Serba-serbi Mengenai Dropshipper yang Penting Kamu Ketahui!

Uncategorized22 December 2021
serba-serbi-mengenai-dropshipper

Dalam era transformasi digital saat ini, Sobat Shipper pasti tidak lagi asing mendengar istilah dropshipper bukan? Sebenarnya apa itu dropshipper? Pada dasarnya pengertian dropshipper sendiri berasal dari kata dropship, yang menurut  Juhrotul Khulwah adalah teknik dalam penjualan yang memungkinkan pelaku usaha untuk menjual produk cukup  dengan bermodalkan foto atau video dari supplier, dan teknik dropship ini tidak melibatkan pelaku usaha untuk melakukan kegiatan penyetokan produk. 

Nah, pelaku usaha yang menerapkan teknik dropship inilah yang dapat disebut sebagai dropshipper. Nyatanya, banyak sekali pebisnis  online yang dapat Sobat Shipper temui memilih untuk menerapkan teknik dropship ini karena dipandang praktis dan mudah, bagaimana tidak? Hanya dengan bermodalkan foto atau video yang berasal dari supplier, Sobat Shipper sudah bisa menjual produk dari supplier tanpa harus mengeluarkan banyak uang! 

Tentu, ini terlihat mengagumkan bukan? Maka dari itu, pada artikel ini Sobat Shipper akan diajak untuk menelisik lebih jauh cara menjadi Dropshipper yang baik. Yuk, baca artikel ini untuk cari tahu serba-serbi yang muncul dalam dunia dropshipper. 

Dropship Amat Cocok Untuk Pemula 

Teknik dropship cocok diterapkan pada Sobat Shipper yang baru saja merintis bisnis online, tentunya masih dengan alasan yang sama, yakni praktis dan mudah. Yang mana pebisnis pemula tentu sangat menghindari berbagai risiko yang dapat timbul saat berbisnis, mulai dari risiko produk yang tidak laku terjual, produk yang basi, sampai ancaman gulung tikar, dapat dihindarkan oleh para dropshipper. 

Maka dari itu teknik dropship ini amat menjanjikan dilakukan oleh Sobat Shipper yang baru saja terjun ke dalam dunia bisnis online.  

Dropship Menjadi Perwujudan Inovasi yang Membantu 

sadar atau tidak, munculnya bisnis dropship ini telah membawa kemajuan besar terhadap perekonomian masyarakat Indonesia, khususnya bagi para UMKM. Munculnya bisnis dropship ini juga menjadi angin segar dari terwujudnya inovasi-inovasi baru dan menjadi kombinasi yang baik ketika dijalankan dalam bisnis online, serta dapat membantu kinerja para perintis yang baru saja memulai kegiatan wirausahanya. 

Cara Menjadi Dropshipper 

1. Pemilahan Produk yang Bijak 

Hal pertama yang penting untuk Sobat Shipper terapkan adalah memilah produk dengan bijak, yakni dengan menerapkan target pasar yang luas. Sobat Shipper dapat melakukan analisis SWOT terlebih dahulu terhadap produk dari bisnis dropship yang akan dijalankan. Produk yang dipasarkan pun jenisnya beragam, mulai dari produk elektronik, kesehatan, kecantikan, dan lain sebagainya. 

2. Mencari Supplier yang Terpercaya 

Di balik segala kemudahan yang ditawarkan dalam bisnis dropship perlu untuk kita garis bawahi bahwa pada bisnis dropship, dropshipper tidak terlibat dalam penyetokan barang, yang mana penyetokan barang ini sendiri meliputi pengecekan kualitas, uji kelayakan, dan lain sebagainya. Tentu dengan munculnya pertimbangan terhadap hal ini, Sobat Shipper perlu menerapkan sikap kehati-hatian terhadap supplier yang nantinya akan Sobat Shipper pilih. 

Menguji kelayakan supplier adalah hal yang dapat Sobat Shipper lakukan untuk meminimalisir berbagai risiko, dengan melihat testimoni dari para dropshipper sebelumnya, selain itu Sobat Shipper juga dapat menjadi konsumen terlebih dahulu dari produk supplier, serta aktif bertanya. 

3. Memperhitungkan Harga Jual 

Dalam melakukan bisnis dropship harga jual pada produk perlu diperhitungkan dengan baik, terutama ketika kita berkutat pada dunia bisnis online. Dalam dunia bisnis online, Sobat Shipper memiliki berbagai saingan yang menjual berbagai jenis produk, setidaknya dalam menentukan harga jual Sobat Shipper perlu memperhatikan harga jual supplier, target pasar, dan harga kompetitor.  

4. Mulailah Bangun Brand dan Toko 

Sobat Shipper bisa mulai membuat brand yang unik dan ikonik terhadap produk yang akan Sobat Shipper jual. Brand yang dibuat bertujuan sebagai pelambangan identitas dari bisnis yang Sobat Shipper jalankan. 

5. Meluncurkan Promosi 

Tindak promosi dapat dikatakan sebagai pelengkap dari berbagai tahapan yang sudah dijalani selama bisnis dropship ini berlangsung. Sobat Shipper bisa menerapkan promosi di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan lain sebagainya. 

Meraup Keuntungan Dropship 

Seperti yang telah Sobat Shipper lihat sebelumnya, cara menjadi dropshipper itu sebenarnya cukup mudah, yang mana hal terpenting dari bisnis dropship itu sendiri adalah ketelitian dan keuletan. Lalu bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari dropship? Apakah sulit untuk diperoleh? 

Nyatanya, dalam mendapatkan keuntungan bisnis dropship Sobat Shipper perlu menerapkan perhitungan yang matang. Perhitungan yang dimaksud adalah perhitungan harga jual yang tertulis di bagian cara menjadi dropshipper poin c. Tiga hal seperti, harga jual supplier, target pasar, dan harga kompetitor perlu diperhatikan saat menetapkan harga jual, hal ini benar-benar penting untuk dipertimbangkan. Dengan perhitungan matang terhadap harga jual inilah persentase keuntungan juga akan ikut diperhitungkan. Dengan perhitungan yang matang Sobat Shipper dapat memiliki bisnis yang sehat.  

Keuntungan Dropship 

1. Pengerjaan yang Fleksibel 

Jika Sobat Shipper menjadi seorang dropshipper, waktu kerja bahkan tempat kerja Sobat Shipper akan lebih fleksibel. Terlihat cukup menyenangkan bukan? Tentu saja, saat menjadi dropshipper Sobat Shipper bisa tetap meluangkan waktu untuk menjalankan berbagai aktivitas tanpa perlu memikirkan produksi barang dan lain sebagainya.  

2. Beragam Produk dari Berbagai Supplier 

Produk yang saat ini tengah Sobat Shipper minati, produk bagi kalangan milenial, atau produk tren masa kini. Semua tersedia dan dapat dipasarkan melalui bisnis dropship ini. Berbagai supplier yang menyediakan produk-produk unggulannya pun bisa dipilah oleh Sobat Shipper. Tentunya dengan tersedianya beragam produk dari berbagai supplier ini amat menguntungkan Sobat Shipper sebagai dropshipper. 

3. Minimnya Risiko dan Modal 

Ketika menjadi dropshipper, setidaknya Sobat Shipper dapat meminimalisir risiko seperti kehilangan barang, rusaknya barang, tidak terjualnya barang, dan lain sebagainya. Tentu risiko seperti kualitas produk yang tidak sesuai atau pelayanan supplier yang buruk bisa saja dialami oleh seorang dropshipper. Maka dari itu, bijak dalam memilah supplier amat perlu dilakukan.   

Tanpa perlu melakukan penyetokan terhadap produk, memikirkan harga bahan baku produk, ataupun memperhatikan perawatan produk. Dropshipper dapat dengan mudah memasarkan produk hanya dengan foto atau video yang diperoleh dari supplier. Hal ini tentu menjadikan bisnis dropship sebagai bisnis dengan modal yang minim. 

4. Praktis dan Mudah 

Pengerjaan yang fleksibel, tersedia beragam produk dari berbagai supplier, dan minimnya risiko serta modal yang dikeluarkan membuat dropshiper ini sebagai pilihan bisnis yang praktis dan mudah untuk Sobat Shipper coba. 

Bagaimana Sobat Shipper? Sudah siapkah untuk mencoba berbisnis online dengan teknik dropship? Peluang yang menggiurkan pada sistem dropship bisa banget lho untuk Sobat Shipper coba. Yuk, mulai rintis bisnis online dengan menjadi dropshipper yang jujur dan bijak. Dan jangan lupa pilih jasa ekspedisi yang pas seperti Shipper. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi websitenya di shipper.id!

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.