4 Tips Memilih Lokasi Gudang agar Kamu Tidak Rugi Bayar Sewanya

Uncategorized14 July 2021
sewa-gudang-harian

Sobat Shipper, kamu mungkin sudah tahu kalau harga sewa gudang sangat dipengaruhi oleh faktor lokasi. Jadi, makin strategis lokasinya, harga sewanya juga akan semakin mahal. Hal yang sama pun berlaku buat kamu yang tertarik untuk sewa gudang harian dan bukan untuk jangka panjang.

Akan tetapi, seperti apa sih lokasi gudang yang “strategis”? Nah, dalam penjelasan berikut ini, Sobat Shipper bisa temukan 4 poin penting yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih lokasi gudang. Dengan begitu, kamu dijamin tidak akan rugi bayar uang sewa gudang. Apa saja, ya?

Lokasi Pelanggan

Apapun jenis barang yang kamu jual, kamu harus mempertimbangkan di mana lokasi para pelanggan berada. Tentu saja bukan berarti kamu harus memilih gudang yang berada tepat di seberang rumah pelanggan, ya!

Yang dimaksud di sini adalah lokasi gudang yang dekat dari titik distribusi maupun pengantaran agar proses pengiriman barang tidak mengalami penundaan. Oleh karena itu, faktor yang satu ini penting bukan hanya untuk bisnis kecil seperti kamu yang sewa gudang harian, bisnis ritel dalam region tertentu, maupun para distributor, tapi juga termasuk bisnis berskala nasional atau internasional.

Lokasi Supplier

Serupa dengan pertimbangan di atas, lokasi vendor atau supplier bisnismu juga harus dipertimbangkan dalam memilih lokasi gudang. Jadi, lokasi gudangmu pun harus bisa dijangkau dengan mudah agar pengiriman stok barang tidak mengalami hambatan sepanjang rute transit pengiriman.

Apalagi untuk kamu yang bisnisnya memiliki perputaran barang persediaan yang sangat tinggi, dan menjadi alasan mengapa kamu lebih memilih sewa gudang harian bukannya bulanan apalagi tahunan. Kalau perputaran barangnya tinggi, artinya kecepatan pemrosesan barang sampai akhirnya tiba di tangan pelanggan jadi sangat krusial, kan?

Lokasi Pabrik

Buat kamu yang juga merupakan produsen atau pelaku bisnis manufaktur, biasanya gudang tak selalu berada di lokasi yang sama dengan pabrik. Nah, jika kamu menghadapi hal yang serupa, tentu wajar kan kalau kamu memilih gudang dengan lokasi yang sangat mudah diakses dari atau ke pabrik? Dengan begitu, target produksi bisa tercapai setiap hari.

Baca Juga: 5 Hal Ini Harus Kamu Siapkan untuk Keselamatan Staf Gudang, Apa Saja?

Akses Transportasi

Nah, seperti yang barangkali sudah kamu sadari sejauh ini, masing-masing dari ketiga faktor di atas sangat berkaitan erat dengan satu aspek penting: transportasi. Baik itu transportasi keluar maupun masuk, semuanya harus kamu perhatikan dan diperhitungkan dengan cermat.

Oleh karena itu, gudang yang strategis pada dasarnya juga merupakan gudang yang lokasinya mudah diakses oleh moda atau sarana transportasi. Dengan begitu, stok barang masuk dari supplier, pengiriman barang ke pembeli, atau aliran bahan baku ke pabrik bisa berjalan dengan lancar.

Meskipun pada dasarnya kamu hanya perlu pertimbangkan 4 faktor di atas, nyatanya memilih gudang yang strategis tidak semudah teorinya. Apalagi kalau kamu juga harus memperhitungkan faktor budget dan biaya, termasuk biaya untuk sewa gudang harian.

Untungnya, kamu bisa dapatkan gudang yang paling strategis dan pas untuk kebutuhan bisnis lewat Shipper, lho! Tanpa harus repot buang waktu dan tenaga untuk mencari gudang satu per satu, kamu bisa langsung temukan gudang dengan lokasi terbaik hanya dengan menggunakan jasa warehouse Shipper.

Ditambah lagi, jasa gudang Shipper tak hanya sebatas menyediakan ruang gudang untuk penyimpanan stok. Soalnya, seluruh manajemen stok barang sampai fulfillment semuanya akan ditangani secara profesional, termasuk pengemasan barang ke pelanggan. Jadi, kamu bisa fokus pakai waktu dan tenagamu untuk kembangkan usaha dan tingkatkan penjualan, kan? Klik https://shipper.id/warehouse untuk info lengkap jasa warehouse Shipper sekarang juga!

Baca Juga: 4 Tips Memaksimalkan Gudang Kecil Tanpa Harus Renovasi Mahal-Mahal

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.