Seberapa Penting Faktur Penjualan dan Surat Jalan untuk Distribusi Logistik?

Uncategorized20 August 2021
seberapa-penting-bukti-tagihan-penjualan

Dalam bahasa Inggris faktur penjualan memiliki arti sales invoice. Faktur penjualan ini merupakan sebuah lembar untuk bukti tagihan atau sebuah bukti melakukan sebuah transaksi kepada para pelanggan maupun customer dari pembelian barang maupun jasa. Faktur penjualan ini akan dikirimkan bersamaan atau setelah melakukan pengiriman sebuah barang. 

Faktur penjualan tidak ada bentuk bakunya sehingga perusahaan dapat dengan mudah untuk mengubah bagian-bagian faktur sesuai dengan kebutuhan. 

Baca juga: Mau Coba Bisnis Affiliate Marketing? Pahami Dulu Cara Kerjanya, Yuk!

Fungsi Faktur Penjualan 

Ada macam-macam bukti transaksi yang harus kamu tahu. Apalagi salah satu tujuan dari faktur penjualan adalah sebagai bukti transaksi yang memang sudah dilakukan oleh perusahaan dengan perusahaan yang lainnya. Dibawah ini adalah beberapa fungsi dari sebuah faktur penjualan :

1.Digunakan sebagai informasi tentang produk maupun jasa yang sudah dibeli oleh konsumen. 

2. Sebagai sebuah informasi yang berkaitan dengan besaran tagihan dan untuk terminal pembayaran yang harus dilakukan seorang konsumen. 

3. Menjadi bukti yang sah jika nanti produk maupun jasa yang sudah digunakan tercantum dan dijual lagi oleh pihak yang lainnya. 

4. Dijadikan sebagai bukti yang sah ketika melakukan penambahan transaksi ke pembukuan keuangan. 

5. Dapat dipakai sebagai bukti jika nanti terjadi sebuah kesalahan dalam pengiriman barang maupun perhitungan tagihan. 

6. Dapat dijadikan agunan untuk mengajukan pinjaman untuk modal. 

Jenis Faktur Penjualan

Di Indonesia ada tiga jenis faktur penjualan yang mempunyai kegunaan yang berbeda pada setiap fakturnya. 

1. Faktur Penjualan Performa

Faktur jenis ini mempunyai sifat temporer atau bersifat sementara. Faktur ini nantinya akan diberikan kepada para pelanggan sebelum penjual melakukan sebuah pengiriman barang pesanan tersebut. 

Faktur penjualan ini dapat dibilang sebagai faktur pengganti ketika nantinya barang yang akan dikirim dilakukan dengan cara bertahap. Jika nantinya keseluruhan barang diterima, maka baru akan menyerahkan faktur penjualan biasa sebagai ganti dari faktur penjualan ini. 

2. Faktur Penjualan Biasa

Faktur jenis ini merupakan salah satu yang paling umum dan paling sering dipakai dalam kegiatan bertransaksi. Faktur jenis ini juga merupakan faktur yang paling sederhana diantara yang lainnya karena dalam faktur ini hanya akan terdiri dari rincian dari item, jumlah, harga total dan harga satuan barang. 

3. Faktur Penjualan Konsuler

Faktur ini biasa dipakai untuk kegiatan ekspor dan impor yang menggunakannya adalah sebuah perusahaan. Dalam faktur ini akan terdiri dari pengesahan dan persetujuan dari perwakilan sebuah negara untuk melakukan sebuah impor. 

Jika kita membicarakan sebuah faktur penjualan tentu saja kamu juga harus pahami mengenai perbedaan jenis-jenis dari faktur tersebut. Selain itu pahamilah komponen yang ada dalam faktur. Hal ini dibutuhkan jika sebuah perusahaan sering melakukan sebuah pembelian. 

Surat Jalan

Surat jalan adalah sebuah surat yang berguna untuk melakukan konfirmasi kepada pihak gudang untuk membuktikan bahwa barang pesanan tersebut sudah sampai ke gudang. Surat jalan ini tidak hanya digunakan sebagian sebuah alat mengkonfirmasi tetapi juga dapat dijadikan pegangan oleh pihak gudang ketika nantinya ditanyakan oleh para pihak keuangan. 

Jadi orang gudang akan tahu barang apa yang datang, berapa jumlahnya dan surat ini pasti akan selalu terbit dengan faktur penjualan. Dan faktur penjualan pastinya akan dipegang oleh pihak keuangan karena sebagian bukti tagihan dan surat akan dipegang oleh pihak gudang. 

Jika kamu sedang mencari manajemen pergudangan yang terbaik maka kamu dapat menggunakan Shipper yang akan memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggannya. Silahkan kami kunjungi https://shipper.id/warehouse
Baca juga: 4 Jenis Laporan yang Perlu Dibuat Administrasi Gudang

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.