cara ini mengandalkan gas fumigan untuk mengusir hama. Mintalah pihak penyedia layanan fumigasi atau karyawan pergudangan yang sudah ahli mengoperasikan alatnya.

Bakal lebih baik lagi kalau Sobat Shipper memilih gudang penyimpanan barang yang standarnya sudah disesuaikan seperti yang disediakan Shipper. Tak hanya membangun warehouse atau gudang di kota-kota di Indonesia, Shipper bakal memastikan barang yang Sobat Shipper simpan, termasuk hasil panen, aman dari gangguan atau risiko yang merusak.

Dengan memakai gudang dari penyedia berpengalaman, bisa dipastikan barang yang ditaruh tak mengalami pengurangan nilai jual di pasar. Penasaran dengan layanan-layanan yang ditawarkan oleh Shipper? Cek saja informasi selengkapnya di https://shipper.id/warehouse, ya, Sobat Shipper!


Baca juga: 7 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Impor, Apa Saja?

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.