6 Langkah yang Perlu Diketahui Sebelum Sewa Gudang Pendingin

Uncategorized13 July 2021
sewa-gudang-pendingin

Baru mendapatkan sewa gudang pendingin buat menata stok daging? Daging termasuk bahan baku yang harus kamu simpan dalam suhu tertentu agar tak cepat rusak. Dengan begitu, daging tersebut bisa dikirimkan ke konsumen atau langsung diolah menjadi makanan.

Tentunya caramu menyimpan daging di gudang ikut mempengaruhi kualitas dan ketahanannya. Kalau kamu mau daging di tempat sewa gudang pendingin awet, ikuti langkah-langkah berikut, yuk!

1. Hindari mencuci daging

Masih banyak orang yang mencuci daging mentah sebelum mereka mengolahnya. Kebiasaan tersebut padahal malah meningkatkan risiko daging rusak sampai membusuk. Selain itu, daging yang dibilas air berpotensi menguatkan aroma daging. Alih-alih membersihkannya, bungkus daging dengan plastik bersih atau simpan di wadah yang tepat. Kemudian, simpan dalam pengaturan yang sudah kamu pasang setelah sewa gudang pendingin. 

2. Potong daging sesuai kebutuhan

Sebelum menaruhnya ke pendingin, daging bisa kamu potong sesuai ukuran konsumsi. Dalam hal ini, kamu bisa ukur potongannya sesuai pendingin daging di gudang serta permintaan dari pihak konsumen. Potongan daging yang lebih kecil cenderung lebih cepat dicairkan, sehingga konsumen tak perlu menunggu terlalu lama. Selain itu, kamu juga tak perlu menggunakan tempat penyimpanan besar yang berpotensi mengonsumsi listrik lebih banyak.

3. Masukkan daging ke wadah kedap udara

Kemudian, untuk mengoptimalkan penyimpanan di lokasi sewa gudang pendingin, masukkan daging yang kamu bungkus ke dalam wadah kedap udara. Pastikan juga baik plastik pembungkus dan wadah yang kamu gunakan sudah terbuat dari bahan food grade. Proses ini sangat krusial untuk beberapa jenis daging, khususnya daging berkadar lemak tinggi. Pasalnya daging ini mudah kena freezer burn yang membuat permukaannya diselimuti kristal es.

Baca juga: Lakukan 6 Langkah Ini untuk Jaga Kualitas Bahan Makanan!

4. Langsung taruh daging ke pendingin

Cara menyimpan daging di gudang pendingin selanjutnya adalah langsung memasukkan daging yang terbungkus ke dalam penyimpanan. Daging merah, baik ayam maupun sapi, sebaiknya tidak kamu simpan di suhu ruangan lebih dari dua jam. Karena pada penyimpanan daging, suhu akan berdampak pada pertumbuhan bakteri. Rata-rata suhu yang dianjurkan untuk menjaga kualitas daging saat sewa gudang pendingin adalah 4oC.

5. Bekukan daging di bawah suhu 0oC

Berbeda dari penyimpanan, pembekuan harus dilakukan dengan suhu di bawah 0oC. Sebagian besar daging yang ditata dalam gudang pendingin biasanya dibekukan dalam suhu -18oC. Tips menyimpan daging di gudang tersebut bertujuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang ada di dalamnya. Meski begitu, kamu harus pastikan juga durasi penyimpanannya tepat supaya daging masih tetap bisa dicairkan tanpa mengurangi kualitasnya.

6. Cairkan daging pada suhu lebih hangat

Kalau kamu akan mengolah daging menjadi frozen food atau proses lain, cairkan terlebih dulu dalam suhu yang lebih hangat. Namun, jangan langsung memindahkan daging ke suhu ruangan, karena hal ini malah akan membuat bakteri lebih cepat berkembang. Sebaiknya pindahkan dulu daging tersebut ke bagian luar freezer atau shelf yang suhunya lebih rendah. Tunggu sampai daging mencair sebelum diteruskan ke tahap berikutnya.

Tahap-tahap di atas bakal lebih mudah dikerjakan kalau kamu sewa gudang pendingin dari penyedia warehouse berpengalaman seperti Shipper. Telah menangani klien dari macam-macam usaha dan bidang, Shipper pastinya menghadirkan gudang pendingin khusus gudang yang kamu butuhkan. Cek saja ketersediannya langsung dengan membuka https://shipper.id/warehouse agar kamu mendapat gudang dengan layanan yang tepat.

Baca juga: Contoh Bisnis Kuliner yang Aman Dikirim Menggunakan Jasa Logistik

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.