Pengertian, Persamaan Serta Perbedaan Manufaktur dan Produksi

Uncategorized26 October 2021
perbedaan-manufaktur-dan-produksi

Banyak orang beranggapan bahwa tidak ada perbedaan manufaktur dan produksi. Kedua istilah tersebut memang merujuk pada proses pembuatan produk yang berkaitan dengan bisnis atau usaha. Sehingga keduanya seringkali digunakan secara bergantian atau dipertukarkan. Padahal, terdapat perbedaan mendasar antara proses manufaktur dan proses produksi.

Jadi, apa sebenarnya perbedaan sistem manufaktur dan sistem produksi? Untuk lebih jelasnya mari kita simak uraian selengkapnya pada artikel berikut ini.

A. Pengertian Manufaktur

Pengertian dari manufaktur adalah proses konversi bahan baku atau komponen, menjadi produk jadi dengan melalui serangkaian proses multi-langkah menggunakan mesin, peralatan dan tenaga kerja. Perusahaan manufaktur akan beroperasi dengan mengambil bahan mentah dan mengubahnya menjadi produk sesuai yang diinginkan. Selama proses manufaktur tersebut, bahan baku dapat dipotong sesuai ukuran dan kemudian diproses serta dibentuk hingga menjadi produk baru yang sudah jadi sesuai standar.

Proses menggunakan alat untuk mengubah bahan mentah menjadi produk jadi telah dilakukan oleh manusia sejak lama. Hingga kemudian perusahaan mulai menggunakan mesin untuk memproduksi dalam jumlah besar pada akhir abad ke-18. Itulah awal era baru dari manufaktur.

B. Pengertian Produksi

Lalu apa itu produksi? Pengertian produksi adalah proses mengubah input menjadi produk jadi (output). Input pada proses produksi bisa jadi merupakan bahan mentah atau produk jadi sebagian.

Pada proses produksi input tersebut tidak terbatas pada barang berwujud saja. Selain produksi dapat mengubah bahan mentah dan bahan setengah jadi menjadi produk jadi, produksi juga dapat mengubah uang, kredit dan tenaga kerja menjadi produk jadi.

Maka istilah “produksi” lebih mengacu pada konversi dari input menjadi output, terlepas bentuk input atau outputnya. Oleh sebab itu, perbedaan manufaktur dan produksi juga terletak pada penggunaannya. Istilah produksi dapat digunakan lebih luas lagi, yakni mencakup kegiatan keuangan di perusahaan, serta elemen-elemen tidak riil lainnya.

C. Persamaan Manufaktur dan Produksi

Baik proses manufaktur dan produksi keduanya merupakan proses yang dirancang untuk menciptakan produk jadi. Produk jadi ini kemudian akan dipasarkan untuk memperoleh penghasilan dan keuntungan.

D. Perbedaan Manufaktur dan Produksi

Dari gambaran di atas, mungkin Sahabat Shipper sudah dapat menyimpulkan garis besar perbedaan sistem manufaktur dan sistem produksi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini poin penting dari perbedaan keduanya:

1. Proses manufaktur hanya berfokus secara eksklusif pada konversi bahan baku berupa barang berwujud menjadi produk jadi. Sementara proses produksi mencakup konversi pada barang berwujud dan juga tidak berwujud.

2. Sumber bahan baku atau bahan mentah pada proses manufaktur berasal dari luar perusahaan atau produsen. Sementara pada proses produksi, bahan baku tidak harus dari luar, bahan baku juga bisa saja dimiliki dan diproduksi sendiri.

3. Proses manufaktur dapat menggunakan tenaga kerja, peralatan dan mesin untuk memproduksi. Sementara proses produksi tidak selalu menggunakan mesin.

4. Keluaran dari hasil manufaktur adalah produk jadi berupa barang. Sementara keluaran dari hasil produksi adalah produk jadi berupa barang atau jasa.

5. Manufaktur adalah istilah dengan cakupan lebih sempit (khusus) sementara produksi merupakan istilah dengan cakupan lebih luas (umum).

Maka dari itu perbedaan manufaktur dan produksi dapat juga dilihat dari segi penggunaan istilahnya. Bisa dikatakan bahwa semua manufaktur termasuk ke dalam produksi, tetapi tidak semua produksi dapat disebut sebagai manufaktur.

Itulah pengertian serta perbedaan manufaktur dan produksi. Semoga setelah membaca artikel ini, Sobat Shipper tidak bingung lagi untuk membedakan kedua istilah tersebut, ya! Dan tentu saja, jangan lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap pelayanan konsumen. Kamu juga bisa bekerja sama dengan Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi shipper.id!

Baca Juga : 4 Tahap Proses Produksi dan Masalah Produksi yang Bisa Menghambat Bisnis

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.