5 Langkah yang Bakal Membantu Kamu Menyiapkan Renovasi Gudang Sewa

Uncategorized16 July 2021
renovasi-gudang-sewa

Apakah gudang sewa yang baru kamu dapatkan perlu mendapatkan perombakan? Walau fungsi utamanya bukan sebagai tempat tinggal seperti rumah, gudang yang kamu jadikan buat lokasi simpan stok barang harus terasa nyaman juga. Jadi, kalau pihak penyedia gudang mengizinkan renovasi, manfaatkan sebaik mungkin untuk memperbaiki bagian-bagian tertentu.

Nah, supaya proses renovasi gudang sewa berjalan sesuai rencana, simak serangkaian tip berikut yang dapat kamu jadikan pertimbangan.

1. Tentukan bagian yang harus direnovasi

Sebelum memanggil kontraktor untuk menangani renovasi, tentukan bagian gudang yang menurutmu membutuhkan perubahan besar. Kemudian, kalau seandainya ada lebih dari satu bagian di gudang sewa yang memerlukan perbaikan, prioritaskan yang punya andil besar terhadap kegiatan operasional.

Tahap ini pun bakal membantu kamu memperkirakan estimasi biaya renovasi gudang sewa. Dengan begitu, kamu tak bakal kebingungan saat melakukan pembukuan dan arus kas usaha jauh dari masalah yang berpotensi mengganggu manajemen keuangan pergudangan.

2. Rancang anggaran dana sematang mungkin

Menyambung dari poin sebelumnya, setelah memastikan bagian gudang yang bakal dirombak, segera rancang anggaran dananya. Di sisi lain, kamu perlu memperhitungkan setiap biaya sematang mungkin untuk mencegah munculnya pengeluaran mendadak di tengah proses.

Salah satu langkah yang dapat membantu perencanaan anggaran adalah survei ke toko material bangunan langsung. Jadi, Anda bisa membandingkan harga material yang akan digunakan dalam tahap renovasi di gudang sewa tersebut.

Baca juga: Ketahui Apa itu Sistem SKU Serta Keuntungannya untuk Kamu?

3. Sesuaikan kualitas material dengan bujet

Sudah mendapatkan toko-toko dengan material bangunan yang kamu butuhkan? Tunggu, sebelum membelinya, sesuaikan dulu harga material dengan bujet renovasi gudang. Karena mungkin saja kamu harus mengganti material atau menambah biaya sampai dianggap memenuhi kebutuhan.

Bagaimana kalau kamu tak bisa menambah biaya renovasi? Akali dengan mencari material bangunan dengan kualitas lebih rendah, tetapi masih layak digunakan. Jadi, bagian gudang yang diperbaiki tetap bisa digunakan secara optimal oleh karyawan pergudangan.

4. Konsultasikan dengan penyedia jasa renovasi

Kamu yang belum pernah melakukan renovasi di gudang sewa disarankan buat berkonsultasi dengan penyedia jasanya. Pengalaman mereka dalam menangani perbaikan gudang, baik sebagian atau secara menyeluruh pasti bakal membantumu mendapatkan penanganan yang maksimal.

Konsultasi pun sebaiknya tetap dilakukan selama renovasi berjalan. Kamu bisa tanyakan seperti apa perawatan yang sepatutnya diberikan pada gudang sewa barang, sehingga hasil renovasi bisa bertahan dalam waktu lama.

5. Pastikan tak mengganggu pekerjaan karyawan

Melaksanakan renovasi tanpa menghentikan kegiatan operasional di gudang sangat mungkin terjadi. Namun, kamu harus memastikan dulu prosesnya tak mengganggu karyawan. Jika bagian yang diperbaiki berhubungan dengan pekerjaan mereka, maka sediakan tempat sementara untuk mengalihkannya.

Kemudian, cek juga jadwal penerimaan dan pengeluaran barang apabila gudang sewa dijadikan untuk penyimpanan barang. Beritahukan kepada supplier, distributor, konsumen, atau pihak-pihak lain yang terlibat apabila renovasi yang kamu lakukan bakal menimbulkan keterlambatan sejak dini.

Tidak mau repot renovasi sejak awal? Berarti kamu juga harus cerdas memilih penyedia gudang atau warehouse yang bagus. Syukurnya sekarang sudah ada Shipper yang berani menghadirkan warehouse di sejumlah wilayah di Indonesia. Setiap gudang sewa pun sudah dilengkapi fasilitas yang kamu butuhkan dengan tarif yang bersahabat.

Walaupun belum berencana pindah ke gudang baru, tak ada salahnya buat melihat-lihat dulu layanan Shipper di https://shipper.id/warehouse. Siapa tahu warehouse yang disediakan bisa dipakai di kemudian hari.

Baca juga: 4 Manfaat Aplikasi Sewa Gudang untuk Bisnis Kamu

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.