6 Persiapan Saat Ingin Pindahan Gudang Barang yang Perlu Diketahui

Uncategorized20 July 2021
pindahan-gudang-barang

Ketika usaha yang dikelola berkembang, Sobat Shipper tak jarang harus melakukan perubahan buat mengimbangi permintaan yang masuk. Hal ini lantas berdampak pada aspek lain seperti ketersediaan barang yang harus ditingkatkan. 

Sobat Shipper pun harus mencari gudang barang yang lebih luas untuk mengakomodasinya. Selain memikirkan lokasi, proses pindahan perlu dipertimbangkan baik-baik dengan persiapan berikut ini:

1. Data perubahan yang dibutuhkan

Ada banyak perubahan yang akan Sobat Shipper hadapi saat melakukan pindahan gudang barang. Misalnya saja alamat, fasilitas yang dipakai, manajemen pergudangan, dan pemberitahuan pada klien serta supplier barang. Oleh karena itu, pendataan sebaiknya dilakukan sejak awal meski Sobat Shipper lakukan dengan mencicil. Buat check list yang memudahkanmu buat mengecek aspek apa saja yang sudah dilakukan dan masih harus mengantre.

2. Kelompokkan inventaris yang dimiliki

Inventaris di gudang barang yang hendak dipindahkan perlu Sobat Shipper kelompokkan sesuai jenis atau kategori. Terutama kalau jumlah barang relatif banyak dan bervariasi. Langkah ini bertujuan untuk memudahkan karyawan membawa inventaris sesuai daftar yang Sobat Shipper sediakan ke lokasi gudang barang yang baru. Kemungkinan barang bercampur, tertukar, ketinggalan, atau hilang juga bisa ditekan dengan pengelompokkan.

3. Rancang perkiraan waktu yang realistis

Sebagian besar usaha tetap harus beroperasi walau sedang berada di tengah proses pindahan. Agar kegiatan operasional di gudang barang tetap berjalan, luangkan waktu untuk memproyeksikan harapan dari para karyawan. Perkirakan waktu kerja yang diperlukan selama pindahan berlangsung, tempat kerja alternatif, hingga risiko yang harus diantisipasi. Dengarkan juga pendapat karyawan agar proses tersebut tak tersendat di tengah jalan.

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Gudang Barang Distribusi

4. Komunikasikan perubahan dengan semua pihak

Setelah memegang rancangan perkiraan, akan lebih mudah buat Sobat Shipper memulai proses pindahan gudang barang. Namun, komunikasikan perubahan yang telah ditetapkan kepada semua pihak, khususnya para karyawan yang merasakan dampak besar dari rencana tersebut. Bagikan tugas sesuai keterampilan dan jobdesc mereka, sehingga tak ada pihak yang merasa dikucilkan. Setelah itu, Sobat Shipper bisa kabari klien dan pemasok untuk menjaga pasokan barang.

5. Cek ketersediaan infrastruktur gudang

Begitu empat poin di atas sudah bisa Sobat Shipper tangani, pemindahan infrastruktur di gudang barang dapat dilaksanakan. Proses ini umumnya dimulai dari pengemasan barang dan pemindahan palet secara bertahap. Dalam hal ini, Sobat Shipper bisa mengandalkan karyawan yang sudah mendapatkan tugas atau meminta bantuan pihak ketiga. Pantau setiap tahapnya untuk mencegah kecelakaan dan hal-hal yang tak diharapkan.

6. Gunakan jasa pindah gudang terpercaya

Tak sanggup menerapkan cara pindahan gudang barang bersama karyawan? Berarti Sobat Shipper harus memakai layanan pihak ketiga seperti penyedia jasa pindahan gudang. Memang ada biaya tambahan yang akan dikeluarkan kalau Sobat Shipper mengambil opsi ini. Meski begitu, tak ada yang salah selama membantu menjaga kegiatan operasional di gudang. Cari penyedia jasa yang dekat dengan gudang lama maupun baru untuk membuat prosesnya lancar.

Bagaimana kalau Sobat Shipper belum menemukan gudang barang yang memadai? Tak perlu gelisah atau bingung, sebab Shipper menyediakan gudang yang cocok untuk kebutuhan bisnis berskala kecil dan besar dengan tarif sewa bersahabat.

Proses pindahan yang Sobat Shipper lakukan pun dijamin mudah, karena gudang-gudang yang Shipper bangun bertempat di lokasi strategis. Cek saja selengkapnya di https://shipper.id/warehouse kalau pengin tahu seperti apa spesifikasi gudangnya!


Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Gudang Barang Distribusi

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.